Sukses

Pasangan LDR, Ini 5 Tips Agar Hubungan Langgeng Meski Berjauhan

Terlepas dari kesulitan yang diakibatkan oleh perpisahan secara fisik, menjaga kedekatan emosional tetaplah hal yang terpenting bagi kesejahteraan hubungan jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia globalisasi dan meningkatnya mobilitas, banyak pasangan bergulat dengan tantangan dalam menjaga keintiman dalam hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR).

Terlepas dari kesulitan yang diakibatkan oleh perpisahan secara fisik, menjaga kedekatan emosional tetaplah hal yang terpenting bagi kesejahteraan hubungan mana pun.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tips bagaimana pasangan yang menjalani hubungan jarak Jauh bisa tetap terhubung, seperti melansir dari Times of India, Senin (13/5/2024).

1. Komunikasi yang konsisten

Komunikasi yang efektif berfungsi sebagai landasan hubungan yang sukses, yang semakin penting dalam skenario jarak jauh.

Membangun rutinitas komunikasi yang teratur, baik melalui pesan teks, atau panggilan video, menumbuhkan rasa keterlibatan dan koneksi dalam kehidupan satu sama lain.

2. Atur kencan virtual

Jarak seharusnya tidak menghalangi pengalaman bersama. Atur kencan virtual di mana pasangan bisa menonton film bersama, memasak makanan secara bersamaan sambil mengobrol video, atau terlibat dalam gim online.

Aktivitas bersama ini menciptakan momen keintiman dalam hubungan dan memperkuat ikatan emosional meskipun terdapat kesenjangan fisik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tetapkan tujuan bersama

Menetapkan tujuan dan aspirasi bersama akan memberi arah dan tujuan pada hubungan. Baik merencanakan liburan berikutnya, menabung untuk investasi bersama, atau melakukan upaya pertumbuhan pribadi bersama, berjuang untuk mencapai tujuan bersama akan memperkuat ikatan dan memupuk persatuan.

4. Mengutamakan kepercayaan dan transparansi

Kepercayaan membentuk fondasi hubungan yang sehat, terutama penting dalam dinamika jaraj jauh. Menumbuhkan keterbukaan dan transparansi, mendiskusikan permasalahan secara terbuka, dan segera mengatasi permasalahan yang muncul sangatlah penting.

Membangun dan memelihara kepercayaan menurut upaya terus-menerus dan konsistensi, yang merupakan hal mendasar bagi ketahanan hubungan.

 

3 dari 3 halaman

5. Fokus pada pertumbuhan pribadi

Meskipun jarak memberikan tantangan, jarak juga memberikan peluang bagi perkembangan individu.

Manfaatkan waktu ini untuk mengejar kepentingan pribadi, memajukan kariermu dan membina persahabatan yang bermakna.

Terlibat dalam aktivitas pemenuhan diri tidak hanya memperkaya kehidupan pribadi, tetapi juga meningkatkan daya tarik seseorang sebagai pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.