Sukses

11 Merek Jeans Tertua di Dunia, Ada yang Tetap Eksis dan Populer Hingga Saat Ini

Riwayat pakaian jeans telah terlihat sejak zaman dahulu hingga saat ini, di mana merek-merek terkenal telah menciptakan beragam busana dalam dunia fashion ini.

Liputan6.com, Jakarta Mode merupakan sebuah ide yang terus berubah seiring berjalannya waktu, mengalami perkembangan untuk mencerminkan era yang sedang berlangsung.

Inovasi tak henti menghampiri dunia mode, salah satunya adalah dalam ranah fashion jeans. Berbagai teknik dan proses telah digunakan untuk menciptakan beragam tampilan dan nuansa jeans yang menjadi signifikan hingga saat ini.

Artikel ini akan menjelaskan mengenai perkembangan kain jeans melalui beberapa merek jeans tertua yang pernah ada di dunia, yang dikutip pada informasi dari oldest.org pada (20/03).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 17 halaman

11. Tommy Hilfiger

Tommy Hilfiger dikenal sebagai pelopor gaya mode yang khas Amerika. Mereka mengambil inspirasi dari warisan budaya populer dan sejarah awal Amerika.

Merek pakaian ini mulai diperkenalkan pada tahun 1985 oleh Thomas Jacob Hilfiger. Perusahaan ini mengubah nama lini pakaian mereka menjadi Tommy Jeans pada tahun 2018 dari sebelumnya bernama Hilfiger Denim.

3 dari 17 halaman

10. Guess

Guess didirikan oleh saudara Marciano pada tahun 1981 setelah mereka meninggalkan Prancis selatan untuk mengejar impian di Amerika.

Dalam waktu singkat, Guess berkembang menjadi representasi gaya hidup yang modis dan dinamis saat ini.

Saat ini, Guess telah menjadi merek yang dikenal secara global dengan berbagai koleksi denim, pakaian, dan aksesori yang tersedia di lebih dari 80 negara.

 

4 dari 17 halaman

9. Studio D’ Artisan

Studio D'Artisan didirikan pada tahun 1979 oleh Shigeharu Tagaki, yang telah mengasah keterampilannya di Prancis sebelumnya.

Tagaki mulai membuat jeans klasik menggunakan mesin tenun shuttle loom Toyada G-3 yang kuno, terinspirasi oleh gaya pakaian kerja Prancis.

Dengan fokus pada kualitas premium, mereka terus menghasilkan berbagai produk yang dicintai banyak orang, menjadikannya salah satu merek jeans Jepang yang paling diminati.

5 dari 17 halaman

8. Diesel

Diesel yang pertama kali dikonseptualisasikan oleh Adriano Goldschmied dan Renzo Rosso pada tahun 1978 muncul sebagai merek pakaian kasual baru dengan estetika dan konsep yang unik.

Pada tahun 1985, Renzo Rosso mengambil alih kepemilikan penuh Diesel setelah memutuskan hubungannya dengan Genius Group.   

6 dari 17 halaman

7. Versace

Pada tahun 1972, Gianni Versace meluncurkan merek pakaian pertamanya. Gianni Versace Donna diperkenalkan pada tahun 1978 sebagai langkah awal perusahaan.

Donatella sebagai kreator pertama dari Versace menghadirkan berbagai produk, termasuk barang-barang untuk pria, koper, denim, parfum, dan pakaian.

Jeans bergaya tinggi dan kemeja motif vintage dari Gianni Versace menjadi unggulan dari label pakaian santai, yakni Versace Jeans Couture / Versace Jeans Couture.

7 dari 17 halaman

6. Pepe Jeans

Didirikan pada tahun 1973 oleh saudara Shah di sekitar Portobello Road, London, Pepe Jeans adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam jeans dan pakaian kasual.Kantor pusatnya kini berada di Sant Feliu de Llobregat, Spanyol.

Pada tahun 1980, Pepe Jeans menjadi perusahaan jeans paling sukses dalam sejarah Britania Raya, bersaing dengan berbagai merek lainnya untuk mendominasi industri ini.

8 dari 17 halaman

5. Calvin Klein

Calvin Klein didirikan di New York pada tahun 1968 oleh Calvin Richard Klein. Dengan bantuan koneksi Baron de Gunzburg, Calvin Klein menjadi terkenal di komunitas mode eksklusif New York.

