Sukses

Film Superman Terbaru James Gunn Sudah Mulai Syuting Pertama, Ini Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui

CEO DC Studios terbaru yaitu James Gunn dan Peter Safran memetakan rencana baru untuk DC Cinematic Universe yang merombak ulang semuanya, tidak mengherankan bahwa versi baru Superman menjadi salah satu bagian dari rencana itu.

Liputan6.com, Jakarta Kemungkinan, ketika Anda berfikir tentang superhero, nama pertama yang muncul di kepala Anda pasti adalah Superman, memanglah ia merupakan salah satu superhero teratas dari DC Comics.

Kisah pelindung Metropolis dengan logo “S” di kostumnya yang ikonik dari planet Krypton ini secara universal dikenal oleh penggemar komik superhero baik hardcore maupun kasual, dan salah satu alasan kuat mengapa popularitasnya sangat tinggi bisa dikaitkan dengan film layar lebarnya yang telah beberapa kali di Reboot (dibuat ulang).

Mari kita ambil contoh Superman yang diperankan oleh Henry Cavill yang lebih “membumi” dan memberikan beberapa aksi yang memukau secara visual. Namun, kritikus film merasa bahwa nada melodramatis dari film ini kehilangan titik karakter ‘Superman’ yang sebenarnya dan mereka mencap Superman ini hanyalah mengedepankan aksi yang menimbulkan kehancuran besar saja, tidak sebagai ‘Superhero’ yang senantiasa membantu orang-orang. Superman dalam DC Extended Universe ini ada di dalam film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) dan Justice League (2017).

Sekarang, dengan CEO DC Studios terbaru yaitu James Gunn dan Peter Safran memetakan rencana baru untuk DC Cinematic Universe (DCU) yang dirombak ulang semuanya, tidak mengherankan bahwa versi baru Superman menjadi salah satu bagian dari rencana itu. Film ini akan mewakili awal dari generasi baru DC film.

Fase universe terbaru DC yang pertama ini James Gunn memberikan nama "Dewa dan Monster". Dengan film yang sekarang dalam pra-produksi, saatnya untuk mencari tahu seperti apa petualangan Superman selanjutnya.

Melansir dari Collider.com, Rabu (06/03/2024) sang Man of Steel telah melarikan diri dari Fortress of Solitude di Superman yang akan datang. James Gunn, Bos DC Studios dan sutradara dari film tersebut, mengungkapkan pada hari ini bahwa adegan pertama untuk Superman telah diambil di lokasi Svalbard, Norwegia saat berbicara dengan outlet Norwegia, Svalbardposten (melalui Deadline).

Adegan itu difilmkan minggu lalu di Adventdalen, sebuah lembah terbuka besar di Svalbard yang membentang dari bagian terdalam Adventfjord tenggara dan timur sepanjang 30 kilometer.

"Kami telah mengambil adegan pertama Superman [di Svalbard], yang menunjukkan Superman melarikan diri ke Fortress of Solitude. Kami menginginkan tempat yang indah dan terasa seperti berada di tengah Artik, jadi kami melihat beberapa tempat di dunia. Tapi ada banyak hal yang dijual dalam Svalbard untuk kami tak memilih tempat lain. Pertama, ada keindahan alamnya. Tetapi ada juga fakta bahwa Anda akan menemukan lanskap yang bervariasi di sini yang tidak akan Anda dapat temukan di tempat lain. Alam terbuka tentunya memberikan perasaan khusus," ucap James Gunn.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapankah film Superman terbaru ini akan dirilis?

Dikonfirmasi dalam pengumuman yang dilontarkan oleh James Gunn bahwa Superman yang terbaru dan serba berbeda akan terbang ke bioskop untuk meluncur pada hari Jumat, 11 Juli 2025. Itu hanya satu minggu setelah 4 Juli alias hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS), yang tampaknya cocok untuk seorang pahlawan yang motonya secara historis adalah "Kebenaran, Keadilan, dan Cara Amerika”.

Meskipun ada keraguan tentang mengapa film tersebut tidak diluncurkan pada hari kemerdekaan AS, James Gunn telah mengkonfirmasi bahwa tanggal perilisan film Superman terbaru ini sudah sesuai jadwal dan tidak bisa diganggu gugat.

Juga telah diumumkan bahwa film ini akan mulai syuting pada Maret 2024 di Atlanta, Georgia, jadi harap detail lebih lanjut akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Dalam pengumuman perilisan di atas, James Gunn juga menjelaskan secara eksplisit bahwa Superman sedang direncanakan akan rilis di bioskop. Meskipun jelas masih terlalu dini untuk memprediksi rencana akan menayangkan dalam platform streaming, tetapi kita dapat dengan nyaman menebak bahwa film debut DCU terbaru ini akan mengikuti dengan film-film DC terdahulunya yang akan menyusul ditayangkan pada platform streaming HBO Max beberapa saat setelah pemutaran di bioskop.

3 dari 3 halaman

Siapakah para aktor yang akan bermain dalam film Superman terbaru ini?

Ini adalah pertanyaan besar, dan pada tanggal 27 Juni, diumumkan bahwa David Corenswet dan Rachel Brosnahan masing-masing akan memerankan Superman dan Lois Lane dilansir dari Collider.com

Adanya fakta bahwa aktor yang akan memerankan Superman terbaru ini diganti menyebabkan sedikit perpecahan di antara basis penggemar karena betapa ikoniknya Henry Cavill dalam memerankan tokoh tersebut. Meskipun membuat penampilan kejutan di film Black Adam (2022), pengumuman kembalinya Cavill sebagai Superman ternyata tidak terwujud, dan Gunn mengatakan bahwa Cavill tidak dipecat, dia hanya tidak diundang untuk memerankan Superman terbarunya itu.

Beberapa waktu yang lalu ada kabar bahwa Nicholas Hoult juga berpotensi menjadi antagonis Superman yaitu Lex Luthor, yang kemudian terbukti benar dengan aktor tersebut dikonfirmasi untuk memainkan sang miliader yang jahat.

Seperti yang disebutkan di atas, film Superman juga akan menampilkan Angela Spica alias The Engineer sebagai antagonis tambahan, karakter ini akan diperankan oleh María Gabriela de Faría.

Sejumlah aktor menarik lainnya juga telah ditambahkan ke proyek ini, yang paling signifikan adalah Nathan Fillion sebagai Guy Gardner alias Green Lantern. Green Lantern bukan satu-satunya pahlawan klasik yang ditambahkan ke casting film ini, Isabela Merced dan Edi Gathegi juga masing-masing memerankan Hawkgirl dan Mr. Terrific.

Aktor lainnya yang dimasukkan ke dalam film Superman lainnya adalah Skyler Gisondo sebagai karyawan muda Daily Planet yaitu Jimmy Olsen, juga ia adalah rekan kerja dari Clark dan Lois, Sara Sampaio sebagai tangan kanan Lex Luthor yaitu Eve Teschmacher, Terence Rosemore sebagai salah satu antek Luthor dan Wendell Pierce sebagai pemimpin redaksi Daily Planet, Perry White.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.