Sukses

Ternyata Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Jika Anda Minum Terlalu Banyak Air

Terlalu banyak minum air ternyata tak baik bagi kesehatan. Ini sebabnya

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tahu tentang pentingnya minum air. Namun, hal ini membuat Anda bertanya-tanya, karena Anda terus-menerus menyesapnya sepanjang hari, apakah mungkin untuk minum terlalu banyak air.

Ketika Anda minum cukup air, seluruh tubuh Anda bekerja lebih baik, itulah sebabnya sering kali hal ini berada di urutan teratas daftar tugas perawatan diri, kata Melanie Murphy Richter, MS, RDN, ahli gizi diet terdaftar. 

“Air dianggap sebagai raja kesehatan dan kebugaran,” katanya kepada Bustle. Ini membantu Anda tetap terhidrasi, tetapi juga berkontribusi pada kejernihan mental, kulit bersinar, pencernaan yang lebih baik — sebut saja beberapa di antaranya.

Meskipun demikian, meskipun prinsip kesehatan adalah tetap terhidrasi, sangat mungkin untuk melakukannya secara berlebihan. Menurut Murphy Richter, mengonsumsi lebih dari yang Anda butuhkan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti overhidrasi, sakit kepala, kabut otak, dan bahkan keracunan air.

Apa yang Terjadi Jika Anda Minum Terlalu Banyak Air?

Jika Anda minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan, hal pertama yang terjadi adalah overhidrasi. Murphy Richter mengatakan Anda akan tahu kapan Anda sudah terlalu banyak buang air kecil, apakah Anda perlu buang air kecil setiap jam atau lebih, atau apakah air kencing Anda benar-benar jernih. Idealnya, urin Anda harus berwarna kuning pucat, dan Anda harus buang air kecil empat hingga delapan kali sehari, katanya.

Meskipun Anda mungkin mengira kencing bening adalah kencing yang baik, itu sebenarnya berarti elektrolit Anda rusak. Seperti yang dijelaskan Murphy Richter, minum terlalu banyak air akan mengencerkan konsentrasi elektrolit dalam tubuh Anda – seperti natrium, kalium, magnesium, kalsium, dll. – yang penting untuk mengatur fungsi otak dan saraf. 

Mirip dengan dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit yang disebabkan oleh minum terlalu banyak air dapat menyebabkan sakit kepala, kabut otak, kram otot, dan efek samping tidak menyenangkan – dan bahkan berbahaya lainnya.

Tampaknya berlawanan dengan intuisi, namun minum terlalu banyak air juga dapat menyebabkan retensi air dan pembengkakan, terutama di tangan dan kaki, serta pencernaan yang buruk, gas, dan kembung, catat Murphy Richter.

Pada spektrum yang lebih ekstrem, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan kondisi yang disebut keracunan air atau hiponatremia, kata Michael Hamlin, NSCA, CSCS, pelatih pribadi dan pendiri Everflex Fitness. 

“Ini terjadi ketika Anda mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan yang mengencerkan kadar natrium dalam darah Anda,” katanya kepada Bustle. Gejala keracunan air antara lain mual, muntah, sakit kepala, kebingungan, dan pada kasus yang parah, bahkan kejang atau koma. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mengetahui berapa banyak air yang sebenarnya dibutuhkan tubuh Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Banyak Air Sehari yang Terlalu Banyak?

Anda akan dapat mengetahui apakah Anda minum terlalu banyak air jika Anda melebihi pedoman yang disarankan yaitu 11,5 gelas sehari untuk wanita dan 15,5 gelas sehari untuk pria. Tanda-tanda lainnya adalah jika kencing Anda jernih, dan/atau jika Anda mengalami gejala overhidrasi seperti kram otot, sakit kepala, dan perubahan detak jantung, kata Murphy Richter. 

Anda akan mengetahui bahwa Anda terhidrasi dengan baik tetapi tidak terlalu banyak jika air kencing Anda berwarna kuning pucat dan Anda pergi ke kamar mandi empat hingga delapan kali sehari, jika mulut, bibir, dan kulit Anda terasa terhidrasi, dan jika Anda berenergi dan waspada, tambahnya. Kemampuan untuk mudah berkeringat saat berolahraga, serta memiliki tekanan darah normal, adalah pertanda baik lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Mengapa Anda Merasa Haus Sepanjang Waktu?

Jika Anda meminum air mineral 100 kali sehari dan masih merasa haus, itu mungkin karena air Anda membutuhkan lebih banyak elektrolit. “Elektrolit membantu menarik air ke dalam sel kita,” kata Murphy Richter. “Jika Anda tidak mengisi kembali elektrolit secara memadai, air yang Anda minum tidak akan terserap dengan baik, yang dapat menyebabkan perasaan dehidrasi meskipun sudah minum banyak air.”

Tanpa elektrolit, Anda bisa membuang-buang air, tapi itu belum tentu menghilangkan dahaga Anda. Itu sebabnya para ahli merekomendasikan hidrasi melalui hal-hal selain air, seperti air kelapa, teh, dan minuman olahraga, serta mendapatkan cairan dari makanan. Banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang hampir 90% mengandung air, kata Murphy Richter, jadi buah-buahan dan sayuran dihitung sebagai bagian dari asupan harian Anda – ditambah lagi mereka memberi Anda nutrisi tambahan.

Jika Anda merasa kering, tidak peduli seberapa banyak Anda mencoba untuk tetap terhidrasi, Murphy Richter merekomendasikan untuk memeriksa diabetes atau pra-diabetes, karena rasa haus yang berlebihan adalah tanda peringatan utama. Obat-obatan tertentu juga bisa membuat Anda haus, begitu juga dengan gangguan hormonal dan pola makan tinggi natrium. 

Jika sepertinya Anda tidak bisa menghilangkan dahaga Anda, hubungi dokter.

 

4 dari 4 halaman

Cara Tetap Terhidrasi Sepanjang Hari

Untuk menyempurnakan permainan hidrasi Anda, Hamlin merekomendasikan untuk mendengarkan tubuh Anda terlebih dahulu dan terutama. “Minumlah saat Anda haus,” katanya. “Mekanisme rasa haus tubuh Anda adalah indikator yang dapat diandalkan untuk mengetahui kebutuhan cairan Anda.” Ini juga membantu menyebarkan asupan cairan Anda sepanjang hari, alih-alih menenggaknya sekaligus.

Konon, asupan cairan ideal setiap orang berbeda-beda bergantung pada usia, aktivitas fisik, dan bahkan lokasi geografis. Perhatikan bahwa Anda akan memerlukan lebih banyak hidrasi jika Anda berolahraga secara teratur atau tinggal di iklim panas atau di suatu tempat di dataran tinggi, catatnya.

Menurut Denise Chakoian, pelatih pribadi dan pemilik serta pendiri CORE Cycle.Fitness.Lagree, Anda juga harus mengisi kembali cairan yang hilang sebelum, selama, dan setelah berolahraga. “Minumlah setidaknya delapan ons air sebelum berolahraga,” katanya kepada Bustle. “Setelah berolahraga, saya juga akan mengonsumsi air secara perlahan dan terus minum air sepanjang hari.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.