Sukses

Sering Dibuang-buang, Ini Ternyata Khasiat Rebusan Daun Alpukat Cegah Darah Tinggi sampai Kolesterol

Pecinta alpukat wajib tahu bahwa ternyata selain daging buahnya yang bisa dikonsumsi, daun alpukat juga berkhasiat untuk atasi berbagai masalah kesehatan. Ini dia penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Buah alpukat agaknya memang banyak digemari oleh masyarakat. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang gurih membuat buah ini sering dikreasikan menjadi berbagai olahan seperti jus, alpukat kocok, salad, dsb. 

Selama ini, bagian dari alpukat yang juga banyak dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan adalah bijinya. Biasanya, biji buah berwarna hijau ini sering dikonsumsi untuk membantu melancarkan haid. 

Namun, ternyata selain bagian buah alpukat, daunnya juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut 5 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi daun alpukat, dilansir dari beberapa sumber pada Selasa (5/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Baik untuk Atasi Masalah Lambung

Dikutip dari viva.co.id, daun alpukat memiliki senyawa tannin dimana senyawa ini berguna sebagai antiradang dan antidiare. Maka, konsumsi daun alpukat dapat membantu mengurangi permasalahan radang saluran pencernaan. Cara mengonsumsinya sendiri bisa sesimpel direbus dan diminum air rebusannya.

3 dari 11 halaman

2. Baik untuk Radang Sendi

Selain untuk saluran pencernaan, sifat antiradang dari senyawa tannin tadi juga dapat berkontribusi mengatasi radang pada persendian. Selain itu, mengonsumsi air rebusan daun alpukat secara rutin akan membantu meminimalisir gejala radang sendi serta meningkatkan kualitas hidup penderita arthritis maupun kondisi peradangan lainnya.

4 dari 11 halaman

3. Berkhasiat untuk Atasi Kolesterol Tinggi

Diketahui bahwa kandungan antioksidan dalam daun alpukat berkhasiat menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) tubuh. Oleh karena itu, konsumsi daun alpukat secara rutin dan teratur bisa membantu menghindarkan dari risiko berbagai penyakit yang bisa timbul akibat kolesterol tinggi seperti jantung, stroke, dsb.

5 dari 11 halaman

4. Baik untuk Diabetes

Menurut informasi dari viva.co.id, beberapa studi tentang ekstrak daun alpukat menunjukkan bahwa daun alpukat efektif menurunkan kadar glukosa dalam darah. Oleh karena itu, dianjurkan untuk rutin dan teratur mengonsumsi daun alpukat baik dalam bentuk air rebusan maupun ekstraknya untuk membantu mengendalikan gula darah bagi pasien diabetes. 

6 dari 11 halaman

5. Baik untuk Tekanan Darah Tinggi

Selain mengandung senyawa tannin dan antioksidan, di dalam daun alpukat juga ditemukan senyawa flavonoid. Senyawa ini berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Untuk itu, bagi penderita hipertensi, mengonsumsi daun alpukat bisa menjadi solusi alami pengganti obat.

7 dari 11 halaman

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Alpukat?

Senyawa fitokimia pada daun alpukat berfungsi memberi efek ketenangan dan relaksasi pada pikiran dan bagian tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi daun alpukat bisa membantu meredakan nyeri otot dan gejala asma.

8 dari 11 halaman

Kapan Sebaiknya Minum Rebusan Daun Alpukat?

Rebusan atau ekstrak daun alpukat dikonsumsi dua kali sehari (pagi dan sore hari) sebanyak 1 gelas rebusan sekali minum.

9 dari 11 halaman

Bagaimana Cara Merebus Daun Alpukat untuk Kolesterol?

Cuci 4-5 lembar daun alpukat (bisa disesuaikan). Rebus dengan satu setengah sampai dua gelas air selama 10 menit atau sampai air berkurang setengahnya. Setelah air berkurang, angkat dan saring air rebusan ke dalam gelas. Diamkan hingga hangat atau dingin, dan teh daun alpukat pun siap untuk dikonsumsi.

10 dari 11 halaman

Berapa Lembar Daun Alpukat untuk Tekanan Darah Tinggi?

Penggunaan daun alpukat untuk hipertensi dengan cara direbus, dengan membuat rebusan sebanyak 5 lembar (25 gr) daun alpukat setengah tua berwarna hijau mengkilat yang sudah dikeringkan. Direbus dengan 3 gelas air hingga air menjadi ± 2 gelas.

11 dari 11 halaman

Air Rebusan Apa yang Bisa Menurunkan Kolesterol dengan Cepat?

Salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol karena memiliki senyawa gingerol. Sebuah studi mengungkapkan, mengonsumsi jahe sebanyak 2-6 gram per hari dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.