Sukses

Jenis-jenis Kopi Terbaik Indonesia yang Tersohor Sampai ke Luar Negeri dengan Keunikan Rasa Khas

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi di dunia telah berhasil mengenalkan kopi Indonesia hingga ke mancanegara. Berikut ini adalah kopi Indonesia yang telah tersohor hingga ke luar negeri.

Liputan6.com, Malang Kopi merupakan minuman yang sangat disukai oleh banyak orang dan terus populer serta berkembang pesat hingga saat ini. Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, dengan berbagai varietas kopi yang tumbuh di sini dan diekspor ke luar negeri karena citarasa istimewanya. Berikut adalah beberapa jenis kopi Indonesia yang terkenal akan kelezatannya dan memiliki karakteristik yang unik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

Kopi Bali: Arabika Kintamani

Ketika Anda mengunjungi Bali, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh berupa Kopi Arabika Kintamani. Kopi ini adalah salah satu ciri khas Bali yang tidak boleh dilewatkan. Rasanya unik dengan kombinasi pahit yang dihiasi oleh aroma segar dari buah citrus. Setelah diminum, rasanya akan meninggalkan kesan manis yang memikat.

3 dari 14 halaman

Kopi Aceh Gayo

Jika ingin mencoba kopi asli Indonesia, Kopi Arabika Aceh Gayo adalah pilihan yang tepat. Kopi ini berasal dari Gayo, Aceh Tengah, dan memiliki aroma pekat tanpa rasa pahit yang terlalu dominan.

4 dari 14 halaman

Kopi Arabika Mandailing

Bagi penggemar kopi dengan cita rasa kuat dan kompleks, Kopi Arabika Mandailing adalah pilihan yang sempurna. Rasanya yang tegas dengan sentuhan smooth dan nuansa rempah-rempah serta aroma herbal yang eksotis membuatnya sangat istimewa.

5 dari 14 halaman

Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa adalah representasi kopi khas Indonesia dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Ditanam di ketinggian 1.000-1.550 meter, kopi ini memiliki rasa kacang-kacangan yang dipadukan dengan aroma karamel yang menggoda.

6 dari 14 halaman

Kopi Robusta dari Lampung

Bagi para penggemar kopi, Kopi Robusta Lampung patut dicoba karena memiliki karakteristik yang kuat. Lampung juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbesar kedua di Indonesia.

7 dari 14 halaman

Kopi dari Toraja

Kopi Toraja telah meraih ketenaran hingga ke Jepang dan Amerika dengan sentuhan rasa kayu manis yang khas.

8 dari 14 halaman

Kopi Luwak

Kopi Luwak merupakan salah satu dari kopi Indonesia yang paling legendaris, populer hingga ke mancanegara. Kopi ini memiliki aroma pandan yang khas dan banyak manfaat untuk kesehatan.

9 dari 14 halaman

Kopi Liberika dari Riau

Kopi Liberika Riau adalah varietas langka yang diproduksi di Meranti, Riau. Dikenal dengan aroma cokelatnya dan sensasi rasa buah nangka yang unik.    

10 dari 14 halaman

Kopi Indonesia Apa Saja yang Sudah Diekspor sampai Luar Negeri?

Beragam kopi spesial Indonesia telah meraih ketenaran di pasar kopi internasional, seperti Kopi Gayo, Kopi Mandailing, Kopi Lintong, Kopi Java, Kopi Toraja, Kopi Bali Kintamani, dan Kopi Flores.

 

11 dari 14 halaman

Apakah Indonesia Merupakan Negara Penghasil Kopi Terbesar?

Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brazil dan Vietnam.

12 dari 14 halaman

Apakah Jenis Kopi Terbanyak yang Dihasilkan Indonesia?

Jenis kopi yang paling melimpah yang dihasilkan oleh Indonesia adalah kopi arabika. Kondisi geografis Indonesia yang didominasi oleh dataran tinggi dan iklim tropis di sebagian besar pulau memungkinkan pertumbuhan kopi arabika berkualitas tinggi.

13 dari 14 halaman

Kopi Gayo Berasal Darimana?

Kopi Gayo, sejenis kopi Arabika yang telah mendapat pengakuan di berbagai penjuru dunia, dihasilkan di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

14 dari 14 halaman

Apa Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika?

Kopi arabika memiliki rasa lebih asam dibandingkan dengan kopi robusta. Sebaliknya, kopi robusta menawarkan cita rasa yang lebih kuat dan pahit dengan aftertaste kacang tanah yang khas. Perbedaan ini disebabkan oleh kadar kafein yang lebih tinggi dalam kopi robusta daripada dalam kopi arabika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini