Sukses

Hari Panda Nasional Diperingati Tanggal 16 Maret, Tujuannya Apa?

Tanggal 16 Maret memperingati Hari Panda Nasional. Tujuannya Apa?

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 16 Maret memiliki beberapa hari penting untuk diperingati. Salah satunya adalah Hari Panda Nasional atau National Panda Day.

Lalu, apa tujuan diperingatinya Hari Panda Nasional? Berikut ini penjelasannya seperti dihimpun dari berbagai sumber:

Hari Panda Nasional

Siapa sangka, hewan menggemaskan pemakan bambu ini memiliki hari khusus untuk memperingati keberadaan mereka. Setiap tahunnya pada tanggal 16 Maret diperingati sebagai National Panda Day atau Hari Panda Nasional di berbagai negara.

Hari Panda Nasional merupakan salah satu bentuk kampanye untuk melindungi keberadaan Panda asal Tiongkok dari ancaman kepunahan. Demikian menurut laman National Day.

Untuk diketahui, jumlah panda di alam liar makin menyusut dengan hanya tersisa kurang dari 2000 ekor. Hal ini terjadi akibat dari hilangnya habitat, perilaku perburuan, dan faktor lainnya.

Karena itulah, panda kemudian menjadi simbol gerakan konservasi di seluruh dunia. Hari Panda menjadi seruan untuk bertindak dalam rangka melestarikan spesies yang terancam punah ini dan melestarikan lingkungan untuk keberadaan para hewan liar.

Selain Hari Panda Nasional, tanggal 16 Maret juga merupakan momentum bagi beberapa peringatan lain, di antaranya:

Hari Kebebasan Informasi

Menurut National Today, Hari Kebebasan Informasi, yang juga dikenal sebagai Freedom of Information Day, diperingati di Amerika Serikat pada setiap 16 Maret.

Hari Kebebasan Informasi bertepatan dengan ulang tahun ke-4 Presiden Amerika Serikat, James Madison, yang dikenal sebagai "Bapak Konstitusi" karena perannya dalam penyusunan dan promosi Konstitusi Amerika dan Bill of Rights.

Perayaan ini menyajikan pengingat tahunan akan pentingnya transparansi dalam pemerintahan Amerika dan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Balap Mobil Sport Internasional

Menurut National Today, Hari Balap Mobil Sport Internasional dirayakan setiap hari Sabtu ketiga bulan Maret, dan pada tahun 2024 jatuh pada tanggal 16 Maret. Ini adalah saat untuk merayakan dan menikmati olahraga balap mobil internasional yang terkenal.

Hari Balap Mobil Sport Internasional ditetapkan sejak tahun 2013, dan pada tahun ini, perayaannya bersamaan dengan perlombaan mobil sport 12 Hours of Sebring yang diadakan di Sebring, Florida, di International Raceway.

Hari Tanpa Selfie

National Today melaporkan bahwa Hari Tanpa Selfie, atau No Selfies Day, adalah hari peringatan nasional di Amerika Serikat yang jatuh pada tanggal 16 Maret. Pada hari ini, warga Amerika Serikat menahan diri untuk tidak mengambil foto selfie selama 24 jam. Suatu fenomena yang unik!

Selfie telah menjadi bagian dari budaya global. Namun, dengan perkembangan media sosial yang cepat, orang sering kali tergoda untuk mengambil selfie demi mendapatkan apresiasi dan komentar dari pengikutnya.

Tidak ada catatan pasti mengenai asal-usul Hari Tanpa Selfie atau kapan pertama kali diperingati. Namun, perayaan ini menjadi pengingat akan bahaya kecanduan selfie dan obsesi terhadap respons orang lain di media sosial.

3 dari 3 halaman

5 Zodiak Ini Kerap Merasa Tak Nyaman Saat Berada dalam Hubungan Asmara

Hubungan itu kompleks dan dinamis, membutuhkan usaha, pengertian, dan kompromi dari kedua pasangan. Sementara beberapa orang dengan mudah menavigasi arah cinta dan keintiman yang mereka inginkan, yang lain mungkin kesulitan untuk merasa nyaman dan aman dalam hubungan mereka.

Dalam astrologi, tanda-tanda zodiak tertentu lebih rentan mengalami tantangan ketika ingin merasa nyaman dalam suatu hubungan. Berikut ini daftar zodiak yang kerap merasa tak nyaman saat berada dalam hubungan asmara. Dihimpun dari The Signature Beauty Box, ini dia.

1. Gemini

Individu Gemini dikenal karena kemampuan beradaptasi dan keserbagunaannya, namun mereka juga bisa menjadi bimbang dan gelisah jika menyangkut masalah hati. Dalam hubungan, individu Gemini mungkin kesulitan untuk merasa nyaman karena ketakutan mereka akan komitmen dan kebutuhan mereka yang terus-menerus akan rangsangan dan variasi.

Mereka mungkin merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas atau menjalin hubungan emosional yang mendalam dengan pasangannya, sehingga menimbulkan perasaan gelisah dan tidak puas.

Selengkapnnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.