Sukses

Potret GKR Bendara, Putri Bungsu Sultan Yogyakarta yang Pernah Jadi Finalis Miss Indonesia 2009

GKR Bendara merupakan putri bungsu dari Sultan Yogyakarta yang selalu berhasik menarik perhatian warganet karena sifatnya yang ramah.

Liputan6.com, Jakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara memiliki nama kecil Gusti Raden Ajeng Nurastuti Wijareni. Ia lahir pada tanggal 18 September 1986 dan merupakan putri bungsu dari Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan GKR Hemas.

GKR Bendara dikenal dengan sifatnya yang rendah hati dan selalu ramah dengan warga meski ia anak dari Sultan Hamengkubuwono X. GKR Bendara juga tidak malu ketika videonya naik becak, pada (4/9/19), di kawasan Malioboro dekat Titik Nol Kilometer viral di media sosial.

Selain ramah, GKR Bendara juga dihormati karena kepintarannya. Ia menjalani pendidikan SMA-nya di Singapura, lalu melanjutkan pendidikan S1 di International Hospitality Management Institute, Swiss. Kemudian ia melanjutkan gelar S2-nya di Napier University, Skotlandia.

Tidak hanya fokus di bidang akademik, GKR Bendara juga fokus di bidang non akademik. Salah satunya, menjadi finalis Miss Indonesia 2009 yang mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Kemudian, pada tanggal 18 Oktober 2011, GKR Bendara memutuskan untuk menikah dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara. Tanggal pernikahan mereka sama dengan pernikahan Pangeran William, Adipati Cambridge.

Kini, GKR Bendara sudah dikaruniai dua anak dan hidup bahagia bersama keluarga kecilnya. Dirangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (14/11/23), berikut beberapa potret GKR Bendara yang semakin awet muda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Jadi Finalis Miss Indonesia 2009

GKR Bendara berhasil maju menjadi finalis 10 besar Miss Indonesia 2009 yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nama Nurastuti Wijareni

3 dari 10 halaman

GKR Bendara Tetap Terlihat Awet Muda Meski Punya 2 Anak

Meskipun sudah menjadi seorang ibu, hingga kini GKR Bendara semakin terlihat cantik dan awet muda. Kini, ia dikaruniai 2 orang anak setelah menikah dengan Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara.

4 dari 10 halaman

Menjadi Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023

GKR Bendara mendapatkan amanah menjadi Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang dilaksanakan di Jogja Expo Center pada tanggal 2-5 Februari 2023.

5 dari 10 halaman

Makin Romantis dengan Suaminya

GKR Bendara terlihat semakin romantis dan serasi dengan sang suami, Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara. Ia juga sering mengunggah foto dengan suaminya di Instagram memakai pakaian adat Jawa yang senada.

6 dari 10 halaman

Videonya Naik Becak di Wilayah Malioboro Viral di Media Sosial

Videonya naik becak di kawasan Malioboro, pada (4/9/19), viral di media sosial. Karena unggahan video tersebut, GKR Bendara menerima banyak pujian dari warganet karena masih naik transportasi tradisional.

7 dari 10 halaman

GKR Bendara Hidup Bahagia dengan Keluarga Kecilnya

GKR Bendara sering mengekspos keluarga kecilnya di Instagram. Ia juga sering mengunggah foto dengan keluarga kecilnya ketika sedang kumpul bersama.

8 dari 10 halaman

KPH Yudanegara Siapa?

Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara, yang dalam aksara Jawa ditulis sebagai ꦪꦸꦣꦟꦒꦫ (Yudhanagara), lahir pada tanggal 26 Oktober 1981 dengan nama Achmad Ubaidillah. Ia merupakan pasangan dari Gusti Kanjeng Ratu Bendara, yang merupakan putri kelima dari Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.

9 dari 10 halaman

Siapa Raja Pertama di Yogyakarta?

Pangeran Mangkubumi, yang dikenal dengan nama Sri Sultan Hamengku Buwono, membangun dan mendirikan Keraton Yogyakarta. Lahir pada tanggal 5 Agustus 1717 dengan nama Bendara Raden Mas (BRM) Sujono, ia adalah anak dari Mas Ayu Tejawati, istri selir Sunan Amangkurat IV.

10 dari 10 halaman

Berapa Istri Hamengkubuwono 2?

Hamengkubuwana II memiliki empat permaisuri (Jawa: garwa dalem), salah satunya adalah GKR. Kedhaton (1750-1820), yang merupakan putri dari Kanjeng Raden Adipati Purwodiningrat, seorang Bupati Magetan, dan memiliki seorang anak bernama GRM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.