Sukses

Tanpa Direbus, Ini Cara Goreng Kacang Mete Agar Bumbu Meresap Tahan Lama

Tidak perlu repot-repot merebus, kacang mete bisa digoreng dengan bumbu yang meresap dan tahan lama. Berikut caranya.

Liputan6.com, Jakarta Dari sekian banyak olahan kacang-kacangan , kacang mete menjadi salah satu yang banyak digemari karena cukup praktis saat dibuat.

Melansir dari WebMD, kacang mete sarat akan lemak sehat, protein dan antioksidan. Selain itu, kacang mete juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti mengurangi kolesterol, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

Di balik manfaatnya, kacang mete harus direbus selama 15-30 menit, yang mana hal itu tentu saja sangat tidak efisien gas.

Namun, dengan mengikuti cara yang dibagikan pemilik kanal YouTube Mita Abdullah, kacang mete bisa langsung digoreng tanpa direbus.

TIdak hanya itu, bumbu kacang mete juga dapat meresap dan tahan lama. Dirangkum pada Rabu (27/03/2024), berikut langkah-langkahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rendam Kacang Mete dengan Garam

Siapkan sekitar 1 kg kacang mete kupas yang bisa dibeli di berbagai e-commerce dengan harga sekitar 60-100 ribuan saja.

Setelah itu, rendam kacang mete dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sdt garam dalam rendaman. Aduk-aduk sampai garam larut lalu diamkan selama 15 menit. Air rendaman ini berfungsi dalam melepaskan getah kacang mete.

Perlu dicatat agar air rendaman cukup hangat saja dan jangan sampai terlalu panas agar kacang mete tidak rusak.

3 dari 10 halaman

Haluskan Bumbu

Untuk memperkaya cita rasa kacang mete, haluskan bahan-bahan berikut dengan chopper atau diulek:

●     12 siung bawang putih.

●     1,5 sdt garam.

●     1,5 sdt penyedap rasa.

●     1 sdt gula.

4 dari 10 halaman

Campur Kacang Mete dengan Bumbu

Setelah didiamkan selama 15 menit, saring rendaman kacang mete untuk memisahkan getah. Jika sudah, cuci bersih kacang mete lalu letakkan dalam baskom.

Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam baskom yang sudah berisi kacang mete. Aduk terus sampai kacang mete tercampur rata dengan bumbu halus, lalu biarkan selama 1 jam.

5 dari 10 halaman

Goreng Kacang Mete

Panaskan minyak dalam jumlah banyak dengan api sedang agar kacang mete cepat matang. Jika minyak sudah benar-benar panas, masukkan kacang mete secukupnya ke penggorengan.

Sambil digoreng, aduk terus kacang mete sampai berwarna kecoklatan. Jika sudah matang, kacang mete sudah bisa diangkat dan disajikan. Kacang mete ini sangat cocok dijadikan camilan kue kering saat lebaran.

6 dari 10 halaman

Apakah Kacang Mete Harus Direbus Dulu?

Biasanya, kacang mete disiapkan dengan cara digoreng atau dipanggang. Sebelumnya, perlu dicuci terlebih dahulu untuk menghapus getahnya. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah direbus dalam air mendidih.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Kacang Mete Bertahan

Untuk meningkatkan daya tahan kacang mete, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas. Dengan cara ini, kacang mete dapat tetap segar selama sekitar empat hingga lima bulan.

8 dari 10 halaman

Kacang Mede Terbuat dari Apa?

Kacang mete merupakan produk dari pohon jambu mete, yang juga dikenal sebagai jambu monyet. Dari kedua nama tersebut, sulit untuk dibedakan apakah kacang mete seharusnya dimasukkan ke dalam keluarga jambu atau kelompok kacang-kacangan.

9 dari 10 halaman

Darah Tinggi Apa Boleh Makan Kacang Mete?

Almond, kenari, dan kacang mete adalah sumber mineral penting seperti magnesium dan kalium. Kandungan gizi ini mendukung keseimbangan tekanan darah yang optimal dan berperan dalam mengurangi risiko hipertensi.

10 dari 10 halaman

Kenapa Tidak Boleh Makan Kacang Mete Terlalu Banyak?

Kandungan lemak dan serat yang melimpah dalam kacang mete memegang peran vital bagi kesehatan pencernaan. Walau begitu, konsumsi berlebihan kacang mete dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kembung, diare, sembelit, dan komplikasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.