Sukses

Diet Ekstrem, 5 Idol Kpop Ini Rela Lakukan Hal Menakutkan Demi Turunkan Berat Badan

Diet merupakan hal yang lumrah di Korea Selatan, terutama bagi para idola Kpop. Tidak jarang mereka melakukan diet hingga pada tingkatan ekstrim demi bisa mengurangi berat badan secara cepat.

Liputan6.com, Jakarta Penampilan merupakan salah satu faktor utama yang harus dijaga bagi mereka yang bekerja di industri hiburan. Termasuk para idola Kpop, visual mereka dapat menjadi magnet tersendiri yang dapat menarik hati para penggemarnya.

Terlebih, Korea Selatan merupakan negara yang kultur masyarakatnya sangat mementingkan penampilan. Mereka digadang-gadang menjadi negara dengan standar kecantikan terketat. Salah satu syarat kecantikan yang berlaku yaitu memiliki tubuh yang ramping. 

Untuk bagian tubuh, seseorang harus memiliki tubuh yang ramping, garis bahu lurus, kaki panjang, serta tubuh berbentuk X dan S. Hal ini membuat Korea Selatan memiliki tingkat obesitas paling rendah di dunia. Setidaknya dilaporkan lebih dari 60 persen wanita dan 41 pria Korea sedang dalam program diet.

Oleh sebab itu, diet merupakan hal yang lumrah di Korea Selatan, terutama bagi para idola Kpop. Tidak jarang mereka melakukan diet hingga pada tingkatan ekstrim demi bisa mengurangi berat badan secara cepat.

Selain itu, standar kecantikan yang ingin dicapai oleh idola kpop juga sangatlah tinggi. Apabila tidak memenuhi standar tersebut, mereka bisa saja mendapatkan tekanan dari khalayak ramai. 

Dilansir dari Koreaboo, berikut 5 idola Kpop yang pernah melakukan diet yang sangat ekstrem. Diet ini mungkin mendatangkan banyak risiko bagi yang menjalaninya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Xiumin EXO

Kebanyakan orang mungkin berpikir diet umumnya hanya dijalankan oleh idola Kpop perempuan. Namun, tidak sedikit pula idola pria yang turut menjalankan diet, termasuk diet ekstrim. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Xiumin, member paling tua di grup vokal EXO.

Pria berusia 33 tahun itu pernah mendapatkan kritik kejam karena berat badannya sejak dia debut. Hal ini membangkitkan semangat Xiumin untuk melakukan diet yoyo. Diet ini memungkinkan seseorang dapat menurunkan atau menambah berat badan secara cepat dalam jangka waktu tertentu.

3 dari 6 halaman

2. TOP Bigbang

TOP Bigbang merupakan contoh lain dari idola Kpop yang memperjuangkan berat badannya. Berangkat dari tekanan YG Entertainment, agensi grup vokal Bigbang, TOP melakukan diet ekstrim saat dia sedang masa trainee. 

Pada saat itu, pria bernama asli Choi Seung Hyun ini memiliki berat badan yang lebih dari standar. Hal ini membuat agensinya berkata dia tidak dapat melanjutkan debut sebelum dia menurunkan berat badannya ke angka ideal yang sudah ditentukan.

Hal ini menyebabkan TOP memulai diet berbahaya dengan hanya mengkonsumsi jeli tanpa gula, air mineral, dan sesekali kacang merah sebagai camilan. Selain itu, dia juga melakukan olahraga berlebihan setiap hari.

Meskipun dengan cara ini dia berhasil mencapai berat badan idealnya, hal ini tentu saja bukan cara yang sehat. Apabila tidak memiliki metabolisme dan pertahanan diri yang baik, seseorang mungkin tidak bisa melakukan diet ini.

4 dari 6 halaman

3. Momo Twice

Sebelum debut, JYP Entertainment, agensi Twice, memberi tahu Momo untuk menurunkan berat badannya sebanyak hampir 7 kg dalam waktu seminggu. Untuk mencapai target itu, tidak ada cara diet sehat yang dapat mencapai angka tersebut dalam waktu seminggu. Mau tidak mau, diet ekstrim dan tidak sehat pun harus dilakukan.

Selama seminggu itu, Momo hanya mengkonsumsi es batu dan terus-menerus berada di gym. Dia bahkan menyatakan ketakutan saat itu serta mengalami dehidrasi parah. Selain itu, dia juga menjadi sulit tidur karena dihantui ketakutan bahwa dia tidak akan bangun.

Meskipun setelah diet ini telah selesai, Momo tetap tidak mencapai berat badan yang diinginkan. Dia pun diberikan waktu tambahan selama tiga hari untuk mencapai itu. Teman-teman grupnya sampai khawatir akan keadaan Momo karena dia terlihat sangat pucat.

Pada akhirnya, saat ini dia tidak perlu lagi merisaukan berat badannya. Momo terlihat sangat sehat dan bugar sehingga dapat memberikan penampilan yang memukau pada setiap performanya di panggung.

5 dari 6 halaman

4. Jimin BTS

Jimin memang bukan satu-satunya anggota BTS yang memperjuangkan berat badannya. Namun, sepertinya hanya Jimin yang melakukan diet paling ekstrim di antara seluruh anggota BTS.

Pada tahun 2018, Jimin diberitakan pernah kehilangan berat badannya karena olahraga berlebihan dan melakukan diet yang berbahaya. Hal ini terjadi selama era “Blood Sweat & Tears” dan Jimin bahkan hampir pingsan saat sedang latihan. Kejadian ini membuat anggota BTS lain sangat mengkhawatirkannya.

6 dari 6 halaman

5. IU

Cerita diet IU merupakan salah satu yang paling terkenal, karena banyak Youtuber maupun Influencer yang mencobanya. Motivasi awal IU untuk melakukan diet berbahaya ini bermula pada tahun 2008, masa debutnya, IU muncul dengan tubuh yang tidak sesuai standar kecantikan Korea Selatan

Hal ini pun mengundang perkataan tidak menyenangkan dari warga sana. Dia sering kali dipanggil “babi”, karena bentuk tubuhnya yang agak tambun seperti seekor babi.

Pada tahun 2013 di acara Night of TV Entertainment, IU membagikan pola makan yang dia terapkan selama menurunkan berat badan. Diet yang dinamainya “MyProAna” itu hanya mengizinkan untuk makan apel sebagai sarapan, satu atau dua uni sebagai makan siang, serta protein shake sebagai makan malamnya.

Meskipun terlihat lebih “bernutrisi” daripada diet artis lain yang disebutkan sebelumnya, diet ala IU ini dapat memberikan efek samping berupa lemas, rasa tidak enak badan, hingga pingsan. Untungnya, IU menyadari cara tersebut berbahaya sehingga dia menghentikan dietnya setelah beberapa waktu setelahnya.

Setelahnya, dia pun didampingi profesional untuk membantu menjaga pola makan yang sehat. Sehingga tubuhnya pun dapat ideal tanpa menggunakan cara-cara tidak sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kpop adalah kepanjangan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

    kpop

  • Jimin merupakan salah satu anggota grup BTS asal Korea Selatan. Dia didapuk menjadi vokalis dan penari.

    Jimin

  • IU adalah aktris dan penyanyi asal Korea Selatan yang memulai debutnya di tahun 2008.

    IU

  • Twice adalah K-Pop asal Korea Selatan yang beranggotakan 9 orang di bawah agensi JYP Entertainment.

    Twice

  • EXO adalah boyband papan atas asal Korea Selatan yang terbentuk dari tahun 2011
    EXO adalah boyband papan atas asal Korea Selatan yang terbentuk dari tahun 2011

    EXO

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.
    Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.

    BTS

  • Diet