Sukses

Hewan yang Pertama Kali Dilihat Ini, Akan Mengungkap Kepribadianmu

Ketika melihat gambar berikut, orang akan menjawab harimau atau monyet. Jawaban ini akan mengungkap kepribadian seseorang, yuk simak dan ikuti!

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan tentang apa yang pertama kali dilihat saat melihat sebuah gambar atau objek seringkali menjadi awal dari percakapan yang menarik tentang kepribadian seseorang. 

Namun, bagaimana jika objeknya adalah gambar hewan? Sebuah studi menarik mengungkap bahwa hewan pertama yang dilihat dalam sebuah gambar bisa memberikan gambaran tentang kepribadian. 

Dalam dunia psikologi, tes proyeksi gambar telah lama digunakan untuk mengungkap pikiran bawah sadar seseorang. Konsep yang serupa muncul dalam konteks penelitian ini, di mana hewan-hewan yang muncul pertama kali dalam pikiran kita bisa mengungkap preferensi dan ketertarikan yang mendasar. 

Penasaran dengan kepribadianmu? Simak artikel berikut sampai akhir yang telah dirangkum dari Liputan6.com pada Jumat (07/06/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Jika Harimau yang Pertama Kali Dilihat

Jika harimau adalah gambar pertama yang dilihat, maka kemungkinan besar sisi otak kiri lebih dominan. Ini menunjukkan bahwa Kamu memiliki kecenderungan analitis, berorientasi pada tujuan, dan sangat terstruktur. Ketika menghadapi masalah, lebih suka menggunakan pemikiran logis, kalkulatif, dan objektif.

Namun, ada saat di mana mungkin menjadi keras kepala setelah membuat keputusan dan pertimbangan yang matang, sehingga disarankan untuk membuka diri terhadap sudut pandang orang lain.

Karakteristik kepribadian yang terkait dengan dominasi otak kiri:

  • Perencana: Condong bekerja dengan terstruktur dan terencana, serta sering menggunakan daftar tugas.
  • Rasional: Emosi dan perasaan tidak menghalangi dalam mencapai tujuan.
  • Logis: Memiliki kecenderungan untuk memiliki kemampuan di bidang matematika, sains, dan dalam menyusun ide-ide.
  • Realistis: Memahami bahwa tujuan harus realistis dan dapat dicapai.
  • Akurat: Memiliki tujuan yang jelas dan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.
3 dari 8 halaman

Jika Monyet yang Pertama Kali Dilihat

Jika yang diperhatikan pertama kali adalah gambar monyet yang sedang bergantung, itu menunjukkan bahwa otak kanan lebih aktif. Kamu adalah orang yang kreatif dan penuh ide inovatif. Saat menghadapi tantangan, cenderung mengandalkan intuisi daripada analisis kritis.

Kamu mengakui bahwa setiap langkah dalam hidup adalah pembelajaran dan perjalanan itu lebih penting daripada tujuan akhirnya. Kamu juga memiliki sifat pemimpi, meskipun tetap sadar akan realitas dan memberikan perhatian pada dunia sekitar.

Beberapa ciri kepribadian dengan dominasi otak kanan termasuk sifat impulsif. Cenderung mengambil keputusan secara spontan dan memiliki kemampuan untuk berpikir di luar kebiasaan. Kamu juga sensitif secara emosional dan cenderung menghabiskan waktu berpikir secara mendalam tentang berbagai hal.

Otak kanan memiliki kecenderungan artistik dan kreatif, menunjukkan bakat dalam bidang musik, seni, atau kegiatan lain yang membutuhkan kreativitas. Selain itu juga lebih mempercayai intuisi daripada aturan yang ada dan suka menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang berdasarkan pada perasaan. 

4 dari 8 halaman

Apa yang Dinilai dari Psikotes Gambar Orang?

Tes gambar orang dalam psikotes adalah metode evaluasi yang digunakan untuk menilai aspek-aspek psikologis seseorang dengan melihat bagaimana mereka menggambarkan sosok manusia dalam gambar. Hasil dari tes ini sering digunakan untuk mengartikan kepribadian, emosi, dan sifat-sifat individu berdasarkan gambar yang mereka buat.

5 dari 8 halaman

Tes Wartegg Harus Gambar Apa?

Tes Wartegg merupakan sebuah ujian psikologi yang menghadirkan serangkaian stimulus yang tidak terstruktur dan ambigu, yang bertujuan untuk memungkinkan penafsiran dan analisis kepribadian individu. Dalam ujian ini, peserta diminta untuk menggambar dari delapan titik noda yang disediakan, yang kemudian akan dianalisis untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang karakteristik individu tersebut. Metode ini pertama kali dikembangkan oleh Ehrigg Wartegg, dan terus mengalami perkembangan sejak tahun 1920 hingga 1930.

6 dari 8 halaman

Apa yang Dinilai dari Tes Gambar Pohon?

Penting untuk dipahami bahwa penempatan psikotes gambar pohon bisa mengindikasikan sikap konservatif, kepribadian introvert atau ekstrovert, dan tingkat keberanian seseorang.

7 dari 8 halaman

Tes Menggambar Pohon Biasanya Disebut Apa?

Tes Baum, yang juga dikenal sebagai Tes Pohon, adalah model evaluasi psikologis yang dikembangkan oleh Kari Koch. Profesional psikolog atau psikiater yang ditugaskan akan mengevaluasi berbagai aspek dalam gambar yang telah dibuat, dengan tujuan untuk memahami karakter dan kepribadian individu yang sedang diuji.

8 dari 8 halaman

Tes Menggambar Orang Biasa Disebut dengan Apa?

Tes draw-a-person (DAP) merupakan jenis psikotes gambar yang sering digunakan dalam proses rekrutmen. Dalam tes ini, peserta diminta untuk menggambar gambar seseorang pada selembar kertas yang telah disediakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini