Sukses

Profil dan Agama Arda Guler, ‘Messi’ dari Turki yang Kini Bergabung dengan Real Madrid

Bergabung dengan Real Madrid, klub sepak bola Spanyol, adalah langkah resmi yang diambil oleh Arda Guler. Potensi besar dari pemain muda Turki tersebut telah memikat banyak pihak, termasuk pesaing klub seperti Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta Arda Guler baru-baru ini resmi menjadi bagian dari skuad sepak bola Real Madrid, sebuah klub yang berbasis di Spanyol. Keberadaannya di lapangan sepak bola diprediksi akan bersinar di masa depan.

Meskipun usianya masih muda, Arda Guler telah menarik perhatian beberapa klub besar, termasuk Barcelona, yang merupakan rival Real Madrid. Gaya permainannya juga memperoleh julukan "Messi dari Turki" karena kemiripannya dengan gaya permainan Messi saat awal karirnya di Barcelona.

Informasi lengkap tentang Arda Guler, termasuk profil dan keyakinannya, telah dirangkum pada hari Selasa (12/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Profil dan Biodata Arda Guler

Nama Lengkap: Arda Guler

Tempat Lahir: Altındağ, Ankara, Turki

Tanggal Lahir: 25 Februari 2005

Umur: 19 tahun 

Agama: Islam

Pekerjaan: Pemain Sepakbola

Posisi: Gelandang Penyerang

Akun IG: @ardaguler

3 dari 9 halaman

Agama Arda Guler

Arda Guler dikenal sebagai penganut Islam, sebagaimana mayoritas masyarakat Turki yang memeluk agama Islam.

4 dari 9 halaman

Perjalanan Karir Arda Guler

Arda memulai karirnya di Gençlerbirliği pada periode 2014-2019 sebelum bergabung dengan Fenerbahçe dari 2019 hingga 2021.

Setelah menandatangani kontrak pada bulan Januari 2021, Arda memasuki tahap senior di Fenerbahçe.

Debutnya sebagai pemain senior terjadi ketika dia masuk sebagai pengganti dalam pertandingan play-off Liga Eropa UEFA 2021–2022 melawan HJK dari Finlandia.

Pada saat itu, umpan yang diberikan oleh Arda menghasilkan gol, memberikan keunggulan 1-0 bagi Fenerbahçe.

Dia mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol termuda di klubnya dalam liga sepak bola Turki, mencapai pencapaian ini pada usia di bawah 17 tahun.

5 dari 9 halaman

Menerima Tawaran dari Real Madrid

Perhatian klub besar tertuju pada kemampuan Arda, termasuk Liverpool, Bayern Munich, Borussia Dortmund, Barcelona, dan Paris Saint-Germain.

Namun, atas saran Mesut Ozil, Arda akhirnya menerima tawaran Real Madrid.

Pada 6 Juli 2023, Real Madrid secara resmi mendapatkan Arda Guler dari Fenerbahçe dengan total biaya transfer mencapai €20 juta.

6 dari 9 halaman

Dijuluki Messi dari Turki

Arda Guler merupakan pemain sepak bola kidal yang umumnya berperan sebagai sayap kanan. Dia kerap mengalihkan peran ke tengah lapangan dan menendang menggunakan kaki kiri. Gaya permainannya terlihat seperti Messi di masa awalnya bersama Barcelona.

Keahliannya dalam dribble dan mengelabui lawan dengan mengontrol bola secara dekat, terutama dengan kaki kiri, telah menjadikannya dikenal sebagai 'Messi Turki'.

7 dari 9 halaman

Arda Guler Umur Berapa?

19 tahun (25 Februari 2005)

8 dari 9 halaman

Siapa Idola Arda Guler?

Ketika Arda Guler memperkenalkan dirinya sebagai anggota baru tim El Real, dia ditanya tentang pemain sepak bola yang dia kagumi. Guler menyebut Cristiano Ronaldo, Zidane, Guti, dan Özil sebagai inspirasinya. Dia berharap bisa menjadi legenda bagi klub tersebut.

9 dari 9 halaman

Dari Mana Arda Guler Berasal?

Arda Guler, pemain muda dari Turki, telah menunjukkan bakatnya di level internasional. Dia memulai karirnya dengan bermain untuk Turki U-21 sebelum akhirnya membuat debutnya bersama tim nasional senior Turki pada 19 November 2022. Debutnya itu terjadi dalam kemenangan 2-1 saat melawan Ceko dalam pertandingan persahabatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.