Sukses

Hari Ayah Nasional Tanggal Berapa? Ini Info dan Sejarahnya

Masyarakat Indonesia setiap tahunnya memperingati Hari Ayah Nasional. Namun, banyak dari kita bingung kapan Hari Ayah Nasional diperingati.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia setiap tahunnya memperingati Hari Ayah Nasional. Namun, banyak dari kita bingung kapan Hari Ayah Nasional diperingati.

Hari Ayah di Indonesia mulai diperingati setiap tanggal 12 November, sejak tahun 2016 silam. Namun, Hari Ayah Nasional berbeda dengan Hari Ayah Dunia. Meski memiliki tujuan yang sama, Hari ayah sedunia tidak diperingati pada 12 November tetapi diperingati di setiap Minggu ketiga di bulan Juni.

Hari Ayah ini didedikasikan tidak hanya untuk ayah, tetapi juga, untuk figur ayah yang membentuk kita menjadi seseorang seperti sekarang ini. Oleh karena itu, yuk ketahui sejarah Hari Ayah Nasional 12 November.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Melansir dari Kemendikbud, Jumat (11/11/2023), sejarah Hari Ayah Nasional berawal dari prakarsa paguyuban paguyuban lintas agama dan juga lintas budaya tahun 2006 silam, bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Pada 2004, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan mengadakan acara Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini disambut baik para peserta dan berhasil mengumpulkan sekitar 70 surat terbaik yang kemudian dibukukan.

Namun saat acara selesai, panitia dibuat terkejut dengan pertanyaan pesertanya tentang kapan hari Ayah, karena selama ini di Indonesia hanya ada peringatan Hari Ibu yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember.

Pertanyaan tersebut membuat PPIP ingin mencari tahu kapan Hari Ayah diperingati di Indonesia. Mereka berusaha mencari informasi tentang Hari Ayah, hingga audiensi ke DPRD kota Surakarta.

Selain menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia, PPIP juga meminta kepada DPRD Kota Surakata agar memperbolehkan seseorang atau lembaga untuk menetapkan Hari Ayah apabila di Indonesia belum ada. Namun, PPIP tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Pada akhirnya Hari Ayah Nasional dideklarasikan oleh PPIP pada tanggal 12 November 2016 di Surakarta, Jawa Tengah, dan Flores, NTT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Memperingati Hari Ayah

Melansir dari Better Momes & Gardens, berikut beberapa ide atau aktivitas yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Ayah.

1. Buatkan Ayah Sarapan

Ayah layak mendapatkan sarapan yang lezat tepat ketika dia bangun. Biarkan dia tidur, lalu kejutkan dia dengan sarapan di tempat tidur di Hari Ayah Nasional.

Atau kamu juga bisa mengajak ayah memasak sarapan bersama. Biarkan dia tidur, lalu kejutkan dia dengan semua bahan untuk makanan sarapan favoritnya. Nyalakan musik dan mulailah memasak bersama.

2. Piknik

Siapkan makan siang makanan favorit ayah dan nikmati piknik di luar di taman setempat. Kamu juga bisa berpiknik dengan ayah di dekat rumah dan makan di tempat terbuka di taman atau halaman depan.

3. Bagikan kenangan favorit tentang ayah

Berbagi dan tunjukan kenangan favorit kamu tentang ayah. Hal itu akan membuat kenangan favorit tersebut tetap segar dalam pikiran.

Hal ini juga dapat membuat ayah merasa dicintai, dihargai dan membantu menumbuhkan rasa nostalgia atau perasaan memiliki. 

Kamu juga bisa membuat video kenangan terhebat keluarga kamu selama bertahun-tahun dan ajaklah semua orang duduk untuk menontonnya bersama-sama. Pastikan untuk memutarnya di layar lebar sehingga semua orang dapat melihatnya.

4. Ajak ayah berbelanja

Ayah kamu mungkin mengatakan bahwa dia tidak menginginkan apa pun tahun ini, tapi itu bisa berubah jika kamu membiarkannya memilih apa yang dia inginkan selama berbelanja.

3 dari 3 halaman

5. Melakukan perjalanan

Tumpukan keluarga ke dalam mobil, nyalakan lagu dan ambil rute yang indah. Apakah tujuannya adalah pantai atau taman nasional favorit ayah kamu, perjalanan ini pasti akan menciptakan kenangan abadi.

Kamu mungkin akan mendapati bahwa perjalanan dengan mobil akan menghasilkan beberapa percakapan terbaik yang pernah kamu dan keluarga lakukan selama bertahun-tahun.

6. Pelajari tentang silsilah keluarganya

Menelusuri silsilah keluarga ayah dapat membantu kamu mempelajari lebih lanjut tentang masa lalu dan warisan budaya keluarganya.

Mempelajari silsilah keluarga bisa menjadi cara yang bermakna untuk merasa lebih terhubung dengan keluarga kamu, dulu dan sekarang.

7. Buatlah hadiah buatan sendiri

Meluangkan waktu untuk membuat hadiah yang bisa kamu buat di rumah akan membuat hadiah itu semakin bermakna. Atau, jika ia senang membuat kerajinan tangan, jadikan itu sebagai aktivitas saat memperingati Hari Ayah.

8. Buatlah kue atau makan malam Hari Ayah

Buatlah sesuatu yang lezat yang dapat ayah kamu dan seluruh anggota keluarga nikmati. Ini adalah cara yang luar biasa untuk menunjukkan cinta kamu kepadanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.