Sukses

Bakal Angkat Kegilaan Joker dan Pasangan, Anggaran Sekuel Membengkak Dua Kali Lipat

Film sequel dari Joker (2019) oleh Todd Phillips yaitu “Joker: Folie à Deux”, yang akan tayang beberapa bulan lagi dikabarkan mengeluarkan anggaran yang sangat besar dalam pembuatan filmnya.

Liputan6.com, Jakarta Penampilan Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck alias The Joker pada film pertamanya meraih pujian luas dan dianggap sebagai salah satu penafsiran terbaik dari karakter Joker dalam sejarah perfilman. Arthur Fleck adalah seorang pria yang hidup dalam kondisi sulit di Kota Gotham yang kumuh dan korup.

Dia bekerja sebagai badut panggung yang bermimpi menjadi seorang komedian terkenal, tetapi hidupnya dipenuhi dengan kesulitan. Fleck juga menderita gangguan mental yang membuatnya rentan terhadap kekerasan dan kesepian. Ketika dia merasa ditinggalkan dan diabaikan oleh masyarakat, Fleck mulai menemukan identitas baru sebagai Joker, sosok yang melambangkan pemberontakan terhadap ketidakadilan yang dia alami.

Mengutip dari IGN, Kamis (22/02/2024) bahwa anggaran untuk film mendatang Joker: Folie à Deux adalah $200 juta dollar atau sekitar 3 triliun Rupiah. Tentunya jumlah tersebut lebih dari dua kali lipat dari anggaran film pertamanya, yang tampaknya menghabiskan biaya sekitar $60 juta. Variety juga menambahkan bahwa Joaquin Phoenix mendapatkan $20 juta untuk mengulangi perannya sebagai karakter ikon dari DC yaituThe Joker, sementara Lady Gaga, yang akan memerankan Harley Quinn, mendapatkan bayaran $12 juta untuk perannya.

Pengeluaran dana sebesar itu memanglah berkat dari kesuksekan film pertamanya yaitu Joker (2019).  Sehingga tidak mengherankan jika studio film Warner Bros ingin berinvestasi besar-besaran untuk sekuelnya. Selain menerima banyak penghargaan dan menjadi film terlaris keenam pada tahun itu, film ini juga merupakan film dengan rating Dewasa pertama yang melampaui $1 miliar di box office.

Meskipun Joker dimaksudkan untuk menjadi film standalone alias tidak akan memiliki sekuel, tetapi sekuelnya ternyata diumumkan pada tahun 2022, bersamaan dengan judul baru dan Todd Philips dikonfirmasi akan kembali menyutradarai film tersebut. Penampilan tokoh Harley Quinn yang diperankan oleh Lady Gaga muncul pada bulan Februari 2024. Melalui akun Instagram-nya Todd Philips (@toddphillips) memposting foto tersebut beriringan dengan hari Valentine. “Semoga harimu dipenuhi dengan cinta” caption yang dimasukkan oleh Todd Phillips dan juga ditambah dengan pengumuman film ini akan dirilis global pada 04 Oktober 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joker 2 akan menjadi film bergenre musikal

Melansir dari Variety, Kamis (22/02/2024) Joker: Folie à Deux, pada kenyataannya, akan menjadi sebuah film musikal dan ini akan menjadi plot utama pada film ini. Laporan bahwa film ini akan bergenre musikal pertama kali muncul pada bulan Agustus lalu, ketika orang dalam mengatakan kepada Variety bahwa sekuel ini memiliki "perpaduan antara film dan musik yang rumit".

Beberapa rekaman yang bocor di lokasi syuting tampaknya mengkonfirmasi bahwa film ini benar-benar bergenre musikal. Video-video tersebut diambil di New York pada 31 Maret dan menunjukkan Lady Gaga membawakan lagu "A Couple of Swells," lagu duet Fred Astair dan Judy Garland dari film musikal Easter Parade tahun 1948. Dalam video Phoenix tampak tak sedang bernyanyi, namun mari kita lihat, akankah Phillips akan bernyanyi sembari berdansa ala-ala Jazz Squares di adegan tangga yang ikonik pada film Joker sebelumnya?.

Wawancara yang dilakukan Variety kepada sang komposer film kedua dari Joker ini yaitu Hildur Guðnadóttir, berpikir bahwa musik yang ia bawakan ini masuk akal untuk film Joker: Folie à Deux. "Ini adalah keputusan yang menarik," katanya kepada Variety pada 15 Januari. "Saya pikir ini logis dan masuk akal. Dan juga ini sangat mengejutkan bagi saya dan juga penonton. Sejauh ini, ini merupakan diskusi yang menguntungkan, dan saya sangat bersemangat untuk melihat bagaimana kelanjutannya." Guðnadóttir tidak ingin menyia-nyiakan suara Gaga yang telah terlatih dan mengambil kesempatan untuk ikut dalam garapan film yang berbeda dari sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Arti dari “Folie à Deux” pada judul sequel The Joker

Folie à Deux adalah frasa dalam bahasa Prancis untuk "kegilaan dua orang". Istilah ini mengacu pada "khayalan atau penyakit mental yang dialami bersama oleh dua orang yang memiliki hubungan dekat" dan juga istilah digunakan secara umum dalam bahasa Inggris untuk mendeskripsikan jenis penyakit mental ini, melansir dari Digitalspy.com.

Dari judulnya, film ini memungkinkan bahwa Arthur Fleck atau sang The Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix memiliki jiwa dan kesehatan mental yang retak, yang ceritanya akan digali lebih dalam lagi pada film sekuel ini. Dan The Joker akan membagi khayalan gilanya pada Harley Quinn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.