Sukses

Kurangi Konsumsi Obat, Begini Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Penyakit Akibat Asam Urat

Dari pada harus mengonsumsi obat-obatan kimia untuk sembuhkan asam urat, menerapkan gaya hidup sehat untuk pencegahan jauh lebih baik. Yuk simak penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pencegahan terhadap penyakit asam urat yang dapat dilakukan adalah dengan menghindari berbagai makanan penyebab asam urat itu sendiri. Umumnya seperti makanan-makanan tinggi kandungan purin. Purin yang dicerna oleh tubuh inilah yang kemudian menghasilkan residu serapan berupa asam urat.

Pada orang dengan kondisi metabolisme yang sehat, tubuh akan mampu dengan sendirinya mengeluarkan asam urat tersebut. Namun, berbeda kasus pada orang dengan metabolisme yang kurang baik, tubuh akan kesulitan memproses asam urat yang ada sehingga terjadi penumpukan asam urat dalam tubuh. 

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perlu sekali untuk menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut ini, dikutip dari beberapa sumber pada Jumat (8/3/2024), 5 gaya hidup sehat yang dapat dilakukan untuk cegah maupun memperbaiki kondisi asam urat dalam tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Cukupi Hidrasi Tubuh

Minum air mineral yang cukup dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Sehingga, metabolisme yang lancar ini akan membantu tubuh untuk mampu mengeluarkan kelebihan asam urat dalam darah melalui urine. 

Penting bagi orang-orang dengan aktivitas fisik yang padat dan sering berkeringat untuk memperhatikan takaran air yang diminum. Sehingga, metabolisme tetap baik dan tubuh tidak dehidrasi.

3 dari 11 halaman

2. Cukupi Kebutuhan Vitamin C

Dilansir dari situs halodoc.com, penelitian terbaru menyebutkan bahwa vitamin C dapat membantu membuang lebih banyak tumpukan asam urat melalui urine. Meski penelitian ini masih terbilang baru dan memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya mengonsumsi vitamin C guna membantu meningkatkan daya tahan tubuh juga.

4 dari 11 halaman

3. Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi dua gelas alkohol per hari akan meningkatkan 36 persen risiko terkena asam urat. Hal ini terjadi karena ketika seseorang mengonsumsi alkohol, tubuh akan lebih memilih mencerna dan mengeluarkan alkohol. Akibatnya, asam urat tidak terproses sehingga menumpuk dan membentuk kristal asam urat.

5 dari 11 halaman

4. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih membuat tubuh mengalami resistensi insulin, yaitu ketika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun atau lebih gampangnya tubuh jadi kebal terhadap insulin. Pada kondisi ini, pencernaan asam urat terhambat sehingga produksi asam urat jadi meningkat.

Karenanya, menurut informasi dari laman halodoc.com, penelitian menyebutkan bahwa menurunkan berat badan yang berlebih dengan menerapkan diet sehat mampu membantu mengurangi resistensi insulin sehingga kadar asam urat pun jadi lebih stabil.

6 dari 11 halaman

5. Olahraga Secara Teratur

Olahraga bisa dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyakit asam urat. Namun, bagi yang sudah terkena penyakit satu ini, olahraga tetap akan berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Ini karena dengan berolahraga, metabolisme akan jadi lebih lancar dan bonusnya bisa membantu menjaga berat badan ideal. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa berat badan ideal kadar asam urat juga bisa lebih terkendali.

7 dari 11 halaman

Langkah Pertama Mengatasi Asam Urat?

  • Konsumsi Obat Dokter.
  • Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C.
  • Perbanyak Minum Air Putih.
  • Hindari Makanan Tinggi Purin.
  • Olahraga Teratur.
  • Hindari Stres.
8 dari 11 halaman

Asam Urat Disebabkan oleh Apa?

Meningkatnya asam urat dalam darah dapat disebabkan oleh dua hal, pertama karena terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin, seperti kacang-kacangan dan jeruan ayam. Yang kedua menurunnya ekresi kadar asam urat akibat terganggunya fungsi ginjal.

9 dari 11 halaman

Asam Urat di Kaki Karena Apa?

Asam urat umumnya menimbulkan gejala rasa sakit di dekat jempol kaki. Penyebabnya sangatlah tidak jelas, bisa jadi dari makanan yang dikonsumsi, penyakit bawaan, atau metabolisme yang tidak seimbang. 

10 dari 11 halaman

Apa Akibat Asam Urat Tidak Diobati?

Jika asam urat dalam darah terlalu tinggi maka dapat menyebabkan tophi. Tophi merupakan kondisi atau upaya tubuh dalam mengurangi asam urat dalam darah dengan cara mendetoksi di daerah di bawah kulit atau di dalam kulit di sekitar sendi. Hal ini disebabkan karena di daerah itu merupakan daerah yang longgar.

11 dari 11 halaman

Apakah Asam Urat di Kaki Bisa Sembuh?

Sebetulnya, asam urat adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Meski begitu, mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dapat menurunkan asam urat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.