Sukses

9 Cara Mudah Menumbuhkan Kembali Rambut yang Rontok Secara Alami

Rambut rontok adalah masalah yang sangat umum dan sering dihadapi baik oleh wanita maupun pria. Meski begitu, ada berbagai cara yang sebenarnya dapat membantu menumbuhkan kembali rambut yang telah rontok. Yuk, simak cara alami dan cepat untuk menumbuhkan kembali rambut yang rontok!

Liputan6.com, Jakarta Tumbuhnya kembali rambut bisa diupayakan pada beberapa jenis kebotakan, termasuk kebotakan pola wanita. Kebotakan ini seringkali menjadi sumber gangguan dan kekhawatiran.

Namun, ada harapan bahwa rambut yang telah rontok bisa tumbuh kembali. Ini berarti ada solusi yang tersedia bagi semua orang yang menghadapi masalah tersebut.

Meskipun begitu, masih banyak yang belum mengetahui langkah-langkah mudah dan cepat untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

Berikut ini 9 cara alami dan cepat untuk menumbuhkan kembali rambut kepala yang telah rontok, dilansir dari health.com (22/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 15 halaman

Mengurangi Stress

Ketenangan dan kesehatan, baik secara emosional maupun fisik, dapat memengaruhi kondisi rambut. Telogen effluvium adalah jenis kerontokan rambut yang seringkali disebabkan oleh stres emosional dan fisik. Biasanya, telogen effluvium akan berkurang dalam waktu enam hingga delapan bulan, tetapi masih mungkin untuk kembali terjadi. Mengelola stres dengan baik adalah salah satu cara untuk membantu mengurangi atau menghindari kerontokan dan penipisan rambut dari jenis ini.

3 dari 15 halaman

Melakukan Perubahan Pola Makan

Kekurangan nutrisi tertentu dalam makanan sehari-hari bisa menyebabkan kerontokan rambut. Kerontokan rambut sering menjadi gejala umum dari berbagai penyakit, termasuk anemia defisiensi zat besi. Studi juga menunjukkan bahwa kurangnya asupan protein dapat meningkatkan risiko kerontokan rambut.

4 dari 15 halaman

Menggunakan Suplemen Alami

Mengonsumsi suplemen rambut alami secara teratur dapat menjadi salah satu metode untuk merangsang pertumbuhan kembali rambut yang rontok. Contohnya, penggunaan suplemen biotin dan asam folat seringkali dianggap sebagai cara perawatan rambut yang paling umum digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut.

5 dari 15 halaman

Menggunakan Perawatan Topikal

Salah satu cara lain yang dapat membantu pertumbuhan rambut adalah dengan berkonsultasi mengenai masalah rambut kepada layanan kesehatan khusus. Umumnya, layanan kesehatan akan merekomendasikan untuk memulai penggunaan produk seperti Rogaine, atau pengobatan topikal lainnya untuk mengatasi rambut yang rontok. Setelah mulai menggunakan Rogaine sebagai perawatan topikal, kulit mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari yang tidak perlu dalam jangka waktu yang lama, serta menggunakan topi dan tabir surya saat berada di luar ruangan.

6 dari 15 halaman

Menggunakan Minyak Atsiri

Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak esensial atau minyak atsiri bisa menjadi alternatif alami yang terjangkau untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2021 menemukan bahwa memijat kulit kepala dengan campuran minyak biji labu, rosemary, atau minyak pohon teh sebelum tidur dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut.

7 dari 15 halaman

Bersikap Lembut Pada Rambut

Rambut yang sudah rapuh dapat dengan mudah rusak jika ditarik oleh tangan dan disisir, atau karena penggunaan bahan kimia. Oleh karena itu, penting untuk merawat rambut dengan lembut guna mencegah kerontokan dan penipisan rambut. Hindari menarik rambut dengan keras untuk membuat sanggul, kepang, cornrows, atau kuncir ekor kuda. Gaya rambut semacam itu bisa menyebabkan traksi alopecia, jenis kerontokan rambut yang bisa menyebabkan kerusakan permanen.

8 dari 15 halaman

Membatasi Kebiasaan Mewarnai atau Mengecat Rambut

Mewarnai atau mengecat rambut secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan dan memperparah kerontokan rambut. Selain itu, menghindari aktivitas pencerahan rambut juga disarankan karena umumnya melibatkan penggunaan banyak peroksida, yang dapat mengganggu kesehatan rambut.

9 dari 15 halaman

Menghindari Styling Panas yang Berlebihan

Seperti halnya pemutih dan pewarna rambut, suhu tinggi juga bisa merusak rambut yang sudah rapuh dan memperburuk kerontokan. Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan panas berlebihan saat mengeringkan rambut. Biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan handuk microfiber yang menyerap air.

10 dari 15 halaman

Mengobati Ketombe

Umumnya, ketombe mengganggu kesehatan kulit kepala dengan menyebabkan potongan-potongan kecil kulit kering yang terkelupas. Meskipun ketombe tidak secara langsung menyebabkan rambut rontok, tetapi dapat menyebabkan gatal pada kulit kepala yang memperparah masalah kerontokan rambut.

11 dari 15 halaman

Apakah Rambut yang Rontok Bisa Tumbuh Kembali?

Pada umumnya, rambut rontok akibat hal-hal seperti stres atau hormon bisa tumbuh kembali seperti normal saat kondisi tubuh pulih dan sehat kembali. Pada kondisi seperti alopecia, siklus pertumbuhan rambut walau lama tetapi tetap memiliki kemungkinan untuk tumbuh kembali.

 

 

 

 

12 dari 15 halaman

Berapa Lama Rambut Rontok Akan Tumbuh Kembali?

Rambut lama akan rontok dan akan tumbuh rambut baru kembali 2 hingga 3 bulan setelah rontok.

13 dari 15 halaman

Apakah Kebotakan Dini Bisa Sembuh?

Kebotakan bisa bersifat sementara atau permanen. Sebagian besar kasus kebotakan dapat diatasi bila diketahui lebih awal dan diberikan perawatan yang tepat.

14 dari 15 halaman

Apa Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus?

Kebiasaan yang dapat merusak rambut, misalnya terlalu sering keramas, memakai pengering rambut, atau mengikat rambut.

 

 

15 dari 15 halaman

Vitamin Apa yang Bisa Menumbuhkan Rambut?

Telur kaya akan protein, mineral, dan vitamin B7 atau biotin yang berperan penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi penting untuk rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini