Sukses

Inilah yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda Jika Kurang dari 6 Jam Tidur Setiap Malam

Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi pada tubuh jika tidur kurang dari enam jam per malam dan alasan mengapa tidur yang cukup adalah investasi terbaik untuk kesehatan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Mencukupi kebutuhan tidur dengan kualitas tinggi, minimal tujuh jam per malam, merupakan hal yang sangat penting menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Meskipun demikian, kurang tidur menjadi masalah umum yang memengaruhi 50 hingga 70 juta orang dewasa di AS pada suatu waktu, seperti yang diungkapkan oleh Klinik Cleveland.

"Sebagian besar orang mengalami kurang tidur pada suatu titik dalam hidup mereka," demikian diungkapkan oleh para ahli. Bagi mereka yang kurang mendapatkan tidur optimal, dampak kesehatannya bisa signifikan dan bervariasi. Penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari yang disarankan dapat meningkatkan risiko kematian secara signifikan. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi pada tubuh jika tidur kurang dari enam jam per malam, dan mengapa tidur yang cukup adalah investasi terbaik untuk kesehatan Anda, seperti dilansir dari Best Life:

1. Anda berisiko mengalami gangguan pada jantung

Kurang tidur dapat menyebabkan gejala yang berkisar dari ringan hingga parah dan gejala kardiovaskular adalah beberapa yang paling berbahaya di antaranya, kata para ahli.

"Kurang tidur mengakibatkan peningkatan aktivitas sistem saraf simpatik, yang menyebabkan peningkatan detak jantung, vasokonstriksi, dan peningkatan tekanan darah," jelas Taryn Fernandes, MD, dokter pengawas di MEDvidi, pusat perawatan kesehatan mental online. 

"Kurang tidur yang cukup telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena hipertensi, serta penyakit kardiovaskular seperti stroke, penyakit jantung koroner, dan infark miokard," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Anda berisiko mengalami gangguan hormonal

Selain itu, tidur yang direkomendasikan selama tujuh hingga sembilan jam per malam memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan hormon tubuh. Menurut Fernandes, kurang tidur dapat mengacaukan produksi hormon normal seperti kortisol, insulin, dan hormon pertumbuhan.

Rigved Tadwalkar, MD, seorang ahli jantung bersertifikat di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, CA, menyatakan bahwa tidur juga dapat mengganggu keseimbangan hormon dengan cara lain.

"Dengan cara tidak langsung, kurang tidur berkontribusi pada disregulasi hormon yang dapat menyebabkan rasa lapar," katanya kepada Best Life. "Hal ini berkontribusi pada obesitas, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit kardiovaskular."

3 dari 5 halaman

3. Anda berisiko menderita masalah kesehatan mental

Banyak yang tak menyadari bahwa kurang tidur bisa dapat berdampak besar pada kesehatan mental Anda, kata Fernandes. Secara khusus, kurang tidur telah dikaitkan dengan tingginya insiden kecemasan, depresi, dan gangguan suasana hati lainnya.

Kurang tidur dapat meningkatkan kerentanan terhadap gangguan kejiwaan, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia, karena tidur memainkan peran penting dalam konsolidasi memori, pengaturan emosi, dan fungsi kognitif, jelas Fernandes. Dia mencatat bahwa tidur kurang dari enam jam per malam secara teratur dapat menyebabkan perubahan suasana hati, lekas marah, dan penurunan motivasi.

4 dari 5 halaman

4. Sistem kekebalan tubuh bisa melemah

Karena tidur memiliki peran krusial dalam menjaga keberlanjutan sistem kekebalan tubuh yang sehat, kurang tidur, khususnya kurang dari enam jam setiap malam, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit secara lebih sering. Ketika tidur, tubuh menghasilkan sitokin, jenis protein yang berkontribusi dalam melawan infeksi, peradangan, dan stres, sebagaimana dijelaskan oleh Fernandes. "Kurang tidur dapat mengurangi produksi sitokin, sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan terhadap berbagai penyakit."

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa ketika waktu tidur dipangkas, bahkan hanya untuk beberapa malam, respons kekebalan tubuh menurun, bahkan jika waktu tidur yang hilang tersebut kemudian digantikan.

Sebuah contoh yang disajikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) adalah pembatasan tidur hingga empat jam per malam selama enam hari, diikuti dengan tidur selama 12 jam per malam selama tujuh hari, mengakibatkan penurunan lebih dari 50 persen dalam produksi antibodi terhadap vaksinasi influenza, dibandingkan dengan subjek yang memiliki pola tidur teratur.

5 dari 5 halaman

5. Anda berisiko rentan alami demensia

Tidur memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung fungsi optimal otak, termasuk konsolidasi memori, pembelajaran, dan kreativitas. Menurut David Merrill, MD, PhD, seorang psikiater geriatri dan direktur Pacific Brain Health Institut Ilmu Saraf Pasifik Pusat di Santa Monica, CA, tidur malam yang berkualitas memungkinkan perbaikan dan pemulihan fungsi otak pada tingkat yang terlihat pada hari sebelumnya.

Merrill menjelaskan bahwa sistem pembersihan khusus otak, dikenal sebagai sistem glymphatic, menjadi paling aktif selama tahap tidur yang paling dalam. Ketika sistem glymphatic tidak berfungsi dengan baik, produk limbah neurotoksik dapat menumpuk di otak, meningkatkan risiko terhadap demensia.

"Gangguan tidur dapat meningkatkan risiko demensia, dan sayangnya, demensia itu sendiri dapat menyebabkan gangguan tidur," ungkap Merrill.

Dia menyoroti kemungkinan terjebak dalam spiral penurunan fungsi otak dan tidur yang saling memperburuk. Oleh karena itu, mengidentifikasi dan menangani masalah tidur selama awal dan perkembangan dewasa paruh baya menjadi semakin penting. Idealnya, optimalisasi tidur seharusnya menjadi fokus bertahun-tahun sebelum potensi timbulnya demensia. Dengan meningkatkan kualitas tidur, diharapkan dapat memperlambat onset demensia dan memperpanjang masa kesehatan seseorang sepanjang mungkin dalam hidup mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.