Sukses

Komitmen Hijaukan Sumatera Lewat Program Menanam Satu Juta Pohon

Sebanyak 1.000 bibit tanaman meliputi jenis durian montong, rambutan dan mangga.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam komitmen hijaukan Sumatera, program menanam satu juta pohon kembali memperluas jangkauan pemberian bibit tanaman ke Desa Bungku, Bajubang, Batang hari, Jambi, Sumatera.

Hal ini menjadi langkah PT Marga Bara Jaya untuk membantu pelestarian lingkungan dan lebih menghijaukan bumi Sumatera. 

Sebanyak 1.000 bibit tanaman akan diserahkan secara bertahap. Donasi bibit tanaman buah ini meliputi jenis durian montong, rambutan dan mangga.

Perwakilan PT MBJ, Anton Wasito mengatakan pilihan bibit berupa buah-buahan ini diharapkan bisa membantu pembudidayaan tanaman buah di Desa Bungku. Karena selama ini di daerah desa ini mayoritas yang ditanaNam adalah jenis kelapa sawit.

"Pemberian bibit tanaman ini juga sebagai bagian dari rangkaian mulai bergulirnya program #satujutapohonMBJhijaukanSumatera yang dimulai pada Oktober 2023, kepada daerah yang berada di wilayah kerja perusahaan,” ucap Anton, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, Camat Bajubang, Ichwan, mengungkapkan bantuan dari MBJ bisa memberi dampak positif bagi warga Desa Bungku khususnya di wilayah Tanjung Mandiri yang bersentuhan dengan lokasi kerja perusahaan.

“Apapun bentuk bantuan, saya yakin akan memberi manfaat bagi masyarakat,” tegas Ichwan.

Lebih lanjut Ichwan mengatakan pilihan tanaman buah-buahan ini diharapkan bisa memicu semangat warga untuk menanam buah.

”Yang nantinya jika bibit ini dipelihara dengan baik akan membawa manfaat secara ekonomi dan juga lingkungan,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Karang Taruna Bungku

Kepala Desa Bungku, Ardani menjelaskan bahwa dalam pembudidayaan bibit buah-buahan ini ia mengajak peran serta Karang Taruna Bungku.

”Akan disediakan hamparan lahan seluas 2 hektare untuk tempat menanan bibit buah-buahan ini,” jelas dia.

Ardani berharap jika bibit ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik maka ini nantinya bisa menjadi potensi pendapatan selain bagi warga juga bagi Karang Taruna.

“Sehingga Karang Taruna bisa mengelola dana dan sebagian bisa digunakan untuk lebih menggiatkan kegiatan pemuda yang memberi dampak positif bagi mereka,” sambungnya.

Ia juga mengatakan bahwa bibit tanaman buah ini akan dibagikan juga kepada warga yang berada di luar Tanjung Mandiri, jumlah warga di Desa Bungku sekitar 340 kepala keluarga.

“Saya akan meminta Pak Kepala Dusun dan Pak RT untuk memantau proses pertumbuhan bibit ini agar bertahan hidup dan bermanfaat bagi warga,” tegas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.