Sukses

Top 3: Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi 2024

Artikel tentang 20 ucapan Hari Raya Nyepi 2024, penuh doa dan makna menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Senin (11/3/2024), umat Hindu memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Hari Raya Nyepi memang menjadi momen yang paling dinantikan oleh masyarakat yang memperingatinya untuk merenungkan diri agar mengembalikan jiwa yang bersih dan suci.

Biasanya pada perayaan Hari Raya Nyepi umat Hindu akan berdoa dan berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas lain.

Namun, tak lengkap rasanya jika tak mempersiapkan ucapan Hari Nyepi untuk diberikan kepada sanak saudara dan kerabat. Ya, tentu banyak dari Anda yang tak berkesempatan bertemu semua kerabat dan teman yang merayakan Nyepi secara langsung.

Oleh karena itu, Anda bisa mengirimkan ucapan Hari Nyepi melalui pesan singkat. 

Artikel tentang 20 ucapan Hari Raya Nyepi 2024, penuh doa dan makna menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 3 bacaan doa menyambut Ramadhan 2024, yuk amalkan.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang doa sahur yang dibaca Rasulullah SAW, lengkap dengan Arab, latin dan artinya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 20 Ucapan Hari Raya Nyepi 2024, Penuh Doa dan Makna

Berikut kumpulan ucapan Nyepi 2024 yang bisa kamu pilih untuk dikirim ke orang terkasih.

Ucapan Hari Nyepi 2024:

1. Saat jiwa kita dikendalikan hasrat kemauan hidup jauh dari kata ketenangan namun saat kesadaran berperan damai menaungi kehidupan. Itulah makna hening sepi, yang harus kita resapi ada saat nya kita harus berhenti sejenak dari biasa. Selamat membersihkan hati, semoga di Hari Nyepi yang suci kita nikmati kedamaian Hyang Widhi.

2. Selamat menyambut hari raya Nyepi caka 1946, dengan melakukan catur brata penyepian semoga selalu mendapatkan keselamatan.  

3. Hari Nyepi adalah hari yang suci, semoga kita semua lancar melaksanakan Catur Brata Nyepi. 

4. Untuk semua saudara saya dimanapun berada, mari kita sucikan pikiran, sambut hari raya Nyepi dengan sepenuh hati.

5. Selamat Hari Raya Nyepi semoga kita semua berada dalam lindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

6. Selamat Hari Nyepi 2024 dan tahun baru Saka 1946. Semoga hari sakral ini membawa Anda satu hari refleksi diri untuk hari esok yang lebih baik.

7. Dalam keheningan sepi, semoga kita dapat menemukan jati diri kita untuk dapat melangkah lebih baik dalam perjalanan hidup kita ke depan. Selamat menjalankan Catur Brata Penyepian. Tahun Baru Saka 1946.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 3 Bacaan Doa Menyambut Ramadhan 2024, Yuk Amalkan

Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan, hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Yaqut menyebut, berdasarkan hasil sidang isbat memang posisi hilal di sejumlah wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan tidak memenuhi Kriteria MABIMS, serta tidak ada laporan melihat hilal.

"Ini hasil sidang isbat yang baru kita laksanakan, dan tentu kita berharap dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh kekhusyukan," jelas dia.

Untuk menyambut bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan, salah satunya berdoa. Melansir dari NU Online, Senin (11/3/2022), semasa hidupnya, Rasulullah SAW sangat menunggu kedatangan Ramadhan dan mempersiapkan diri agar bisa maksimal beribadah di bulan Ramadhan. Beliau juga memunajatkan doa-doa tertentu dalam rangka menyambut Ramadhan.

Atas dasar itu, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadan.

Berikut bacaan doa menyambut Ramadhan yang dibaca Rasulullah:

Doa Nabi Muhammad SAW Saat Ramadan 

يستحب أن يدعو عند رؤية الهلال بما رواه طلحة بن عبيد الله رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا رأى الهلال قال اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh.

Artinya,

“Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika melihat hilal sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Rasulullah SAW saat melihat hilal membaca doa di atas.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah SAW, Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia. Di bulan yang suci ini, masyarakat muslim akan melakukan ibadah puasa Ramadan, menahan diri dari nafsu, makan, minum dan semua hal yang membatalkan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Dalam menyambut puasa Ramadan 2024, yang jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, masyarakat tampak begitu antusias. Saat menjalani puasa, tiap individu belajar untuk bisa lebih bersabar, berbagi dan menghargai orang lain. 

Sebelum menjalankan puasa Ramadan, penting untuk membaca niat puasa terlebih dahulu.

Melansir dari Nu Online, Senin (11/3/2024), Rasulullah SAW mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah, sebagaimana dalam keterangan hadist riwayat Ahmad berikut:  

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya,

"Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah sawbersabda, 'Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur." (HR. Ahmad)

Adapun doa sahur yang dibaca Rasulullah SAW. Umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ini saat menyantap sahur.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.