Sukses

Mudah Dilakukan, Ini 7 Cara Menghibur Diri Saat Suasana Hati Sedang Buruk

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghibur diri saat suasana hati sedang sedih berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu pernah mengalami kesedihan. Ada banyak faktor yang menyebabkan orang mengalami rasa sedih. Umumnya orang akan melampiaskan kesedihan dengan menangis. Namun banyak juga yang memendam kesedihan tersebut seorang diri. 

Daripada dipendam dan dapat mengakibatkan stres, ada baiknya kita mengatasi kesedihan tersebut. Mungkin banyak orang yang bingung dan tidak tahu caranya. Namun jangan khawatir, dilansir dari Brightside, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghibur diri saat suasana hati sedang sedih berikut ulasannya. 

1. Cobalah terapi cahaya di rumah

Pikirkan betapa nyamannya sinar matahari pada kulit Anda dan bagaimana Anda dapat menciptakan perasaan yang sama dari rumah Anda sendiri. Rupanya Anda bisa melakukan terapi cahaya sendiri untuk mengatasi kesedihan. Yang paling efektif bila dilakukan di pagi hari selama 20 menit.

Anda harus duduk dekat dengan cahaya, tetapi jangan melihatnya secara langsung. Sementara itu, Anda dapat melakukan hal lain, seperti membaca atau bermeditasi. Anda dapat terus melakukannya sepanjang tahun jika Anda melihatnya membantu meningkatkan mood Anda. Namun, jika Anda merasakan kemerahan atau gatal pada kulit, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Jalan-jalan di pagi hari

Bangun di pagi hari mungkin tidak mudah atau menyenangkan bagi Anda, dan itulah mengapa Anda harus mencoba berjalan-jalan. Tidak hanya tingkat energi Anda yang meningkat, tetapi seluruh tubuh dan pikiran Anda juga akan terasa segar dan berenergi. Dan berjalan-jalan di pagi hari akan menentukan suasana untuk sisa hari itu. Namun bukan berarti Anda tidak boleh berjalan-jalan kapanpun sepanjang hari jika Anda merasa sangat sedih atau tertekan.

Selain itu, telah terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki setiap pagi meningkatkan fungsi otak Anda. Hal ini terjadi karena otak Anda disuplai dengan jumlah darah yang meningkat. Dan tindakan ini sangat terkait dengan ingatan yang lebih kuat, konsentrasi yang lebih baik, dan kemampuan memecahkan masalah secara efektif.

3. Cobalah menjadi sukarelawan atau melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain

Ini adalah sesuatu yang tidak hanya akan membantu Anda mengatasi kesedihan, tetapi juga menjaga stres Anda dalam jangka panjang. Sebuah penelitian menemukan, semakin banyak uang yang disimpan seseorang untuk dirinya sendiri, semakin besar pula rasa malu yang mereka rasakan, dan tingkat kortisol mereka pun meningkat. Jadi kemurahan hati bukan sekedar bersikap baik, tapi juga menjaga kesehatan.

Selain itu, setiap kali kita melakukan perbuatan baik, kita mengalami apa yang disebut “helper’s high”, yang pada dasarnya adalah sekumpulan endorfin yang dilepaskan di otak kita. Kita merasa puas dengan diri kita sendiri dan mendapatkan rasa syukur yang besar atas hal-hal yang kita miliki dan memutuskan untuk berbagi dengan orang lain.

3 dari 4 halaman

4. Bergerak sebanyak yang Anda bisa dengan cara apapun yang Anda inginkan

Menambahkan gerakan dan olahraga ke dalam hidup Anda harus menjadi prioritas jika Anda sedang berjuang dengan kesedihan. Baik itu angkat beban, lari, atau melakukan aktivitas lainnya, kebangkitan tubuh Anda juga akan membantu otak Anda tetap aktif. 

Anda dapat melakukan aktivitas apapun bersama teman, pasangan, atau bahkan anak Anda. Anda akan melihat bahwa tingkat stres dan kemarahan Anda akan turun dan Anda tidak akan merasa sendirian seperti sebelumnya.

5. Rencanakan liburan 

Jika merasa suasana hati kurang enak Anda dapat merencanakan untuk mengambil cuti agar Anda dapat melakukan perjalanan. Jika mau, Anda bisa mengajak teman baik atau seseorang yang juga merasakan kesedihan seperti Anda. Jangan membebani diri Anda dengan terlalu banyak aktivitas dan pilihlah hal-hal sederhana yang akan membuat tubuh Anda terus bergerak.

Efek perjalanan seperti itu terhadap jiwa Anda akan bertahan selama berminggu-minggu dan Anda akan merasa lebih bahagia dan berenergi. Rumah Anda akan terasa indah tidak peduli cuaca di luar dan kesulitan apapun. Ingatlah bahwa ini bukan tentang ke mana Anda pergi, tapi bagaimana kita menyikapi setiap situasi yang terjadi.

4 dari 4 halaman

6. Cobalah terapi tertawa

Anda mungkin penggemar berat acara detektif dan supernatural di Netflix, tetapi acara tersebut bisa berdampak negatif pada Anda bukan karena acara tersebut buruk, namun hanya karena acara tersebut tidak membuat Anda tertawa. Tertawa sebanyak mungkin saat berada di rumah dapat meredakan segala ketegangan yang Anda rasakan dan meningkatkan mood Anda dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, hal ini mungkin bisa meningkatkan harga diri Anda.

Sekarang, jika Anda kesulitan menganggap hal-hal di sekitar Anda lucu, Anda mungkin perlu meningkatkan selera humor Anda. Coba temukan film, acara TV, kartu ucapan, dan hal-hal lain yang menurut Anda lucu. Anda bisa pergi ke klub komedi di mana semua orang di sekitar Anda akan tertawa. Anda juga dapat mencoba menertawakan kehidupan Anda sendiri dan tidak menganggap serius hal-hal yang tidak terlalu penting.

7. Kurangi waktu di depan gadget

Semakin sering Anda berada di dalam rumah, semakin banyak waktu yang Anda habiskan di depan layar untuk menonton acara dan menjelajahi Instagram. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan batas waktu yang Anda habiskan di perangkat teknologi Anda. Anda dapat membatasi jumlah jam yang Anda habiskan di depan layar atau memasukkan waktu bebas perangkat di siang hari.

Perubahan kecil ini akan sangat membantu kesehatan mental Anda dan mengurangi tingkat stres dan kesedihan Anda. Apa yang dapat Anda lakukan selama waktu bebas gadget adalah berjalan-jalan, bermeditasi, atau mengatur panggilan telepon atau bertemu dengan teman-teman dekat Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.