Sukses

Sedih Brutal, Rekomendasi 11 Lagu Kpop Untuk Nemenin Masa Galau Kamu

Selain nuansa lagu yang menyenangkan dan energik, Kpop juga memiliki lagu sedih yang dapat menemani masa galau kamu. Simak rekomendasi lagu sedih Kpop berikut.

Liputan6.com, Jakarta Musik Kpop identik dengan suasana menyenangkan yang dapat menaikan suasana hati pendengarnya. Tidak hanya bernyanyi, lagu Kpop juga identik dengan koreografi para idol yang selalu memanjakan mata.

Mulai dari hook yang mudah diingat dan energik, musik video yang ceria dan berwarna, hingga koreografi yang menarik. Musik Kpop dapat menarik perhatian dunia dan membangun kumpulan penggemar yang kuat dan loyal.

Namun di luar itu, Kpop juga memiliki lagu-lagu sedih yang sangat nikmat. Mendengarkan lagu ballad Kpop seperti berada di sisi lain Kpop yang sangat berbeda dari biasanya. Dengan lirik yang menyentuh dan nada yang emosional, pendengar pasti dapat merasakan feeling yang disampaikan lewat lagu itu.

Berikut 11 lagu galau Kpop yang cocok menemani masa-masa galau kamu.

1. Beautiful Goodbye (Chen)

Tahun rilis: 2019

Beautiful Goodbye” menceritakan perasaan penuh emosi mengenai perpisahan. Seorang pria meminta kekasihnya untuk menunggu sampai ‘April’ untuk mengucapkan selamat tinggal, karena baginya dengan begitu kenangan terakhir mereka akan menjadi indah. Dentingan piano yang berpadu dengan suara lembut khas Chen EXO membuat lagu ini semakin syahdu.

Dengan lagu ini, Chen berhasil menempati peringkat utama di deretan tangga lagu di Korea. Hal ini berarti para EXO-L (sebutan penggemar EXO) menyambut debut solo Chen dengan meriah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. She’s In The Rain (The Roses)

Tahun rilis: 2018

Lagu ini bisa membuat siapa saja menyukainya dalam satu kali dengar karena memiliki nada yang sangat catchy. Seperti lagu galau bertema hujan lainnya, liriknya mencerminkan perasaan kesepian dan tidak dicintai. Selain itu, foto sampul lagu ini juga menekankan adanya nuansa suram lewat tone abu-abu yang digunakan The Roses. 

Lagu ini pernah menduduki peringkat 13 di chart World Digital Songs Sales Billboard selama kurang lebih seminggu. Rekor itu terjadi pada pertengahan Oktober 2018 silam.

3. Letting Go (Day6)

Tahun rilis: 2016

Letting Go” merupakan lagu yang bercerita tentang kesedihan yang mendalam. Liriknya berbicara tentang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya agar mereka bisa lebih bahagia. Lagu ini dibuat untuk para penggemarnya, terutama bagi mereka yang pernah mengalami rasa sedih atas hubungan dengan pasangan.

“Letting Go” merupakan salah satu lagu Day6 yang dimasukan ke dalam rekaman extended mereka yaitu Daydream. Rekaman tersebut kemudian berhasil menempati peringkat ke-4 tangga album mingguan dan peringkat ke-15 pada tangga album bulanan Gaon. Setelahnya, mereka mengeluarkan versi aransemen ulang lagu ini pada tahun 2017, satu tahun setelah perilisannya. 

3 dari 6 halaman

4. One Of These Nights (Red Velvet)

Tahun rilis: 2016

Lagu ini bercerita tentang dua orang yang berpisah, meskipun masih memiliki perasaan cinta yang kuat satu sama lain. “One Of These Nights” terinspirasi dari cerita rakyat Chilseok tentang dua orang bernama Jingnyeo dan Gyeonu. Perpaduan orkestra dan ketukan trao dalam lagu ini memberikan getaran yang menyentuh hati dan membangkitkan ingatan nostalgia.

Red Velvet pernah berada di peringkat 10 besar tangga lagu digital Gaon dan tangga lagu digital dunia AS Billboard melalui lagu ini.

5. Breathe (Lee Hi)

Tahun rilis: 2016

Breath” milih Lee Hi diiringi dengan alunan piano yang ringan, sehingga membangun suasana yang sangat emosional. Lagu ini pernah menduduki peringkat dua di Gaon Digital Chart, serta peringkat 22 di Billboard World Digital Song Chart pada Maret 2016.

