Sukses

Rasanya Memang Pahit, tapi Daun Pepaya Dipercaya Efektif Tangkal Gula Darah

Rasa pahit daun pepaya membuat sayur yang satu ini jarang diminati. Namun, siapa sangka bahwa daun pepaya bermanfaat untuk menangkal naiknya gula darah. Begini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Sejak lama, daun pepaya sudah dikenal dan dimanfaatkan dalam berbagai pengobatan tradisional Meksiko untuk terapi pasien diabetes. Namun, masih sedikit yang mengetahui bahwa daun pepaya memiliki beragam khasiat yang ampuh untuk kesehatan.

Daun pepaya sendiri memang kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B, Vitamin E, vitamin K, magnesium, kalsium, natrium dan zat besi. Dilansir dari Tribun Health, berbagai kandungan tersebut cukup efektif mengontrol kadar gula dalam darah. 

Berikut penjelasan tentang berbagai manfaat daun pepaya untuk mengendalikan gula darah, dirangkum dari beberapa sumber pada Kamis (29/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Memiliki Efek Hipoglikemik

Sejumlah studi pada hewan serta uji in vitro menunjukkan bahwa ekstrak pepaya daun mampu menghasilkan dampak hipoglikemik, yang bermanfaat dalam menurunkan tingkat glukosa dalam darah. Kemungkinan hal ini disebabkan oleh keberadaan senyawa seperti flavonoid, polifenol, dan enzim papain dalam daun pepaya.

3 dari 11 halaman

Memiliki Efek Anti Inflamasi

Kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang terdapat dalam daun pepaya, seperti vitamin C dan beta-karoten, memiliki potensi untuk mengurangi peradangan serta mengatasi stres oksidatif yang berdampak pada resistensi insulin.

4 dari 11 halaman

Memperkuat Sensitivitas Insulin

Hasil dari beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi daun pepaya dapat meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, yang membantu penggunaan insulin menjadi lebih efektif. Tingkat sensitivitas insulin yang lebih baik berpotensi untuk mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah.

5 dari 11 halaman

Menurunkan Potensi Komplikasi Diabetes

Sejumlah penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat mengurangi risiko komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf (neuropati) dan kerusakan ginjal.

Walaupun temuan dari penelitian ini menjanjikan, perlu diketahui bahwa dampak daun pepaya terhadap diabetes masih perlu diperiksa lebih lanjut melalui penelitian klinis pada manusia.

Menjalankan gaya hidup sehat seperti pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres juga merupakan aspek penting dalam mengatasi diabetes.

6 dari 11 halaman

Melindungi Pankreas

Sejumlah studi praklinis menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya bisa melindungi sel-sel pankreas yang bertanggung jawab atas produksi insulin. Dengan demikian, ekstrak tersebut bisa mendukung kelangsungan fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin.

7 dari 11 halaman

Berapa Kali Sehari Minum Air Rebusan Daun Pepaya?

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Untuk hasil yang cepat, minumlah 20-25 ml jus daunnya selama dua kali sehari selama seminggu.

8 dari 11 halaman

Apakah Daun Pepaya Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Dilansir dari Kompas.com (8/3/2021), efek samping daun pepaya selanjutnya adalah potensi merusak saluran pencernaan. Bahaya ini dapat terjadi jika mengonsumsi daun Carica papaya dalam jumlah banyak.

9 dari 11 halaman

Apakah Daun Pepaya Baik untuk Ginjal?

Selain untuk mencegah resiko kanker, daun pepaya juga dapat mengobati penyakit batu ginjal.

10 dari 11 halaman

Batang Pepaya untuk Obat Apa?

Manfaat dari batang pepaya adalah untuk mendukung metabolisme tubuh, hal ini dikarenakan batang pepaya mengandung protein yang mampu meningkatkan penyerapan nutrisi dan melancarkan penyerapan sehingga metabolisme menjadi lebih lancar sehingga akan lebih tahan terhadap penyakit.

11 dari 11 halaman

Bunga Pepaya untuk Obat Apa?

Manfaat bunga pepaya yang juga tak kalah penting adalah mengontrol tekanan darah. Manfaat ini berkat kandungan flavonoid di dalamnya yang memiliki efek antioksidan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini