Sukses

Makanan Sederhana untuk Tangkal Darah Tinggi

Beberapa makanan yang umum jadi konsumsi harian ini baik dikonsumsi pasien hipertensi karena rendah risiko menaikkan tekanan darah. Yuk simak apa saja!

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi atau hipertensi umumnya terjadi karena beberapa faktor, seperti genetik, stress berlebihan, obesitas, gaya hidup tidak sehat, dsb. Dari seluruh faktor tersebut, dapat disimpulkan bahwa kunci mengatasi hipertensi ada pada gaya hidup. 

Adapun, salah satu gaya hidup yang penting sekali diterapkan baik untuk mencegah maupun mengatasi masalah hipertensi adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Umumnya, seseorang mengalami hipertensi akibat terlalu sering mengonsumsi makanan kurang sehat serta tinggi kandungan garam dan lemak jenuh. 

Dirangkum dari beberapa sumber pada Jum’at (15/3/2024), 7 daftar makanan berikut ini bisa membantu mencegah naiknya tekanan darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Kentang

Diantara senyawa yang bisa memperbaiki tekanan darah adalah kalium dan magnesium. Keduanya terdapat dalam kentang, sehingga tanaman umbi-umbian satu ini direkomendasikan untuk pengidap hipertensi. Adapun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak garam dalam proses pengolahannya, agar manfaat kentang untuk membantu menjaga tekanan darah tidak hilang.

3 dari 13 halaman

2. Wortel

Tanaman yang juga sering disebut sebagai retinol alami ini juga menjadi rekomendasi makanan ramah penderita hipertensi. Pasalnya, wortel diketahui mengandung senyawa fenolik. Senyawa fenolik ini ampuh untuk meminimalisir risiko peradangan serta mengendurkan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa lebih stabil.

4 dari 13 halaman

3. Ikan Laut

Dilansir dari salah satu studi yang diterbitkan oleh The Journal Nutrition, konsumsi ikan tiga kali dalam seminggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik selama rentang waktu lebih dari delapan minggu. 

Sementara itu, ikan laut biasanya banyak mengandung Omega-3 (lemak baik) yang  baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Omega-3 inilah yang berkhasiat turunkan tekanan darah tinggi.

5 dari 13 halaman

4. Brokoli

Beberapa mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Selain itu, ketiga mineral yang terkandung dalam sayur brokoli ini juga ampuh membantu mengurangi potensi kerusakan pada pembuluh arteri.

6 dari 13 halaman

5. Bawang Putih

Dalam bawang putih, terkandung senyawa belerang alami yang bermanfaat untuk memperlebar pembuluh darah sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan senyawa allicin sebagai antibiotik alami untuk mengurangi peradangan yang bisa memperparah hipertensi.

7 dari 13 halaman

6. Pisang

Buah yang sangat mudah dijumpai di sekitar rumah ini tinggi akan kalium yang berguna menstabilkan tekanan darah melalui proses sekresi natrium dan air dalam darah. Kadar air dalam darah yang terkontrol ini akan membuat tekanan darah juga ikut terkendali.

8 dari 13 halaman

7. Biji Rami

Menurut penelitian terdahulu, biji rami disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan Omega-3, alfa linolenik, lignan, peptida, dan serat di dalamnya dapat memengaruhi tekanan darah agar tetap stabil.

9 dari 13 halaman

Apakah Benar Timun Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Timun rebus merupakan sumber potasium yang efektif membantu menurunkan tekanan darah.

10 dari 13 halaman

Apakah Buah Nanas Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Nanas dan madu secara empiris dan ilmiah dapat berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.

11 dari 13 halaman

Apakah Jahe Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Salah satu bahan herbal yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah jahe. Tanaman ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi yang sehat.

12 dari 13 halaman

Berapa Butir Bawang Putih untuk Menurunkan Darah Tinggi?

Selenium yang terkandung dalam bawang putih berperan dalam antioksidan yang sangat penting bagi tubuh dan kesehatan. Penelitian menunjukkan mengonsumsi sekitar 130gr bawang putih per bulan atau sekitar 1-2 siung bawang putih per hari dapat menurunkan tekanan darah.

13 dari 13 halaman

Bagaimana Posisi Tidur saat Darah Tinggi?

Untuk mengatasi hipertensi dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup dan konsumsi antihipertensi. Mengenai posisi tidur yang baik pada penderita hipertensi yaitu posisi tidur miring ke kiri. Selain itu sebaiknya menggunakan alas tidur yang nyaman dan bantal yang nyaman untuk kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini