Sukses

Mengenal Demensia, Penyakit yang Diderita Mantan Ibu Negara AS Rosalynn Carter

Berikut ini adalah penjelasan terkait demensia penyakit yang diderita mantan Ibu Negara AS Rosalynn Carter sebelum meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Rosalynn Carter meninggal dunia di usia 96 tahun pada Minggu (19/11/2023). Rosalynn Carter adalah istri dari Presiden ke-39 AS Jimmy Carter.

Sebelumya pada Jumat (17/11), pihak keluarga mengumumkan bahwa Rosalynn Carter mulai menjalani hospice care di kediamannya di Plains, Georgia, dan menghabiskan waktu bersama suaminya yang berusia 99 tahun. 

Rosalynn Carter sendiri telah didiagnosis demensia sejak Mei silam. Sementara Jimmy Carter sendiri telah menjalani perawatan serupa sejak Februari. Dilansir Mayo Clinic, Selasa (21/11/2023) demensia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala yang mempengaruhi memori, berpikir dan kemampuan sosial. Pada penderita demensia, gejalanya dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Demensia bukanlah penyakit yang spesifik namun beberapa penyakit dapat menyebabkan demensia.

Lebih Dalam Tentang Demensia

Demensia umumnya melibatkan kehilangan ingatan. Ini sering kali merupakan salah satu gejala awal dari kondisi tersebut. Namun kehilangan ingatan saja tidak berarti Anda menderita demensia. Hilangnya memori dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum demensia pada orang lanjut usia, namun ada penyebab demensia lainnya. Tergantung pada penyebabnya, beberapa gejala demensia mungkin dapat disembuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Demensia

Gejala demensia berbeda-beda tergantung penyebabnya. Gejala umum meliputi:

Perubahan kognitif

  • Kehilangan ingatan, yang biasanya diketahui oleh orang lain.
  • Masalah berkomunikasi atau menemukan kata-kata.
  • Masalah dengan kemampuan visual dan spasial, seperti tersesat saat mengemudi.
  • Masalah dengan penalaran atau pemecahan masalah.
  • Kesulitan melakukan tugas yang rumit.
  • Masalah dengan perencanaan dan pengorganisasian.
  • Koordinasi dan kontrol gerakan yang buruk.
  • Kebingungan dan disorientasi.

Perubahan psikologis

  • Perubahan kepribadian.
  • Depresi.
  • Kecemasan.
  • Agitasi.
  • Perilaku yang tidak pantas.
  • Menjadi curiga, dikenal sebagai paranoia.
  • Melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada disebut halusinasi.

 

 

3 dari 4 halaman

Penyebab Demensia

Demensia disebabkan oleh kerusakan atau hilangnya sel-sel saraf dan koneksinya di otak. Gejalanya bergantung pada area otak yang rusak. Demensia dapat mempengaruhi orang secara berbeda.

Demensia seringkali dikelompokkan berdasarkan kesamaannya. Mereka mungkin dikelompokkan berdasarkan protein atau protein yang disimpan di otak atau berdasarkan bagian otak yang terpengaruh. Selain itu, beberapa penyakit memiliki gejala seperti demensia. Dan beberapa obat dapat menyebabkan reaksi yang mencakup gejala demensia. Kurangnya asupan vitamin atau mineral tertentu juga dapat menyebabkan gejala demensia. Jika ini terjadi, gejala demensia dapat membaik dengan pengobatan.

4 dari 4 halaman

Mantan Ibu Negara Amerika Serikat Rosalynn Carter Meninggal pada Usia 96 Tahun

Mantan Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Rosalynn Carter meninggal di usia 96 tahun pada Minggu (19/11/2023). Dia merupakan istri dari Presiden ke-39 AS Jimmy Carter.

Carter Center mengonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa Rosalynn Carter meninggal dalam damai saat didampingi keluarga di sisinya. Pada Jumat (17/11), pihak keluarga mengumumkan bahwa Rosalynn Carter mulai menjalani hospice care di kediamannya di Plains, Georgia, dan menghabiskan waktu bersama suaminya yang berusia 99 tahun. Jimmy Carter sendiri telah menjalani perawatan serupa sejak Februari.

Hospice care adalah perawatan khusus bagi pasien, di mana tujuannya bukan lagi untuk menyembuhkan melainkan memperhatikan kualitas hidup sebelum pasien meninggal. Rosalynn Carter didiagnosis menderita demensia pada Mei.

Jimmy dan Rosalynn Carter merayakan ulang tahun pernikahan mereka ke-77 pada Juli, di mana keduanya tercatat sebagai pasangan presiden-ibu negara yang paling lama terikat pernikahan.

"Rosalynn adalah mitra setara saya dalam segala hal yang pernah saya capai," kata Jimmy Carter dalam pernyataannya.

"Dia memberi saya bimbingan dan dorongan yang bijaksana ketika saya membutuhkannya. Selama Rosalynn ada di dunia ini, saya selalu tahu seseorang mencintai dan mendukung saya."

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.