Sukses

Fakta Menarik dari Manfaat Badminton, Ternyata Tidak Hanya Menyehatkan

Bulutangkis merupakan cabang olahraga populer yang dapat dimainkan oleh segala usia. Manfaat dari olahraga tersebut pun beragam. Yuk, simak apa saja manfaat dari badminton!

Liputan6.com, Jakarta Bulutangkis atau badminton adalah olahraga yang memberikan banyak manfaat. Selain menjadi cara yang efektif untuk menjaga tubuh tetap aktif dan membakar kalori, badminton juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Tidak dapat dipungkiri bahwa badminton secara konsisten dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kebugaran kardiovaskular, peningkatan kognisi, dan peningkatan kepadatan tulang.

Berikut ini berbagai manfaat dari olahraga badminton dilansir dari health.com (18/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bermain badminton merupakan aktivitas olahraga yang berlangsung dengan cepat, yang berpotensi meningkatkan detak jantung seseorang. Dengan melakukan aktivitas ini, sistem kardiovaskular tubuh akan bekerja lebih baik. Selain memperkuat daya tahan tubuh, bermain badminton juga dapat meningkatkan aliran darah. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sports Sciences, bermain badminton dapat meningkatkan penyerapan oksigen dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular, sehingga berpotensi meningkatkan kesehatan jantung.

3 dari 11 halaman

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Penelitian telah menunjukkan bahwa bermain badminton memiliki potensi untuk meningkatkan fungsi kognitif seseorang. Individu yang secara rutin terlibat dalam olahraga ini dapat mengalami peningkatan dalam kemampuan pengambilan keputusan, konsentrasi, serta fungsi memori.

4 dari 11 halaman

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Bermain badminton mengharuskan tubuh untuk melakukan perubahan arah dengan cepat dan melakukan lompatan yang eksplosif. Selain itu, olahraga ini melibatkan seluruh tubuh saat bermain. Jenis gerakan ini memberi tekanan pada tulang, yang merangsang pertumbuhan dan penguatan tulang. Dampaknya adalah peningkatan kepadatan dan kekuatan tulang.

5 dari 11 halaman

Memperkaya Koneksi Sosial

Bermain badminton tidak dilakukan secara individu. Faktanya, hal ini mendorong interaksi sosial yang erat dalam permainan, baik itu dengan teman, anggota keluarga, atau rekan satu tim dalam sebuah liga. Karena alasan ini, badminton dianggap sebagai olahraga yang mempromosikan kerjasama dan memperkuat ikatan sosial.

6 dari 11 halaman

Mendorong Keseimbangan, Koordinasi, dan Ketangkasan

Keseimbangan dan koordinasi memegang peranan krusial dalam permainan badminton. Selain kemampuan untuk mengubah arah dengan cepat, pemain juga harus mampu mempertahankan keseimbangan tubuhnya. Meskipun seseorang mungkin belum memiliki keterampilan keseimbangan dan koordinasi yang optimal pada awalnya, namun mereka dapat mengembangkannya seiring waktu dan merasakan manfaatnya dalam mencegah kejatuhan serta meningkatkan postur tubuh mereka.

7 dari 11 halaman

Badminton untuk Melatih Apa?

Bulu tangkis melibatkan banyak gerakan melompat dan berlari mengandalkan kemampuan otot betis, paha, bokong, panggul dan pinggul. Tak hanya itu, servis badminton menggunakan lengan atas dan otot punggung.

 

8 dari 11 halaman

Berapa Kalori Terbakar Main Badminton 1 Jam?

Bermain bulu tangkis dilaporkan mampu membakar kalori hingga 450 kalori per jam.

9 dari 11 halaman

Apa Tujuan dari Permainan Bulu Tangkis?

Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali.

 

 

 

 

10 dari 11 halaman

Apakah Main Badminton Bisa Mengecilkan Perut?

Renang, jogging, jalan cepat, bulu tangkis, dan bersepeda bisa menjadi olahraga efektif untuk mengecilkan perut buncit karena olahraga tersebut bisa menaikan irama detak jantung dengan catatan dilakukan pada kisaran 108 sampai 120 bpm (detak per menit) untuk tubuh seseorang usia 20 sampai 40 tahun.

11 dari 11 halaman

Apakah Rutin Badminton Bisa Menurunkan Berat Badan?

Manfaat badminton yang pertama adalah menurunkan berat badan, karena masuk ke dalam kategori olahraga kardio. Olahraga kardio adalah jenis latihan untuk menguatkan otot jantung. Apabila otot jantung kuat, pembuluh darah otomatis akan semakin lancar, dan dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini