Sukses

5 Sungai Terpanjang di Indonesia, Mulai Dari Sungai Kapuas Hingga Batanghari

Beragam sungai panjang tersebar di seluruh dunia, seperti Sungai Nil di Mesir dan Sungai Gangga di India. Tak hanya negara besar, Indonesia pun memiliki sungai-sungai besar dan panjang, ada beberapa yang panjangnya lebih dari 1000 km.

Liputan6.com, Jakarta Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang. Terdapat banyak Sungai-sungai panjang yang tersebar di seluruh dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah Sungai Nil di Mesir, yang mendapat julukan sebagai sungai terpanjang di dunia, serta Sungai Gangga di India, yang termasuk salah satu sungai terpanjang di Asia. 

Namun, tak hanya negara-negara besar yang memiliki sungai-sungai besar dan panjang. Indonesia, yang dikenal sebagai negara yang kaya akan kekayaan alam bahari, juga memiliki sejumlah sungai yang memanjang. Bahkan, beberapa di antaranya melampaui panjang 1000 kilometer.

Keberadaan sungai-sungai ini bisa kita jumpai di pulau Kalimantan atau Sumatra. Namun, juga ada beberapa sungai terpanjang di Pulau Jawa yang termasuk sungai terpanjang di Indonesia.

Penasaran dengan sungai terpanjang di Indonesia? berikut 5 daftar sungai terpanjang di Indonesia beserta lokasinya, dilansir dari berbagai sumber, pada Jumat (27/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Sungai Kapuas (1.143 km)

Sungai Kapuas (sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai) adalah sungai terpanjang di Indonesia, yang berada di pulau Kalimantan Barat. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di pulau Kalimantan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Dengan panjang sungai mencapai 68.39 persen dari total luas provinsi tersebut, sungai ini melintasi 7 kabupaten, termasuk Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Landak, Kubu Raya, dan Mempawah.

3 dari 11 halaman

Sungai Mamberamo (1.102 km)

Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang kedua di Indonesia, terletak di  wilayah Provinsi Papua dengan panjang mencapai 1.102 km. Sungai ini bermuara ke Samudra Pasifik setelah berhulu di Pegunungan Jayawijaya. Nama "Mamberamo" sendiri berasal dari bahasa Dani, dimana "mambe" berarti "besar" dan "ramo" berarti "air."

Sungai Mamberamo terkenal karena menjadi sungai dengan aliran terbesar di Indonesia, dengan debit air rata-rata mencapai 4,580 m3/s. Terletak di sebelah selatan Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

4 dari 11 halaman

Sungai Mahakam (920 km)

Sungai Mahakam adalah sungai terbesar di Provinsi Kalimantan Timur dan juga merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia, dengan memiliki  panjang sekitar 920 km. Sungai ini melintasi wilayah kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, mengalir melewati kabupaten Kutai Kartanegara dan kota Samarinda di bagian hilir, hingga akhirnya bermuara di Delta Mahakam, Selat Makassar.

Nama Sungai Mahakam memiliki asal-usul yang kaya makna. Bahasa Sansekerta menjadi inspirasi, di mana "Maha" merujuk pada sesuatu yang besar atau agung, sementara "Kama" merujuk pada cinta. Dengan menggabungkan keduanya, Mahakam dapat diartikan sebagai cinta yang besar atau agung, mencerminkan keindahan dan pentingnya sungai ini dalam budaya dan ekosistem Kalimantan Timur.

5 dari 11 halaman

Sungai Barito (909 km)

Sungai Barito atau dikenal sebagai Sungai Dusun adalah sungai terpanjang keempat di Indonesia yang membentang sepanjang 909 kilometer. Sumbernya terletak di Pegunungan Schwaner, Provinsi Kalimantan Tengah, sebelum mengalir ke selatan dan bergabung dengan muara Sungai Negara di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sungai Barito melintasi 10 kabupaten di Kalimantan Selatan. Daerah-daerah ini mencakup Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Barito Kuala, Banjar, Tapin, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, dan Hulu Sungai Tengah.

Salah satu daya tarik khas Sungai Barito adalah Pasar Apung yang unik. Di sini, masyarakat bertransaksi jual beli di atas perahu, menciptakan pengalaman berbelanja yang berbeda. Sungai ini juga dikenal karena Jembatan Barito yang menjadi ikonik dan merupakan salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

6 dari 11 halaman

Sungai Batanghari (800 km)

Sungai Batanghari adalah sungai terpanjang kelima di Indonesia, sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang terletak di provinsi Jambi. Sungai Batanghari memiliki panjang mencapai 800 kilometer dengan lebar sungai bervariasi antara 300 – 500 meter, dan kedalaman sungai antara 6-7 meter. 

Sungai Batanghari  berhulu  di wilayah Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Gunung Rasan yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Sedangkan  hilir Sungai Batanghari berada di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi yang mengarah ke Selat Berhala.

Sungai Batanghari ini mengalir dari barat ke timur membentang dari Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi, serta melewati beberapa Kabupaten seperti Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batanghari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

7 dari 11 halaman

Kenapa Air Sungai Kapuas Berwarna Coklat?

Air sungai Kapuas yang berwarna coklat adalah hasil dari partikel-partikel tanah dan lumpur yang terbawa dari wilayah hulu sungai di Kabupaten Kapuas Hulu. Lebih lanjut, sungai ini terkontaminasi oleh logam berat akibat aktivitas pertambangan emas ilegal yang semakin meluas di sepanjang aliran sungai tersebut.

Semakin ke wilayah hulu, aktivitas pertambangan semakin meningkat. Sementara pada masa lalu, Sungai Kapuas berfungsi sebagai jalur utama untuk transportasi antar-daerah di Kalimantan Barat.

8 dari 11 halaman

Apakah Sungai Mamberamo Termasuk Sungai Campuran?

Sungai campuran adalah sungai yang sumber airnya bisa berasal dari pencairan es (gletser), air hujan, dan dari sumber mata air. Salah satu contoh sungai campuran yaitu Sungai Digul dan Sungai Mamberamo di Papua.

9 dari 11 halaman

Apa Manfaat dari Sungai Mahakam?

Sungai Mahakam telah lama menjadi sumber air, tempat potensi perikanan, serta alat transportasi yang vital. Masyarakat Kalimantan Timur selama bertahun-tahun telah mengandalkan Sungai Mahakam untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk mandi, pasokan air minum, dan mencuci pakaian mereka.

10 dari 11 halaman

Mengapa Sungai Barito Berperan Penting Bagi Masyarakat Kalimantan?

Peranan Sungai Barito sangat signifikan dalam kehidupan masyarakat sekitar, terutama suku Bakumpai, yang memanfaatkannya sebagai sarana mobilitas dan memiliki beragam komoditas. Selain itu, sungai ini juga telah dimanfaatkan oleh Qadhi Abdusshamad di Marabahan sebagai saluran fisik untuk penyebaran dan perkembangan Islam

11 dari 11 halaman

Apa Manfaat Dari Sungai?

Sungai memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai sumber air, sebagai sumber pembangkit listrik, sumber air untuk produksi pangan, menampung dan mengalirkan air, dan sebagai tempat rekreasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.