Sukses

Ketahui 5 Tips Merawat Celana Jeans Agar Tetap Awet

Buat kamu yang sering memakai celana jeans untuk rutinitas harian, ada baiknya melakukan perawatan celana jeans dengan tepat, untuk memperpanjang usia pakaian.

Liputan6.com, Jakarta Celana jeans atau denim adalah salah satu perlengkapan fashion terkini yang hampir dimiliki sebagian besar orang di setiap kalangan. Celana jeans difavoritkan bukan karena bahan yang bertekstur, namun lantaran lebih mudah dipadupadankan dengan pakaian apapun dan memberi kesan lebih santai dan kasual.

Maka dari itu, banyak orang menggunakan celana jeans untuk hangout bersama teman, kencan, liburan, atau bahkan dijadikan padanan saat ke kantor. Tapi tahukah kamu kalau celana jeans itu sebenarnya nggak perlu dicuci sering-sering karena lebih cepat memudarkan warna celana. 

Nah buat kamu yang sering memakai celana jeans untuk rutinitas harian, ada baiknya melakukan perawatan celana jeans dengan tepat, untuk memperpanjang usia pakaian. Simak lima caranya berikut ini ya: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jangan Pakai Pengering

Melansir dari Junkee.com, salah seorang ahli di Levi’s menyarankan agar jangan masukkan celana jeans yang kita miliki ke mesin pengering. Hal ini karena pengering dapat merusak serat kain sehingga menyebabkan penyusutan, lengkungan, dan penuaan dini pada kain.

Setelah kamu mencuci celana jeans, kibaskan untuk menghilangkan kusut, lalu gantung bagian dalam hingga kering. Jeans kamu awalnya mungkin terasa agak kaku, tetapi jangan khawatir, setelah dikeringkan di ruang terbuka celana jeans akan melunak kembali seperti saat pertama kali dipakai.

3 dari 6 halaman

Hindari Melipat Jeans

Jika kamu selesai mencuci celana jeans, usahahakan celana jeans yang kamu miliki jangan dilipat ya, gengs! Jika kamu melipat celana jeans tentu akan menimbulkan lipatan-lipatan celana yang menimbulkan kesan tidak rapi dan kusut.

Jika celana jeans favorit kamu kusut, pastinya akan membuat rasa percaya diri kamu berkurang kan ketika memakainya. Sebagai gantinya, celana jeans kamu harus selalu digantung di lemari agar tetap rapi dan keren.

4 dari 6 halaman

Jangan Menggunakan Sikat

Ketika menuci celana jeans sebaiknya hindari penggunaan sikat yang menyentuh langsung area detail celana jeans. Ha ini karena sikat dapat dapat merusak serat kain sehingga bisa mengakibatkan celana jeans kamu mudah sobek.

Selain itu, sikat juga dapat memudarkan warna celana jeans, dan yang lebih fatalnya lagi bisa merusak motif bordiran dan aksen kulit celana jeans. Sebaiknya ketika mencuci celana jeans, gunakan mesin cuci dengan kecepatan lambat agar warna dan aksesoris bawaan celana jeans kamu tetap terjaga. 

5 dari 6 halaman

Gunakan Deterjen yang Tepat

Pilihlah deterjen yang dirancang khusus untuk celana jeans atau denim. Untuk menjaga warna pakaian tetap cerah, gunakan produk liquid khusus mencuci pakaian yang dilengkapi dengan formula Power Clean Action. Formula tersebut dapat membersihkan noda secara menyeluruh dan menjaga warna tetap cemerlang tanpa merusak serat kain. Jangan lupa, pilih juga pembersih pakaian yang diperkaya dengan Anti Bakteri yang mampu menghilangkan bakteri dan bau apek pada pakaian.

6 dari 6 halaman

Jangan Sering Dicuci

Hindari keseringan mencuci celana jeans kamu, karena jika terlalu sering dicuci akan menyebabkan warna celana jenas terus pudar dan juga rawan merusak serat kain, sehingga celana jeans kamu mudah melar dan sayang kan kalau cepat rusak.

Masih dikutip di laman Jungkee.com, ternyata diketahui untuk mencuci celana jeans dilakukan setelah10x dipakai. Tujuannya nggak lain, untuk demi menjaga celana jeans kamu tetap awet dan keren.

Nah itulah 5 tips merawat celana jeans kamu supaya tetap awet, keren dan nyaman ketika di pakai. Stay cool!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.