Sukses

Seniman Asal Jepang Desain Patung Anjing Paling Realistis, Butuh Waktu 500 Jam

Seorang pengrajin di Jepang menghabiskan lebih dari 500 jam untuk membuat model Miniature Pinscher dari bahan wol yang tampak sangat realistis. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, seorang pengrajin asal Jepang bernama Terumi Ota telah berhasil menciptakan sebuah karya yang luar biasa. Dia membuat model Miniature Pinscher dari bahan wol. Proses pembuatan karya kerajinan itu memakan waktu lebih dari 500 jam untuk mencapai tingkat realisme yang sangat tinggi. Akibatnya, patung Miniature Pinscher yang dihasilkan sangat menyerupai anjing sungguhan yang hidup.

Berikut ini pembahasan lengkap tentang patung Miniature Pinscher yang dibuat dari bahan wol oleh pengrajin Jepang, dikutip dari odditycentral.com (18/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kreasi Terbaru Terumi Ota

Karya terbaru Terumi Ota, yaitu Miniature Pinscher yang dibuat dari wol, telah mendapat lebih dari 32.000 like di X (Twitter), serta mendapatkan komentar yang memuji dengan alasan yang bagus. Pada pandangan pertama, patung yang diciptakannya terlihat seperti anjing sungguhan. Namun, patung yang terbuat dari wol tidaklah demikian, terutama ketika yang dihadapi adalah anjing dengan bulu pendek seperti Pinscher. Terlihatnya, karena kompleksitas proyek tersebut, Terumi harus bekerja secara berkala selama tujuh tahun terakhir, sambil menyelesaikan pekerjaan lainnya. Terumi memperkirakan bahwa ia telah menghabiskan lebih dari 500 jam kerja, yang terdengar luar biasa, tetapi juga sepadan dengan hasil yang sempurna.

3 dari 9 halaman

Proses Pembuatan Patung

"Karena tubuh Pinscher tidak memiliki rambut, semua area, termasuk wajah, harus diukir dengan presisi," ungkap Terumi Ota. "Selain itu, proses penanaman rambut pada Miniature Pinscher juga memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan ras berbulu panjang. Diperlukan upaya yang jauh lebih besar, puluhan kali lipat."

Untuk menciptakan bulu pendek yang mirip dengan Pinscher, berbagai jenis wol harus digabungkan dan kemudian dengan susah payah ditanam ke dalam bingkai menggunakan jarum kecil. Jika jarak antar helai rambut hanya beberapa milimeter, maka hasilnya tidak akan terlihat bagus, oleh karena itu penanamannya harus dilakukan tanpa celah sedikit pun.

4 dari 9 halaman

Karya Lain dari Terumi Ota

Walaupun patung anjing ini menjadi salah satu karya terindah dari Terumi yang sangat dikenal hingga sekarang, namun tentu saja bukan satu-satunya karyanya. Seniman Jepang tersebut juga terkenal karena menciptakan patung gajah putih realistis dengan tinggi 180 cm, yang meskipun mayoritas terbuat dari wol, namun memiliki detail kulit keriput yang khas dan bahkan perutnya yang tampak menggelambir.

5 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Patung?

Pengertian patung adalah benda tiruan yang berbentuk manusia atau binatang yang dibuat dengan cara dipahat. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk patung kini tak hanya seperti manusia dan binatang, tapi hal-hal lain demi keindahan.

 

 

 

6 dari 9 halaman

Apa Saja Fungsi dari Karya Seni Patung?

Sedari awal fungsi patung tak hanya sebagai hiasan, melainkan juga sebagai media untuk mengungkapkan perasaan, memperingati tokoh-tokoh bersejarah, dan menyampaikan nilai-nilai penting yang ada di masyarakat.

7 dari 9 halaman

Apa Pengertian dan Fungsi Patung?

Patung merupakan hasil cabang seni rupa 3 dimensi yang memiliki dimensi tinggi, lebar, dan panjang. Ada banyak fungsi patung dalam seni rupa, salah satunya untuk kepentingan estetika. Patung merupakan bagian dari seni dan budaya yang dimiliki Indonesia.

8 dari 9 halaman

Jenis Patung Ada Berapa?

Ada enam jenis patung berdasarkan jenisnya, yakni:

Patung Dekorasi. Patung dekorasi adalah jenis patung yang dibuat dengan tujuan untuk menghias atau mendekorasi bangunan atau lingkungan. ...Patung Monumen. Patung monumen adalah jenis patung yang dibuat untuk memperingati suatu peristiwa bersejarah.Patung Kerajinan.

 

9 dari 9 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Patung 3 Dimensi?

Karya seni rupa 3 Dimensi merupakan karya seni yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi, sehingga karya dapat dilihat dari segala arah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini