Sukses

6 Kebiasaan Kecil yang Akan Membuatmu Dihormati Orang Lain

Meskipun tindakan besar mungkin ada gunanya, seringkali kebiasaan kecil dan konsistenlah yang meninggalkan kesan mendalam bagi orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa hormat didapat dan dicari, individu sering bertanya-tanya tindakan apa yang bisa mereka ambil untuk mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitar mereka.

Meskipun tindakan besar mungkin ada gunanya, seringkali kebiasaan kecil dan konsistenlah yang meninggalkan kesan mendalam bagi orang lain.

Oleh karena itu, ketahui beberapa kebiasaan yang bisa membantu individu mendapatkan rasa hormat di berbagai bidang kehidupan, seperti melansir dari Times of India, Rabu (20/3/2024).

1. Menjadi diri sendiri

Salah satu aspek mendasar untuk mendapatkan rasa hormat adalah bersikap jujur pada diri sendiri. Daripada sekadar menyetujui pendapat orang lain demi keharmonisan, individu yang mengungkapkan pemikiran dan pendapatnya yang tulus seringkali lebih dihormati. 

Keaslian memupuk kepercayaan dan kredibilitas, meletakkan landasan bagi interaksi yang bermakna.

2. Mendengarkan tanpa menyela 

Di dunia di mana setiap individu tampaknya berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian, sungguh-sungguh mendengarkan tanpa menyela adalah keterampilan yang langka dan sangat berbahaya.

Dengan memberikan ruang kepada orang lain untuk mengekspresikan diri mereka sepenuhnya, individu menunjukkan rasa hormat terhadap sudut pandang mereka dan menunjukkan empati—sebuah komponen penting untuk mendapatkan rasa hormat.

3. Menghargai waktu

Menghargai waktu orang lain menunjukkan perhatian dan sopan santun. Tepat waktu, menghormati jadwal dan menghargai waktu orang lain mencerminkan komitmen untuk saling menghormati dan profesionalisme.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Komunikasi yang efektif

Komunikasi yang jelas dan saling menghormati sangat penting untuk mendapatkan rasa hormat. Mengekspresikan diri dengan jelas, mendengarkan secara aktif dan berusaha memahami sudut pandang orang lain akan meningkatkan pemahaman dan kerja sama, menumbuhkan rasa hormat dalam semua interaksi.

5. Empati dan pengertian

Menunjukkan empati dan pengertian terhadap pengalaman dan emosi orang lain akan menumbuhkan koneksi dan menghasilkan rasa hormat. 

Dengan mengakui dan memvalidasi perasaan orang lain, individu menunjukkan kasih sayang dan kebaikan, sehingga menghasilkan kekaguman dalam prosesnya.

3 dari 3 halaman

6. Kerendahan hati dan tanggung jawab

Mengakui kesalahan dan mengambil tanggung jawab atas tindakan seseorang memerlukan kerendahan hati dan integritas. 

Individu yang menunjukkan akuntabilitas mendapatkan rasa hormat dengan mengakui ketidaksempurnaan mereka dan berjuang untuk pertumbuhan dan perbaikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.