Sukses

Spesies Mosasaurus, Monster Laut Zaman Purba yang Punya Gigi Setajam Belati

Ahli paleontologi telah mendeskripsikan spesies baru Mosasaurus yang aneh berdasarkan tengkorak dan bagian kerangka yang dikumpulkan dari tambang fosfat di tenggara Casablanca, Maroko. Yuk, simak fakta lengkapnya!

Liputan6.com, Jakarta Mosasaurus adalah salah satu spesies dinosaurus yang termasuk dalam kelompok fauna predator yang sangat beragam. Spesies ini mendiami Samudra Atlantik sekitar 66 juta tahun yang lalu, tepat sebelum kepunahan dinosaurus di Bumi. Baru-baru ini, para ahli paleontologi berhasil mengidentifikasi keberadaan spesies dinosaurus tersebut yang memiliki ciri-ciri wajah menyeramkan, di lepas pantai Maroko. Bagaimanakah penampakan spesies tersebut dan bagaimana proses penemuannya?

Dikutip dari sci.news (25/03/2024), berikut ini fakta lengkap mengenai Mosasaur, spesies dinosaurus bergigi tajam yang ditemukan di Maroko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Ciri Fisik Mosasaurus

Sebagai anggota dari golongan fauna predator, Mosasaurus memiliki tubuh berukuran sekitar 7 hingga 8 meter, atau sekitar 23 hingga 26 kaki. Mosasaurus juga memiliki rahang yang sangat kuat, dilengkapi dengan gigi panjang yang menyerupai belati. Predator ini termasuk dalam keluarga kadal laut raksasa yang memiliki ciri khas anggota badan dan ekor menyerupai sirip. Dr. Nick Longrich, seorang ahli paleontologi di Universitas Bath, menjelaskan bahwa beberapa Mosasaurus memiliki gigi yang dirancang untuk menusuk mangsanya, sementara yang lain memiliki gigi yang cocok untuk memotong, merobek, atau menghancurkan mangsa.

3 dari 9 halaman

Fakta Monster Laut Mosasaurus

Menurut keterangan dari para ahli paleontologi yang menemukannya, Mosasaurus adalah salah satu jenis fauna laut paling beragam yang pernah terlihat, dimanapun serta kapanpun dalam sejarah. Mereka bahkan telah ada jauh sebelum reptil laut dan dinosaurus punah.

4 dari 9 halaman

Pendapat Para Ahli Paleontologi Tentang Mosasaurus

Menurut Profesor Nathalie Bardet, seorang ahli paleontologi di Muséum National d'Histoire Naturelle Paris, Fosfat Maroko disimpan di laut epikontinental yang dangkal dan hangat, terletak di bawah sistem upwelling. Zona ini dibangkitkan oleh aliran air yang berasal dari kedalaman yang mencukupi, dingin, dan kaya akan nutrisi yang naik ke permukaan, memberikan sumber makanan bagi berbagai makhluk laut dan, akibatnya, mendukung kelimpahan predator laut. Penemuan ini mungkin dapat memberikan penjelasan terhadap keberagaman paleobiak yang luar biasa yang diamati di Maroko pada akhir Zaman Kapur.

5 dari 9 halaman

Mosasaurus Punah Karena Apa?

Tumbukan asteroid telah menghancurkan ekosistem kelautan yang menjadi sumber makanan Mosasaurus. Akibatnya mosasaurus dan Mosasauridae lainnya pun punah, hingga puncak rantai makanan laut diambil alih oleh buaya purba.

 

 

 

 

 

6 dari 9 halaman

Apakah Sekarang Masih Ada Mosasaurus?

Mosasaurus punah sekitar 65,5 juta tahun lalu akibat meteor raksasa yang juga memusnahkan dinosaurus. Mosasaurus dipopulerkan lagi melalui film 'Jurassic World' pada tahun 2015.

7 dari 9 halaman

Mosasaurus Sebesar Apa?

Ukuran Mosasaurus telah menjadi perdebatan selama bertahun-tahun,setelah pertama kali ditemukan tahun 2021-an. Panjang yang disepakati adalah sekitar 15 m dan berat 10 ton,namun menjadi perdebatan karena tidak ada fosil utuh yang mencapai ukuran itu.

8 dari 9 halaman

Kenapa Mosasaurus Bukan Dinosaurus?

Selain itu, reptil laut seperti mosasaurus, plesiosaurus dan ichtyosaurus juga tidak termasuk dinosaurus. Pasalnya, mereka semua tidak memiliki kaki yang tegak lurus seperti dinosaurus.

 

 

9 dari 9 halaman

Musnahnya Dinosaurus Tahun Berapa?

Ilmuwan Ungkap Penyebab Dinosaurus Punah, Ternyata Gara-gara Ini. Seperti yang pernah kita dengar bahwa dinosaurus mengalami kepunahan karena dipicu oleh hantaman asteroid terhadap Bumi. Peristiwa tersebut terjadi pada 66 juta tahun yang lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini