Sukses

Buah-buahan Segar yang Aman untuk Cegah Naiknya Asam Lambung, Gampang Ditemukan di Sekitar Rumah

Mengonsumsi buah-buahan bisa jadi solusi gaya hidup sehat bagi pengidap asam lambung. Yuk simak apa saja buah yang baik untuk cegah naiknya asam lambung!

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi suatu makanan bisa menjadi hal yang sangat tricky bagi penderita asam lambung. Bagaimana tidak, makanan adalah salah satu faktor yang paling sering menyebabkan asam lambung naik. 

Meskipun buah-buahan menjadi opsi makanan sehat bagi penderita asam lambung, nyatanya beberapa jenis buah tidak masih perlu dihindari. Contohnya, buah-buahan sitrus dengan kandungan asam yang tinggi seperti lemon serta jeruk. Ini karena buah-buahan asam seperti itu beresiko meningkatkan produksi asam lambung.

Meski demikian, masih banyak juga buah-buahan segar yang baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam lambung. Berikut ini 5 buah segar dan mudah dijumpai yang direkomendasikan baik untuk penderita asam lambung. Dirangkum dari beberapa sumber pada Jum’at (8/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Buah Semangka

Kadar air yang tinggi dalam buah semangka baik untuk menetralkan asam lambung, mengurangi gejala-gejala naiknya asam lambung, dan memenuhi cairan tubuh. Buah berwarna merah ini juga kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, semangka mengandung likopen yang berguna untuk mencegah rusaknya sel-sel tubuh.

3 dari 11 halaman

2. Buah Melon

Buah berwarna hijau yang juga tinggi kandungan air ini kaya akan magnesium yang bersifat basa sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam dalam lambung. Kandungan kalium dalam melon juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

4 dari 11 halaman

3. Buah Pisang

Pisang dikenal sebagai buah dengan kandungan serat dan pektin yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Buah rendah asam ini juga direkomendasikan untuk penderita asam lambung karena dapat meringankan gejala maag dan mengobati kerongkongan yang teriritasi akibat asam lambung yang naik.

5 dari 11 halaman

4. Buah Pepaya

Dilansir dari laman kontan.co.id, Kandungan vitamin C,A,K,E, folat, magnesium, tembaga, antioksidan, kalsium, potassium, likopen, dan lutein dalam pepaya inilah yang membantu menurunkan asam lambung.

Selain itu, enzim papain dalam pepaya membantu melancarkan pencernaan dan proses mengurai protein untuk dipecah menjadi asam amino.

6 dari 11 halaman

5. Buah Kelapa

Air kelapa berguna untuk sistem pencernaan sehingga baik dikonsumsi penderita GERD. Selain itu, air kelapa bisa mempertahankan suhu normal tubuh dan mengatasi peradangan pada lambung.

7 dari 11 halaman

Apa Pengganti Nasi untuk Penderita Asam Lambung?

Oatmeal, roti gandung, pisang, ubi jalar, dan kentang.

8 dari 11 halaman

Roti Apa yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung?

Roti gandum dianggap lebih aman bagi penderita asam lambung dibandingkan dengan roti putih, karena seratnya membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi kemungkinan terjadinya refluks asam.

9 dari 11 halaman

Apakah Buah Naga Baik untuk Penderita Asam Lambung?

Buah naga juga merupakan buah untuk asam lambung. Buah naga memiliki kandungan serat larut berupa lendir dan pektin dengan efek emolien, yang bisa membantu melindungi lambung dengan optimal. Kandungan buah naga inilah yang kemudian dapat mencegah terjadinya kadar asam lambung yang berlebihan.

10 dari 11 halaman

Rempah Rempah Apa yang Bisa Mengobati Asam Lambung?

“Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan asam lambung, contohnya seperti jahe, sereh, dan madu. Selain bahan alami, kamu juga bisa konsumsi obat-obatan seperti Sanmag Suspensi, Xepazym, dan Plantacid Forte Suspensi.”

11 dari 11 halaman

Asam Lambung Boleh Ngemil Apa?

Tak hanya buah, sayur juga dapat dijadikan sebagai camilan untuk penderita asam lambung. Sayur umumnya tinggi serat dan rendah kandungan lemak serta gula. Ada beragam jenis sayur yang dapat dijadikan sebagai camilan, seperti brokoli, asparagus, kentang, selada, wortel, bayam, dan mentimun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini