Sukses

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Anda Jika Minum Kopi Saat Perut Kosong

Para ahli mengatakan bahwa jika Anda minum kopi saat perut kosong, ada beberapa hal yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan lambung Anda.

Liputan6.com, Jakarta Selain air putih, kopi adalah minuman yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ini adalah kebiasaan sehat secara keseluruhan, kebiasaan yang membantu melindungi dari penyakit kronis tertentu dan bahkan menurunkan risiko kematian dini. 

Namun, para ahli mengatakan bahwa jika Anda minum kopi saat perut kosong, ada beberapa hal yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan lambung Anda.

Chantel Strachan, MD, seorang dokter perawatan primer dan spesialis penyakit dalam di Columbia Primary Care, bagian dari Columbia University, mengatakan bahwa beberapa orang yang secara naluriah meminum kopi di pagi hari mungkin mengalami serangkaian gejala yang tidak menyenangkan.

Makanan tertentu dapat memicu naiknya asam lambung dan mulas, sehingga menyebabkan nyeri seperti terbakar di dada dan perut bagian atas. Bagi banyak orang, kopi dapat memberikan efek ini.

“Kopi berkontribusi terhadap peningkatan produksi asam di lambung dan dapat mengendurkan penghalang yang disebut juga sfingter yang memisahkan lambung dan kerongkongan,” jelas Strachan dilansir dari Best Life. Hal ini dapat menyebabkan aliran balik asam, yang menghasilkan sensasi mulas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak semua orang yang minum kopi saat perut kosong akan merasakan dampak buruk

Dia menambahkan bahwa bagi sebagian orang, refluks kronis dapat meningkatkan risiko berkembangnya esofagus Barrett, suatu kondisi di mana lapisan esofagus menjadi rusak, menebal, dan meradang akibat refluks asam. 

Meskipun hal ini jarang terjadi, esofagus Barrett dapat berkembang menjadi kanker esofagus dalam beberapa kasus. Namun, hal ini belum terbukti berhubungan langsung dengan penggunaan kopi saat perut kosong, catat Strachan. Namun, tidak semua orang yang minum kopi saat perut kosong akan merasakan akibatnya.

“Banyak orang menikmati kopi pagi mereka dan tetap tidak menunjukkan gejala. Penggunaan bahan pencampur, seperti krimer atau susu, dapat membantu mengurangi potensi peningkatan produksi asam yang terkait dengan kopi,” kata Strachan.

3 dari 4 halaman

Memilih kopi tanpa kafein dapat membantu Anda meminimalkan produksi asam lambung

Memilih campuran kopi tanpa kafein atau rendah asam juga dapat membantu Anda meminimalkan produksi asam lambung. Hal ini selanjutnya akan mengurangi gejala Anda atau meminimalkan keparahannya.

Strachan mengatakan bahwa sebelum Anda merombak kebiasaan pagi Anda, perlu diperhatikan bahwa kopi memiliki banyak potensi manfaat kesehatan. 

"Kopi telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan berbagai jenis kanker. Manfaatnya tampaknya lebih besar daripada potensi risikonya." 

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson, mencegah penyakit Alzheimer, memerangi obesitas, melindungi hati, dan banyak lagi.

 

4 dari 4 halaman

Dianjurkan untuk sarapan sedikit sebelum minum kopi di pagi hari

Daripada menghentikannya atau bahkan menguranginya, sarapan sedikit sebelum menuangkan secangkir kopi pertama Anda akan membantu melindungi sistem lambung Anda dari masuknya asam.

Namun, Strachan mengatakan yang terpenting adalah mendengarkan tubuh Anda. “Jika kopi saat perut kosong berkontribusi terhadap gejala gastrointestinal yang merugikan, maka hentikan,” sarannya. Jika Anda bebas gejala, kemungkinan besar tidak perlu ada perubahan.

Mereka yang mencari minuman alternatif mungkin menemukan bahwa teh hijau atau hitam memiliki banyak manfaat yang sama namun mengurangi tekanan lambung. Teh herbal yang dibuat dengan jahe, kamomil, kunyit, dan pepermin dapat melancarkan pencernaan dan menenangkan perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.