Sukses

Vitamin yang Efektif Cegah Gejala Naiknya Asam Lambung, Bisa Dibeli di Apotek

Selain obat-obatan untuk mengatasi berbagai jenis masalah asam lambung, ternyata ada 6 vitamin yang dianggap efektif mencegah asam lambung naik, Loh! Yuk simak apa saja!

Liputan6.com, Jakarta Penderita masalah lambung seperti maag dan GERD (Gastroesophageal reflux disease) biasanya sangat dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat. Dalam usaha penerapan pola hidup sehat ini, peran vitamin bisa sangat signifikan dalam membantu merawat kesehatan lambung.

Untuk itu, selain bergantung pada obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah lambung yang sedang kambuh, menambahkan konsumsi vitamin dalam pola harian hidup sehat bisa memaksimalkan pencegahan berbagai gejala naiknya asam lambung.

Mudah dijumpai di apotek, berikut 6 jenis vitamin yang efektif mencegah naiknya asam lambung, dirangkum dari beberapa sumber pada Senin (25/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Vitamin A

Dilansir dari salah satu artikel kesehatan, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang cocok dikonsumsi penderita asam lambung. Vitamin A sangat disarankan karena vitamin ini bisa membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Hal ini berdasarkan pada sebuah penelitian 2019 silam dari Journal of Neurogastroenterology and Motility bahwasanya konsumsi vitamin A akan membantu asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat berkurang hingga 22-32 persen. Pernyataan ini didasari oleh vitamin A sendiri yang berperan sebagai antioksidan. Sehingga, ampuh mengurangi paparan radikal bebas dan berbagai masalah peradangan seperti naiknya asam lambung.

3 dari 12 halaman

2. Vitamin B6 dan Asam Folat

Vitamin B6 dan asam folat merupakan dua senyawa yang mampu membantu mengurangi timbulnya refluk asam. Sebagaimana dipaparkan oleh Journal of Pineal Research tahun 2006, bahwasanya gejala-gejala GERD yang timbul dapat berkurang jika rutin mengonsumsi vitamin B6 dan asam folat. 

Asam folat dan vitamin C pada dasarnya bisa didapat dari beberapa jenis makanan, seperti kacang-kacangan, buah, sayur, maupun biji-bijian. Kendati demikian, kini sudah banyak bermunculan suplemen asam folat dan vitamin B6 yang dapat dibeli di apotek.

4 dari 12 halaman

3. Vitamin B12

Konsumsi vitamin B12 bisa membantu menurunkan risiko esofagitis atau radang kerongkongan akibat naiknya asam lambung berkali-kali. Selain itu, vitamin B12 yang bersifat analgesik atau bersifat mengurangi nyeri perut dan dada karena naiknya asam lambung. 

5 dari 12 halaman

4. Vitamin C

Berdasarkan riset yang dikeluarkan oleh The Korean of Physiology and Pharmacology pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa jenis vitamin C yang aman bagi penderita asam lambung adalah jenis vitamin C yang berbahan kalsium askorbat. 

Ini dikarenakan vitamin C murni (asam askorbat) berisiko memperparah gejala asam lambung, sedangkan vitamin C berbahan senyawa kalsium askorbat ampuh mengikat senyawa klorida. Manfaatnya, tingkat keasaman lambung bisa menurun serta risiko peradangan dan iritasi bisa dicegah.

6 dari 12 halaman

5. Vitamin E

Seperti vitamin A, vitamin E juga bisa berperan sebagai antioksidan yang berguna mengurangi gejala-gejala yang dapat memperparah GERD. Untuk konsumsi hariannya sendiri, Kementerian Kesehatan menyarankan sebanyak 15 mcg saja. Untuk itu, untuk konsumsi suplemen vitamin E perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu karena vitamin C yang beredar di pasaran biasanya dosisnya cenderung lebih tinggi. 

7 dari 12 halaman

6. Suplemen Lain untuk Cegah dan Atasi Asam Lambung Naik

Selain dari konsumsi makanan sehat, tambahan berbagai vitamin dan nutrisi dapat didukung dengan konsumsi 2 suplemen berikut ini:

1. Probiotik

Oleh karena suplemen probiotik berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, konsumsi suplemen satu ini juga turut membantu mengatasi masalah lambung pada penderita lambung yang sensitif.

2. Melatonin

Melatonin dapat berperan sebagai anti-inflamasi yang dapat melindungi dari radang lambung dan kerongkongan. Selain itu, kandungannya juga mampu memperkuat lapisan pelindung pada saluran pencernaan, sehingga berbagai iritasi dan peradangan yang bisa timbul akibat asam lambung bisa dicegah.

8 dari 12 halaman

Apakah Vitamin D3 1000 IU Aman untuk Lambung?

Suplemen ini tidak hanya bermanfaat bagi lambung, tetapi juga bagi kelenjar paratiroid dan kesehatan tulang Anda, lho! Dengan begitu, Anda dapat memperoleh manfaat ganda dari satu suplemen saja.

9 dari 12 halaman

Apakah Penderita GERD Boleh Minum Vitamin B Complex?

Karenanya, individu yang mengalami gangguan pencernaan akibat kelebihan asam lambung perlu meningkatkan asupan makanan yang kaya akan vitamin B kompleks. Jenis makanan tersebut meliputi daging, ikan, ayam, sereal, berbagai jenis sayuran, serta buah-buahan selain dari keluarga jeruk dan telur. Penggunaan suplemen juga dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin B kompleks.

10 dari 12 halaman

Apakah Boleh Minum Yakult saat Asam Lambung Naik?

Minuman probiotik Yakult mengandung bakteri sehat, khususnya Lactobacillus casei Shirota, dan umumnya diterima tubuh dengan baik, bahkan saat sedang mengalami gangguan lambung.

11 dari 12 halaman

Apakah Yakult Sama dengan Probiotik?

Dengan kandungan probiotiknya, Yakult membantu mengurangi reaksi alami tubuh terhadap makanan yang menyebabkan perut kembung. Selain memperbaiki kesehatan pencernaan, minum Yakult juga memberikan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

12 dari 12 halaman

Suplemen Probiotik Buat Apa?

Sebuah zat memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi pencernaan serta mengembalikan keseimbangan flora usus yang sehat. Probiotik telah menjadi opsi yang populer dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti gangguan kulit, infeksi jamur di area vagina, intoleransi terhadap laktosa, dan infeksi pada saluran kemih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.