Lirik dari “Breath” dapat membangkitkan sisi emosional, terutama perasaan empati. Lagu ini memiliki arti mendalam tentang pengalaman hidup. Oleh sebab itu, “Breath” sangat cocok untuk menemani perasaan sedih dan lelah atas banyaknya hal buruk yang datang. 

4 dari 6 halaman

6. Stuck In The Middle (Babymonster)

Tahun rilis: 2024

Sebagai rookie (sebutan untuk grup baru Kpop), Babymonster mengambil langkah berani dengan merilis lagu ballad ini sebagai single kedua mereka. Lagu hanya diiringi dengan instrumen piano, namun dapat menjadi sangat indah saat berpadu dengan vokal masing-masing member.

“Stuck In The Middle” menceritakan perasaan perempuan yang tidak mahir dalam percintaan, sehingga dia berada dalam posisi yang sulit dan membingungkan. Pada saat penayangan, musik video lagu ini dapat melampaui 10 juta kali tayang di Youtube dalam waktu kurang dari sehari. Selain itu, Babymonster juga dapat menduduki trending 1 di YouTube Indonesia karena lagu ini,

7. Missing You (BTOB)

Tahun rilis: 2017

Missing You” dari BTOB memiliki melodi sederhana yang dapat memberikan kesan kesepian yang mendalam, terlebih saat didengarkan pada malam yang sunyi. Bagian ballad dan rap dari lagu tersebut berpadu mulus dengan liriknya yang menunjukan perasaan rindu kepada seseorang yang disayangi.

Lagu ini pernah menduduki peringkat 14 Billboard US World Albums Chart, serta memenangkan “Ballad Award” di Korea Popular Music Awards pada tahun 2018. Selain itu, Mnet Asian Music Awards dan Genie Music Awards juga memberikan lagu ini nominasi untuk kategori “Song of the Year”.

5 dari 6 halaman

8. Miracle In December (EXO)

Tahun rilis: 2013

Miracle In December” oleh EXO merupakan lagu ballad yang tidak pernah gagal untuk membuat pendengarnya merasa sedih. Piano dan string dalam lagu ini memberikan sisi emosional. Terlebih perpaduan vokal yang kuat dan harmonis oleh para vokalis utama EXO, Baekhyun, Chen, dan D.O., membuat lagu ini semakin indah.

Lagu ini bercerita tentang seorang pria yang kembali teringat hubungannya dengan seorang wanita. Kemudian timbul perasaan dalam dirinya untuk kembali mengulang kisah mereka sambil diliputi perasaan menyesal. “Miracle In December” pernah menduduki peringkat ketiga di Gaon Digital Chart dan peringkat tiga juga di Billboard’s K-pop tangga lagu 100 teratas.

9. Fine (Taeyeon)

Tahun rilis: 2017

Salah satu lagu pasca putus cinta terbaik yaitu “Fine” oleh Taeyeon. Lagu ini memiliki musik gabungan pop dan alternatif yang dapat menarik sisi emosional pendengarnya. Lirik lagunya bercerita tentang seseorang yang berpura-pura terlihat baik setelah putus, namun sebenarnya hatinya sangat terkoyak.

Single ini pernah menduduki puncak Gaon Digital Chart selama seminggu dan menerima beberapa penghargaan serta nominasi sejak perilisannya pada 2017 silam.

6 dari 6 halaman

10. Through The Night (IU)

Tahun rilis: 2017

Through The Night” merupakan salah satu lagu populer dari IU. Diketahui, IU menuliskan lagu ini pada malam hari saat dirinya tidak bisa tidur karena memikirkan orang yang dicintainya. Lirik yang indah berpadu dengan suara IU yang lembut, semakin menambah kekhidmatan lagu ini.

Lagu ini pernah menduduki puncak tangga lagu mingguan iChart, serta menempati peringkat satu pada tangga lagu harian di delapan chart musik utama Korea Selatan.

 

11. To My Youth (BOL4)

Tahun rilis: 2017

Dari judulnya, sudah terbayang bahwa lagu ini ditujukan untuk seseorang yang telah tumbuh dewasa. Kehidupan dewasa sangatlah berbeda daripada masa anak-anak karena sering kali kehilangan rasa cinta serta diabaikan oleh orang-orang sekitarnya. Terlebih, pada masa pubertas yang sering kali membuat seseorang menjadi hilang arah untuk menemukan jati diri sesungguhnya.

Syukurnya, BOL4 menyanyikan “To My Youth” dengan perasaan yang menenangkan, seakan ingin memberi harapan bahwa hari esok masih ada bagi siapa saja. Lagu ini menjadi bagian dari album Red Diary Page 1 yang pernah menduduki peringkat ketiga di Gaon Digital Chart Music.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.