Sukses

7 Jenis Teh yang Disebut Punya Khasiat Ampuh Jaga Asam Lambung dan Lancarkan Pencernaan

Beberapa jenis teh herbal ternyata mampu membantu menormalkan asam lambung yang sedang kumat. Yuk simak apa saja! Ada teh jahe juga loh!

Liputan6.com, Jakarta Gejala-gejala yang timbul akibat naiknya asam lambung selalu meninggalkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Rasa mual hingga panas yang timbul di kerongkongan saat asam lambung naik bisa mengakibatkan aktivitas terhambat. 

Akibatnya, tak sedikit penderita asam lambung yang mau tidak mau harus bergantung dengan obat-obatan untuk mengatasinya ketika kambuh. Namun, sayangnya efek jangka panjang dari ketergantungan obat tertentu inilah yang mungkin saja kurang baik. 

Maka dari itu, ramuan-ramuan herbal bisa menjadi pilihan yang lebih aman, atau bahkan lebih terjangkau. Seperti beberapa jenis teh herbal yang dipercaya bisa meredakan gejala naiknya asam lambung. 

Berikut ini 7 daftar teh alami untuk membantu mengatasi asam lambung yang sedang kambuh, dirangkum dari beberapa sumber pada Kamis (21/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Teh Kunyit

Tanaman rimpang satu ini sering dijumpai dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Selain itu, sudah sangat umum juga kunyit diolah menjadi salah satu jenis ramuan herbal, yaitu jamu kunir asem. Tumbuhan rempah satu ini terkenal dengan kandungan kurkumin yang bersifat antivirus dan antijamur. Tak hanya itu, dilansir dari salah satu sumber, penelitian juga menyebutkan bahwa kunyit berpotensi membantu meredakan GERD dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

3 dari 13 halaman

2. Teh Chamomile

Umumnya, teh dari bunga yang merupakan keluarga asteraceae ini banyak dikonsumsi untuk mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia, gangguan kecemasan, dan salah satu terapi herbal untuk depresi.

Namun, siapa sangka ternyata teh chamomile juga berkhasiat untuk penyakit asam lambung. Teh satu ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti iritasi usus besar, diare, kolik, dan meredakan sakit perut. 

4 dari 13 halaman

3. Teh Jahe

Konsumsi teh jahe atau yang lebih dikenal dengan sebutan wedang jahe ini dipercaya ampuh meredakan berbagai masalah lambung mulai dari kembung hingga naiknya asam lambung. Sifat jahe yang bisa menghangatkan tubuh ini membuatnya menjadi pilihan praktis dan ekonomis bagi masyarakat saat gejala-gejala tidak enak badan mulai muncul. 

Adapun, dilansir dari salah satu sumber artikel, disebutkan bahwa kandungan dalam tanaman rimpang satu ini mampu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, meredakan kontraksi lambung, hingga mengatasi iritasi gestasional. 

5 dari 13 halaman

4. Teh Akar Marshmallow

Akar marshmallow ternyata sudah sejak ribuan tahun yang lalu dipercaya sebagai salah satu  tanaman obat. Tumbuhan ini dipercaya, salah satunya, ampuh untuk mengatasi permasalahan pada lambung. 

Konsumsi teh akar marshmallow berkhasiat untuk mengobati iritasi atau radang di lambung dengan kemampuannya membentuk lapisan jaringan baru. Tak sampai di situ, konsumsi teh akar marshmallow juga bermanfaat untuk menstimulasi sel-sel tubuh untuk beregenerasi.

6 dari 13 halaman

5. Teh Adas

Teh satu ini terbuat dari bunga dan batang adas yang diseduh. Banyak dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap masalah lambung, teh adas diyakini ampuh untuk meredakan berbagai masalah pencernaan, seperti sakit perut dan kembung. Bersifat anti radang, teh satu ini baik dikonsumsi penderita asam lambung guna membantu meringankan gejala-gejalanya ketika sedang kambuh.

7 dari 13 halaman

6. Teh Peppermint

Konsumsi teh peppermint bisa meredakan lambung yang sedang meradang, hingga mengatasi sakit tenggorokan akibat refluks asam. Tidak kalah penting, kandungan antioksidannya juga bagus untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Kendati demikian, takaran dalam mengonsumsi teh peppermint ini penting untuk sangat diperhatikan. Mengapa? Konsumsi teh peppermint dalam jumlah banyak dapat menimbulkan efek samping yaitu memperparah kondisi atau sakit yang sedang dialami.

8 dari 13 halaman

6. Teh Licorice

Akar licorice telah dipercaya dalam praktik pengobatan herbal sejak zaman kuno. Karenanya, khasiatnya terhadap kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Kandungan glychirrizin dalam akar licorice mampu melindungi dan memperbaiki lapisan lambung yang luka, serta membantu melancarkan pencernaan.

9 dari 13 halaman

Daun Apa Saja yang Bisa Mengobati Asam Lambung?

Daun sirih diketahui berguna mengurangi nyeri lambung dan meringankan gejala-gejala GERD.

10 dari 13 halaman

Asam Lambung Kumat Harus Minum Apa?

Air hangat dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat naiknya asam lambung. Minumlah air hangat secara perlahan, karena minum dengan buru-buru bisa memperburuk gejala asam lambung.

11 dari 13 halaman

Buah Apa yang Bisa Mengobati Asam Lambung?

Buah untuk asam lambung yang baik antara lain, semangka, alpukat, melon yang memiliki kadar asam rendah.

12 dari 13 halaman

Apa Penyebab Asam Lambung Tak Kunjung Sembuh?

GERD yang tak kunjung sembuh dapat dipicu oleh beragam faktor, dimulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kondisi medis atau penyakit spesifik, hingga pengobatan yang kurang memadai. Seseorang memiliki risiko lebih tinggi terkena GERD jika mengalami obesitas, hernia hiatus, gangguan pada katup kerongkongan bagian bawah, atau sedang dalam keadaan hamil.

13 dari 13 halaman

Berapa Lama Asam Lambung Sembuh Tanpa Obat?

Setidaknya butuh waktu 6-8 minggu untuk bisa membuat produksi asam lambung menurun atau gerd sembuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini