Sukses

Cara Mudah Bersihkan Sisik Ikan Tanpa Pisau, Hanya 5 Menit

Sisik ikan bisa dibersihkan sepenuhnya dengan sangat cepat, bahkan tanpa menggunakan pisau. Ini dia caranya.

Liputan6.com, Jakarta Membuat beberapa jenis hidangan dari olahan ikan yang lezat dengan berbagai bumbu mungkin tidaklah terlalu sulit.

Namun, ada satu hal yang cukup sulit dalam mengolah ikan, yaitu membersihkan sisik. Sisik ikan sendiri harus dibersihkan dan dibuang karena tidak bagus untuk pencernaan.

Kebanyakan orang akan menggunakan pisau atau alat pemotong tertentu untuk membersihkan sisik ikan, terutama pada ikan dengan sisik yang keras.

Meski begitu, ternyata ada satu cara untuk membersihkan sisik ikan tanpa menggunakan pisau. Cara ini dibagikan oleh akun TikTok,@@ummu_balqis_haura. Bahkan, ia dapat melakukannya dalam 5 menit saja.

Dirangkum pada Senin (15/04/2024), berikut caranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Ikan yang Ingin Dibersihkan Sisiknya

Pertama-tama, siapkan beberapa potong ikan yang ingin dibersihkan sisiknya di dalam suatu wadah secara berjajar. Cara ini dapat digunakan bak untuk ikan dengan sisik yang keras maupun lunak.

3 dari 10 halaman

Siram dengan Air Panas

Setelah itu, panaskan air beberapa ml sesuai dengan ukuran wadah yang digunakan. Siram ikan dengan air panas tersebut sampai ikan dalam wadah terendam dengan air panas.

4 dari 10 halaman

Rendam Selama 5 Menit

Biarkan ikan terendam dalam air panas selama 3-5 menit. Durasi perendaman bergantung pada tekstur kekerasan sisik ikan. Jika sisik ikan sangat keras, maka bisa coba rendam lebih lama.

5 dari 10 halaman

Usap Sisik Ikan

Jika sudah direndam selama 5 menit, coba ambil ikan satu per satu. Tekan dan usap sisik ikan yang sudah lunak karena terkena air panas sampai terpisah. Ulangi langkah ini sampai ikan yang terakhir.

Perlu diperhatikan, saat mengusap sisik ikan, ada baiknya untuk tetap menggunakan sarung tangan untuk berjaga-jaga.

6 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Membersihkan Sisik Ikan?

Mulai dengan merendamnya dalam air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Ikan direndam selama sekitar 5 menit sebelum membersihkan sisik menggunakan pisau dengan teknik mengkerok yang agak dimiringkan. Agar lebih mudah, letakkan ikan di atas talenan sebelum melakukan langkah-langkah berikutnya.

7 dari 10 halaman

Apakah Sisik Ikan Harus Dibersihkan?

Apabila tidak dihilangkan, sisik ikan dapat mengakibatkan penampilan hidangan tidak menarik dan kurang enak, mengurangi kelezatan saat menyantapnya. Tidak hanya itu, membersihkan sisik juga membantu mengurangi kemungkinan terkena kontaminasi penyakit, menjadikan ikan yang disajikan lebih aman untuk dikonsumsi.

8 dari 10 halaman

Bagaimana Cara Mengolah Sisik Ikan Agar Tidak Bau?

Selama dua jam, sisik-sisik ikan direndam dalam air yang telah dicampur dengan deterjen, kemudian dicuci bersih menggunakan air segar sebanyak tiga kali. Setelah itu, rendam kembali sisik-sisik ikan dalam campuran air jeruk nipis dan air selama dua jam lagi agar aroma amisnya dapat hilang sepenuhnya.

9 dari 10 halaman

Sisik Ikan Apa Saja?

Sisik ikan dapat dibagi menjadi lima jenis berdasarkan bentuk dan materi yang terdapat di dalamnya, yakni placoid, cosmoid, ganoid, cycloid, dan ctenoid.

10 dari 10 halaman

Apa Fungsi Sisik Ikan?

Sisik, yang adalah lapisan terluar pada kulit ikan, berperan sebagai penghalang untuk mencegah penetrasi senyawa asing ke dalam tubuh ikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.