Bahkan, sebelum peluncuran lini jeans pertamanya yang membawanya pada kesuksesan komersial pertamanya. Hingga saat ini merek Calvin Klein masih bertahan dengan berbagai tren mode fashion yang dimilikinya.

9 dari 17 halaman

4. Wrangler

Wrangler lahir dari kolaborasi C.C. Hudson dan saudaranya, yang mendirikan Hudson Overall Company pada tahun 1947.

Perusahaan ini berkomitmen untuk memproduksi pakaian kerja berkualitas tinggi serta tahan lama bagi para pekerja rel kereta api di pantai timur Amerika.

Blue Bell Overall Company kemudian diadopsi sebagai nama baru setelah pabrik pertamanya berdiri di South Elm Street, sebagai langkah rebranding yang dilakukan oleh perusahaan.   

10 dari 17 halaman

3. Lee

Merek Lee Jeans telah ada selama beberapa dekade, dimulai dari era 1880-an. Awalnya didirikan oleh Henry David Lee, perusahaan Lee Mercantile Company menjadi pionir dalam produksi dan penjualan barang mewah di Kansas.

Dengan fokus pada pengembangan, pembuatan, dan distribusi produk berkualitas tinggi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan, Lee kemudian bergabung dengan Kontoor Brands.

11 dari 17 halaman

2. Carhartt

Jeans Carhartt telah eksis sejak tahun 1889. Hamilton Carhartt merintis model bisnis yang menekankan kekuatan dan ketahanan dibandingkan dengan gaya.

Carhartt mulai membuat pakaian untuk tentara dan pekerja lapangan, pakaian untuk perempuan yang bekerja di industri rumahan, serta pakaian hutan untuk Marinir di Pasifik selama Perang Dunia II.

Menariknya, selama Perang Dunia I, Carhartt menyediakan tujuh seragam kepada tentara Amerika sebagai bantuan kepada pemerintah.

12 dari 17 halaman

1. Levi Strauss & Co.

Levi Strauss & Co. merupakan merek jeans tertua yang berasal dari San Francisco, California, dan didirikan pada tahun 1853 oleh Levi Strauss.

Diawali dengan kemitraan antara Levi Strauss & Co. dan Jacob Davis, mereka menciptakan celana kerja yang menggunakan paku keling logam untuk daya tahan yang lebih baik, yang kemudian dikenal sebagai "blue jeans".

Saat ini, Levi's telah menjadi merek internasional yang menawarkan beragam produk, mulai dari pakaian hingga peralatan rumah tangga.   

13 dari 17 halaman

Jeans Ditemukan Tahun Berapa?

Awalnya, seorang pengusaha bernama Levi Strauss, yang memiliki sebuah pabrik grosir di San Fransisco, berkolaborasi dengan penjahit bernama Jacob Davis pada tahun 1873. Mereka bersama-sama menyisipkan "paku" logam ke dalam celana denim untuk menghasilkan pakaian kerja yang kokoh dan tahan lama, ideal digunakan untuk pekerjaan kasar. 

 

14 dari 17 halaman

Apakah Levis Termasuk Denim?

Gaya Levi's® kebanyakan dibuat dari denim berat menengah.

 

15 dari 17 halaman

Apa Bedanya Denim Sama Jeans?

Dengan cara yang lebih sederhana, jeans adalah pakaian siap pakai dalam bentuk celana yang dibuat dari kain denim. Jadi, ketika seseorang menyebut celana jeans atau celana denim, keduanya sebenarnya merujuk pada hal yang sama! Sudahkah Anda memahami perbedaan antara denim dan jeans? Denim merujuk pada bahan kainnya, sementara jeans mengacu pada pakaian celananya.

 

16 dari 17 halaman

Apakah Chino itu Jeans?

Perbedaan utama antara celana chino dan celana jeans terletak pada jenis bahan yang digunakan. Celana chino terbuat dari katun twill, yang dikenal karena kenyamanan dan kelenturannya yang lebih baik daripada bahan jeans. Di sisi lain, celana jeans awalnya dibuat dari dua jenis kain yang berbeda. Strauss dan Davis pertama kali memproduksi mereka menggunakan bahan brown duck dan blue denim.

 

17 dari 17 halaman

Apa Arti dari Kata Jeans?

Celana jin, dikenal juga sebagai jengki pada dekade 1950-an, merupakan jenis pakaian yang terbuat dari bahan kokoh dan tahan lama yang dikenal sebagai denim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.