Sukses

Fakta Menarik Tentang Via Vallen, Penyanyi Dangdut Cantik yang Ternyata Pernah Alami Depresi dan Ingin Bunuh Diri

Saat ini, karya dan lagu-lagu Dangdut Via Vallen semakin digemari oleh masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Via Vallen adalah seorang penyanyi dangdut yang cantik asal Sidoarjo, Jawa Timur. Popularitasnya meroket berkat lagu "Sayang" yang sempat viral, menjadikannya salah satu artis terkemuka saat ini. Namun, perjalanan menuju ketenaran tidaklah mudah dan penuh cobaan bagi Maulidia Octavia, nama aslinya.

Ia telah menghabiskan waktu bertahun-tahun membangun karir sebagai penyanyi dangdut di Surabaya, Jawa Timur, kota kelahirannya. Komentar negatif dari pengguna internet pernah menyakiti hatinya, bahkan tak terduga bahwa Via Vallen juga mengalami depresi yang cukup serius, sampai-sampai ia sempat memiliki niat untuk bunuh diri.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Via Vallen, yang lahir pada tanggal 1 Oktober 1990. Dirangkum dari berbagai sumber Selasa (12/03/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 16 halaman

Seorang Anak dari Seorang Penyanyi Jalanan.

Via Vallen merupakan anak sulung dari pasangan Mohammad Arifin dan Rosida. Ayahnya adalah seorang musisi dangdut yang sering tampil di daerah tempat tinggal mereka. Sejak masih SD, Via sering menemani ayahnya saat bekerja di berbagai acara hajatan. Ayahnya secara penuh membimbing Via untuk mengembangkan bakatnya dalam bernyanyi dangdut, bahkan Via pernah menjadi anggota dari grup Orkes Melayu di kampungnya.

3 dari 16 halaman

Pernah Merasakan Depresi

Sejak dikenal sebagai penyanyi dangdut, Via Vallen telah mengalami gangguan dari komentar-komentar jahat netizen. Terlepas dari karya-karya yang dihasilkan, Via Vallen selalu menjadi target bulanan dari netizen di dunia maya. Dia meminta manajemennya untuk menolak tawaran tampil di televisi karena tak ingin kembali menjadi objek hujatan di dunia maya.

Namun, di balik semua itu, Via sebenarnya selalu ingin menjaga karier karena keluarganya sangat bergantung pada pendapatan sebagai seorang penyanyi.

4 dari 16 halaman

Sempat Kepikiran Untuk Bunuh Diri

!Pikiran untuk mengakhiri hidup juga sempat muncul dalam pikiran Via Vallen karena sering diserang dan dilecehkan oleh pengguna internet di dunia maya. Selama ini, Via Vallen mengaku bahwa ia tidak pernah membagikan masalahnya kepada keluarganya karena tak ingin membuat orang tuanya cemas.

Oleh karena itu, ia selalu menahan semua masalahnya sendiri hingga pada titik di mana ia merasa ingin mengakhiri hidupnya.

5 dari 16 halaman

Suka Menyimpan Masalah Sendiri

Via Vallen mengakui bahwa dia memiliki kebiasaan buruk menyimpan masalahnya sendiri tanpa membagikannya kepada orang-orang terdekat. Kebiasaan itu malah membuat pikirannya semakin terbebani sehingga pada akhirnya dia merasa ingin mengakhiri hidupnya.

Namun, Via Vallen kemudian bangkit dari masa-masa sulit tersebut dan mulai mengabaikan komentar negatif dari pengguna internet. Dia juga mulai menikmati berjalan-jalan sebagai cara untuk menghilangkan stres dari masalah-masalah dalam hidupnya. Ternyata, cara tersebut sangat efektif membuat Via Vallen merasa lebih baik hingga sekarang.

6 dari 16 halaman

Anak Pertama dari Lima bersaudara

Via Vallen adalah anak sulung dari lima bersaudara. Dia memiliki dua adik perempuan dan dua adik laki-laki. Mereka adalah Mella Rossa, Rafi Pratama, Vinda Alfinna, dan Alvin Saputra. Di platform media sosial, Via sering menunjukkan ikatan emosional dan keakraban dengan adik-adiknya dalam berbagai kesempatan.

7 dari 16 halaman

Berhubungan Erat dengan Nenek

Sejak kecil hingga usia 6 tahun, Via dirawat dengan sangat dekat oleh neneknya. Hubungan mereka begitu erat sehingga ketika sang nenek sakit parah, Via menunggu sampai dia datang. Akhirnya, ketika Via tiba, sang nenek berpulang dengan tenang.

8 dari 16 halaman

Menikah dengan Chevra Yolandi.

Pada tanggal 15 Juli 2022, Via Vallen menikah dengan Chevra Yolandi, pria yang dipilihnya sebagai pasangan hidup. Sebelumnya, Chevra adalah vokalis dari band lokal, Papinka. Mereka mulai berpacaran pada tahun 2021 dan memutuskan untuk menikah pada tahun berikutnya setelah Chevra melamar Via. Pernikahan mereka berjalan dengan harmonis dan tetap romantis.  

9 dari 16 halaman

Gagal dalam Audisi Indonesian Idol

Via telah beberapa kali mengikuti audisi menyanyi di Indonesian Idol. Namun, beberapa kali ia terhalang oleh ujian sekolah yang bertepatan dengan jadwal audisi. Akhirnya, ia berhasil tampil di panggung Indonesian Idol, bukan sebagai finalis, melainkan sebagai bintang tamu yang menghibur acara.

10 dari 16 halaman

Pendukung Manchester United Football Club

Rupanya, Via Vallen menyukai sepak bola. Dia sangat menyukai salah satu klub besar, yaitu Manchester United. Dulu, kamar Via pernah dihias dengan berbagai aksesori yang berkaitan dengan MU, seperti kasur, selimut, dan sprei.

11 dari 16 halaman

Penyanyi di Asian Games 2018.

Erick Thohir, yang menjabat sebagai Ketua Pelaksana Asian Games 2018, menjelaskan alasan di balik pemilihan Via Vallen sebagai salah satu penyanyi Theme Song Resmi Asian Games 2018. Ia mengungkapkan bahwa keputusan tersebut didasarkan pada analisis statistik dan pertimbangan bahwa Via Vallen merupakan penyanyi yang sedang populer.

12 dari 16 halaman

Dengan siapa Via Vallen menikah?

Artis Via Vallen dan Chevra Yolandi mengadakan pernikahan pada 15 Juli 2022.

13 dari 16 halaman

Mengapa Via Vallen terkenal?

Maulidia Octavia, yang lebih dikenal dengan nama panggung Via Vallen (lahir di Surabaya, 1 Oktober 1991; berusia 29 tahun), adalah seorang penyanyi dangdut dan koplo asal Indonesia. Via telah memulai karier bernyanyinya sejak usia 15 tahun.

14 dari 16 halaman

Dari suku mana asal Via Vallen?

Via adalah keturunan Jawa dari ayahnya dan Sunda-Aceh dari ibunya.

15 dari 16 halaman

Apakah pekerjaan suami Via Vallen saat ini?

Chevra mengelola saluran YouTube yang bernama Pak Geng Official.

16 dari 16 halaman

Siapa Chevra Yolandi?

Chevra Yolandi adalah seorang pria yang berasal dari Bangka Belitung, lahir pada tanggal 6 Mei 1988. Dia adalah suami dari Via Vallen dan juga seorang anak band.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.