Sukses

Studi: Rutin Mengunjungi Keluarga dan Teman Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama

Para ilmuwan telah menemukan bahwa mengunjungi teman dan keluarga setidaknya sebulan sekali dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan telah menemukan bahwa mengunjungi teman dan keluarga setidaknya sebulan sekali dapat membantu Anda hidup lebih lama. Dilansir dari Independent, Rabu (6/12/2023) menurut penelitian terbaru yang diterbitkan oleh University of Glasgow di BioMed Central Medicine, para peneliti menemukan bahwa ada korelasi antara seberapa sering seseorang dikunjungi oleh keluarga dan temannya dengan harapan hidup. Mereka yang tidak pernah dikunjungi keluarganya dilaporkan memiliki risiko kematian lebih tinggi.

Di tengah epidemi kesepian yang sedang berlangsung, isolasi sosial sebelumnya telah dikaitkan oleh para peneliti dengan harapan hidup yang lebih pendek. 

Studi terbaru ini berusaha memahami pengaruh berbagai jenis interaksi sosial terhadap kualitas hidup kita, dengan kunjungan teman dan keluarga, berpartisipasi dalam aktivitas kelompok mingguan, dan tidak tinggal sendirian dilaporkan membuat perbedaan terbesar di antara 458.146 peserta di Inggris.

Peserta berusia antara 37 dan 73 tahun, dengan usia rata-rata 56 tahun, dan data dikumpulkan antara tahun 2006 dan 2010. Peneliti mengajukan pertanyaan kepada peserta tentang lima bentuk interaksi sosial yang berbeda seperti seberapa sering mereka dapat curhat ke seseorang yang dekat dengan mereka, seberapa sering mereka merasa kesepian, seberapa sering teman dan keluarga berkunjung, seberapa sering mereka berpartisipasi dalam kegiatan kelompok mingguan, dan apakah mereka tinggal sendiri atau tidak.

“Kami juga mencoba mempertimbangkan banyak faktor lain yang dapat menjelaskan temuan ini, seperti usia orang, jenis kelamin, status sosial ekonomi, apakah mereka perokok, dan banyak lagi,” Dr Hamish Foster, peneliti klinis di The University of Glasgow dan penulis utama studi tersebut, menjelaskan kepada Insider

“Dan bahkan setelah faktor-faktor tersebut dihilangkan, masih terlihat bahwa hubungan sosial penting dalam risiko kematian," tambahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang yang tidak pernah mengunjungi teman atau keluarga lebih berisiko alami kematian dini

Tergantung pada kapan peserta direkrut, peneliti akan meninjau kembali pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan peserta sekitar 12 tahun kemudian untuk ditindaklanjuti. 

Mereka dilaporkan menemukan bahwa, dalam tahun-tahun tersebut, 33.135 atau 7,2 persen peserta meninggal, dengan 5.112 atau 1,1 persen meninggal karena kematian terkait kardiovaskular.

Menariknya, penelitian ini juga menemukan bahwa terlepas dari aktivitas kelompok mingguan atau komponen fungsionalnya, mereka yang tidak pernah mengunjungi teman atau keluarga saat tinggal sendiri memiliki kemungkinan 77 persen lebih tinggi untuk mengalami kematian.

Namun, Dr Foster memperingatkan bahwa penelitian ini tidak dapat memperhitungkan kompleksitas dan kualitas interaksi sosial manusia. “Manusia benar-benar rumit, begitu pula koneksi kita dan pengukuran yang kami lakukan dalam penelitian ini cukup kasar jika dibandingkan dengan kemampuan manusia, namun penelitian ini masih sangat mendetail dan mulai menelusuri betapa pentingnya berbagai jenis koneksi,” kata Foster.

3 dari 4 halaman

Kesepian dapat menyebabkan kesehatan mental dan fisik memburuk

Dia menambahkan bahwa penelitian ini tidak dapat membuktikan bahwa kurangnya sosialisasi menyebabkan kematian, namun hal ini membuktikan bahwa kesepian dan isolasi tidak hanya dapat menyebabkan kesehatan mental yang lebih buruk tetapi juga kesehatan fisik yang lebih buruk.

“Kita perlu melihat lebih banyak intervensi dan dukungan di tingkat masyarakat yang membuat hubungan sosial lebih mudah, lebih mungkin terjadi, dan berkualitas lebih tinggi,” tambah Foster. “Misalnya, pusat komunitas, taman, tempat, dan aktivitas yang memudahkan orang bertemu dan terhubung untuk menjalin hubungan berkualitas tinggi.”

 

4 dari 4 halaman

Generasi muda dianjurkan untuk membina kehidupan sosial mereka

Dr Foster dan tim penelitinya bukanlah orang pertama yang menghubungkan titik-titik antara rentang hidup yang lebih panjang dan kehidupan sosial yang aktif, dengan Netflix baru-baru ini menyoroti zona biru yang terkenal, tempat dengan populasi centenarian yang sangat tinggi, dalam serial dokumenternya, Live to 100: Secrets of the Blue. 

Di zona biru seperti Ikaria, Yunani, atau Okinawa, Jepang, interaksi sosial diprioritaskan dalam komunitas dibandingkan dibiarkan begitu saja demi kepentingan ekonomi atau individualistis.

Ketika era digital dan pandemi telah menyebabkan peningkatan isolasi sosial, Dr Foster menekankan bahwa penting bagi generasi muda untuk membina kehidupan sosial mereka dan berpartisipasi dalam komunitas mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.