Sukses

4 Alasan Kamu Harus Memercayai Intuisi yang Datang, Salah Satunya demi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa alasan intuisi Anda ingin memberitahukan sesuatu dan sebaiknya Anda mengikutinya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sering mengalami saat-saat merasakan sesuatu yang tidak beres yang akan terjadi? Setelahnya, ternyata hal yang ditakutkan terjadi, tapi Anda berhasil mengatasi atau menghindarinya. Jika iya, bisa jadi ini merupakan tanda intuisi dari alam bawah sadar yang Anda miliki. 

Menurut Verywellmind, Selasa (23/1/2024), intuisi adalah kemampuan bawaan untuk mengetahui sesuatu tanpa harus memikirkannya secara sadar. Ini sering disebut sebagai “firasat” ketika Anda “baru mengetahui” sesuatu.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang memercayai intuisi mereka lebih cenderung melakukan hal yang benar secara moral. Meskipun memercayai intuisi Anda bukanlah keterampilan yang Anda pelajari, itu adalah keterampilan yang dapat Anda perkuat.

“Belajar memercayai intuisi Anda dimulai dengan kesadaran diri. Sadar diri memungkinkan seseorang mengetahui dan memahami tingkah laku, pikiran, dan emosinya. Setelah Anda sadar diri, Anda dapat mengidentifikasi 'firasat' tersebut dengan lebih jelas,” jelas Keanne Owens, MSW, LCSW, psikoterapis, dan mitra penyedia Grow Therapy.

Apa Tanda-Tanda Intuisi?

Banyak orang menyebut intuisi sebagai “indra keenam.” Seperti panca indera Anda yang lain, intuisi dapat menimbulkan tanda-tanda fisik pada tubuh Anda sebagai berikut:

  • Anda mungkin merasakan ketegangan di tubuh Anda atau memiliki pikiran yang menggerogoti yang tidak kunjung hilang.
  • Bulu kuduk Anda berdiri sesaat sebelum pengalaman yang menakutkan.
  • Anda merasa harus menghindari area tertentu, tanpa mengetahui alasannya, hanya untuk mengetahui bahwa Anda akan berada dalam bahaya jika berada di sana.

Para ahli mengatakan contoh-contoh ini menunjukkan cara kerja panduan intuitif.

“Memercayai intuisi membutuhkan latihan bagi kebanyakan orang karena kita seringkali diajarkan untuk mengabaikannya begitu kita mulai masuk sekolah dasar. Sayangnya, trauma yang dialami dalam hidup juga dapat merusak sistem penyampaian intuitif Anda, yang dapat membuat orang percaya bahwa mereka tidak dapat mempercayai diri sendiri atau bimbingan intuitif mereka,” jelas Teresa Lodato, CPCC, pendiri Becoming Aware.

Alasan mengapa mengembangkan keterampilan intuitif Anda begitu penting adalah karena ada saatnya Anda tidak ingin mengabaikannya. Dan saat-saat itu bisa mengubah hidup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Anda Tidak Boleh Mengabaikan Intuisi

Anda memahami bahwa intuisi adalah bawaan. Anda memahami bahwa tubuhmu memberi Anda sinyal yang mungkin merupakan intuisi Anda. Namun, bagaimana Anda tahu kapan harus memercayainya?

Bagaimanapun, perasaan dapat didasarkan pada banyak hal dan tidak selalu menjadi indikator terbaik tentang tindakan yang harus Anda ambil. Jadi, kapan waktu terbaik untuk memercayai “firasat” itu? Nah, jawabannya ada di bawah ini:

1. Percaya Intuisi Terkait Keamanan Anda

Ketika segala sesuatunya tampak “tidak beres” atau salah dalam suatu situasi, Anda tidak boleh mengabaikan apa yang Anda rasakan. Meskipun dorongannya tampak minimal, penting untuk tidak mengabaikannya.

“Jangan pernah mengabaikan intuisi Anda dalam hal keselamatan. Jika Anda memiliki firasat khusus tentang keselamatan Anda di suatu lokasi, situasi, atau bahkan perselisihan, selalu dengarkan itu. Mungkin suara halus itulah yang menghindarkan Anda dari bahaya,” kata Owens.

3 dari 4 halaman

2. Percaya Intuisi Saat Tubuh Memberikan Sinyal Kesehatan

“Tujuan utama intuisi Anda adalah untuk menjaga tubuh Anda tetap aman, dan pada zaman dahulu, hal ini mencakup ‘mengetahui’ makanan atau sumber air apa yang aman untuk dimakan [atau] diminum. Di zaman modern, hal ini mungkin juga terlihat seperti migrain, sakit kepala, atau gangguan pencernaan ketika Anda berada di sekitar orang-orang yang toxic Perhatikan pesan yang dikirimkan tubuh Anda karena pesan tersebut sangat terkalibrasi untuk membuat Anda tetap aman!” kata Lodato.

3. Percaya Intuisi Saat Merasa Ada Sesuatu yang Tidak Beres dalam Hubungan

Jika pasangan romantis Anda bertindak dengan cara yang meragukan, atau membuat Anda tidak nyaman atau curiga, penting untuk menyelidiki perasaan tersebut.

“Jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan hubungan Anda dengan pasangan, jangan abaikan. Sebaliknya, jadilah penasaran dan berusahalah memahami apa yang sedang terjadi sehingga Anda bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang terjadi,” catat Lodato.

4. Percaya Intuisi Saat Anda Meragukan Kemampuan Anda

Saat dihadapkan pada tugas atau permintaan yang membawa Anda keluar dari zona nyaman, Anda mudah merasa tidak aman. Dan rasa tidak aman dapat menimbulkan ketakutan. Namun, para ahli memperingatkan agar tidak ragu pada diri sendiri, dan kurang percaya pada diri sendiri.

“Jangan pernah mengabaikan intuisimu ketika Anda tahu bahwa Anda ahli dalam bidang atau tugas tertentu. Itu mungkin sindrom penipu. Jangan menebak-nebak kemampuan Anda,” saran Owens.

4 dari 4 halaman

Apakah Ini Intuisi atau Hanya Overthinking?

Anda mungkin termasuk orang yang selalu khawatir, mengkhawatirkan setiap detail kecil. Anda menganalisis situasi secara berlebihan.

Jadi, sulit untuk mengetahui apakah yang Anda rasakan hanyalah karena Anda terlalu memikirkan suatu situasi, atau memang intuisi Anda yang mencoba mengarahkanmu. Namun, ada cara untuk membedakannya.

“Intuisi akan selalu datang sebagai komunikasi netral. Ia tidak akan pernah 'memberi tahu' Anda apa yang harus dilakukan. Sebaliknya itu akan memberi kesan, kecuali ada ancaman atau bahaya yang jelas terhadap tubuh fisik Anda. Mendengarkan intuisi Anda biasanya terasa seperti 'Anda mungkin ingin pergi ke sini' versus 'pergi ke sini atau ke arah lain',” kata Lodato.

“Berpikir berlebihan umumnya mengacu pada pemikiran yang berulang dan tidak produktif di mana orang ‘merenungkan’ masa depan atau ‘khawatir’ tentang masa lalu,” jelasnya.

Meskipun tidak ada cara yang benar untuk mempelajari cara mengikuti intuisi Anda, berusaha mendengarkan tubuh Anda dan fokus pada sinyal mental Anda tidak sia-sia.

“Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka tidak boleh mengabaikan intuisi mereka sampai kejadiannya terjadi. Beberapa orang berpikir kepercayaan harus diperoleh, tapi menurut saya kepercayaan harus dipelajari. Ini adalah proses untuk belajar memercayai diri sendiri,” Lodato menyimpulkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.