Sukses

Top 3: Mengenal Hewan Langka yang Hanya Ada di Kalimantan

Artikel tentang langka dan hanya ada di Kalimantan, hewan ini mirip naga dan tak punya telinga menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti baru-baru ini telah mulai mengungkap misteri kehidupan samar biawak yang unik, yang ditemukan di hutan hujan dataran rendah Kalimantan. Nama resminya adalah biawak tanpa telinga (Lanthanotus borneensis), makhluk reptil yang mengundang keterkaguman dengan keunikan dan kelangkaannya.

Habitatnya terletak di dekat aliran sungai, menjadikannya sebagai makhluk yang terkait erat dengan ekosistem hutan hujan yang kaya dan beragam di pulau Kalimantan. Penelitian mendalam mengenai spesies ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana mereka beradaptasi dan bertahan hidup di lingkungan yang khas.

Salah satu ciri mencolok dari biawak tanpa telinga adalah kebiasaannya memakan cacing tanah, kepiting, dan ikan. Pola makan ini memberikan gambaran tentang peran ekologisnya dalam rantai makanan hutan hujan dataran rendah.

Meskipun bukan pemangsa besar, keberadaannya memberikan dampak signifikan pada ekosistem setempat. Penemuan makanan yang unik ini menjadi salah satu elemen menarik yang mendorong para peneliti untuk mengeksplorasi lebih lanjut perilaku dan adaptasi biawak ini.

Artikel tentang langka dan hanya ada di Kalimantan, hewan ini mirip naga dan tak punya telinga menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang aktor Christian Oliver dan dua putrinya tewas dalam kecelakaan pesawat, unggahan terakhirnya jadi sorotan.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang ingin menemukan jodoh di tahun yang baru ini, berikut enam tips yang bisa dilakukan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Langka dan Hanya Ada di Kalimantan, Hewan Ini Mirip Naga dan Tak Punya Telinga

 

Pentingnya biawak tanpa telinga tidak hanya terbatas pada aspek biologisnya. Makhluk ini telah mendapatkan julukan istimewa dalam dunia herpetologi – ilmu yang mempelajari reptil dan amfibi.

Biawak tanpa telinga dijuluki "Cawan Suci" oleh para ahli herpetologi karena kelangkaannya yang memikat dan ketidakbiasaan bentuknya yang menyerupai naga. Nama panggilan ini mencerminkan kekaguman dan penghargaan terhadap keberadaan makhluk langka ini di dunia reptil dan amfibi.

Dalam konteks ini, penelitian lebih lanjut tentang biawak tanpa telinga tidak hanya membawa kontribusi ilmiah yang berharga, tetapi juga menggugah rasa ingin tahu dan kekaguman terhadap keanekaragaman hayati Indonesia. Berikut pembahasannya dirangkum dari livescience.com!

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Aktor Christian Oliver dan Dua Putrinya Tewas dalam Kecelakaan Pesawat, Unggahan Terakhirnya Jadi Sorotan

Aktor Hollywood kelahiran Jerman, Christian Oliver, meninggal bersama kedua putrinya pada hari Kamis (4/1/2024) dalam kecelakaan pesawat di lepas pantai pulau Karibia.

Christian Oliver, yang lahir dengan nama Christian Klepser, dan putrinya adalah penumpang pesawat bermesin tunggal yang lepas landas sekitar pukul 12.10 waktu setempat dari bandara di Bequia, sebuah pulau kecil milik negara St Vincent dan Grenadines, menurut keterangan pihak berwajib.

 Dilansir dari The Guardian, pejabat di kepolisian Royal St Vincent dan Grenadines mengatakan bahwa pesawat yang menuju ke dekat St Lucia tersebut mengalami kendala yang tidak ditentukan saat penerbangan dan kemudian jatuh ke laut.

Nelayan, penyelam, dan anggota penjaga pantai turun ke lokasi kecelakaan pesawat, dan personel militer berhasil mengevakuasi empat jenazah di dalam pesawat. Oliver, kedua putrinya Annik dan Madita Klepser dan pilot serta pemilik pesawat, Robert Sachs, semuanya dinyatakan meninggal di tempat kejadian oleh staf medis, kata polisi.

Penjaga pantai membawa jenazah Oliver, putrinya, dan Sachs, ke rumah sakit setempat dengan menggunakan perahu, dan otopsi yang dimaksudkan untuk menentukan penyebab pasti kematian mereka masih tertunda pada hari Jumat (5/1/2024).

Kecelakaan maut itu mengundang curahan belasungkawa bagi keluarga dan teman-teman mendiang aktor tersebut, yang telah menyelesaikan syuting adegan terakhirnya di lokasi syuting film mendatang berjudul Forever Hold Your Peace hanya lima hari sebelum Natal, Deadline melaporkan.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Ingin Menemukan Jodoh di Tahun yang Baru Ini? Berikut 6 Tips yang Bisa Dilakukan

Di tahun yang baru ini tak sedikit orang yang memiliki resolusi untuk dicapai. Ada yang ini memiliki karier lebih cemerlang, memiliki penghasilan yang lebih banyak hingga tak sedikit juga yang membuat resolusi dalam hal percintaan. 

Karena tahun baru menuntut refleksi atas masa lalu serta menatap masa depan, berhentilah sejenak untuk memikirkan kenangan Anda yang kurang ideal. Apakah Anda menjauhkan seseorang, melewatkan kesempatan romantis, atau mungkin Anda terlalu kritis terhadap orang lain?

Saat kita merenungkan kembali, mari kita buka pintu menuju babak baru cinta dan jelajahi kemungkinan-kemungkinan yang terbentang di masa depan dalam dunia hubungan.

“Jika Anda mendapati diri Anda lajang pada musim liburan ini, enggan melakukan apapun kecuali tinggal di rumah dan melakukan berbagai hal buruk, berhati-hatilah: ini adalah waktu yang sama seperti tahun-tahun lainnya,” kata Clinton Power, konselor hubungan online dan terapis pernikahan dalam postingan Instagram terbarunya. Itu mengapa penting bagi Anda untuk melakukan perubahan agar mendapatkan pengalaman dalam urusan cinta yang lebih baik.

Dilansir dari Hindustan Times, berikut deretan tips menemukan jodoh di tahun yang baru ini:

1. Hentikan melakukan hal-hal negatif

Anda mempunyai hingga 68.000 pikiran setiap hari, dan sebagian besar bersifat berulang-ulang. Jika Anda terus-menerus berpikir, "Aku buruk dan tidak pantas dicintai", ini akan menjadi kenyataan.

Saat Anda mendapati diri Anda memikirkan pikiran-pikiran negatif, perhatikan pikiran-pikiran itu, lalu singkirkan pikiran-pikiran itu dari kepala Anda. Lakukan ini secukupnya dan pikiran negatif akan berhenti datang, atau, jika muncul, pikiran negatif tersebut tidak akan terlalu berpengaruh dan tidak akan membuat Anda terpuruk.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.