Sukses

5 Agama Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Penduduknya, Islam Bukan Peringkat Pertama??

Keberagaman keyakinan di seluruh dunia mencerminkan warisan kemanusiaan yang kaya. Lima agama terbesar di dunia diantaranya adalah kristen, Islam, Hindu, Budha, dan agama lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Agama merupakan sistem kepercayaan terhadap kekuatan yang lebih tinggi. Dalam ilmu Antropologi, agama didefinisikan sebagai kepercayaan dan pola perilaku yang dimiliki manusia dalam menangani masalah penting dan aspek alam yang tidak dapat dikendalikan oleh teknologi maupun organisasi sosial.

Di dunia, lebih dari empat ribu agama yang tersebar dengan jumlah pengikut yang sangat banyak. Semua agama yang tersebar membawa filosofi serta ajaran agama yang diwariskan selama berabad-abad.

Mengutip dari World Atlas pada Selasa (31/10/2023), berikut urutan agama terbesar di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Kristen

Agama terbesar di dunia yang pertama yakni agama Kristen. Jumlah pemeluk agama kristen baik protestan maupun katolik mencapai 2,38 miliar orang atau sebesar 33 persen dari total penduduk di seluruh dunia.

Melansir dari data lembaga riset Pew Research Center pada 2015, sebanyak 31,2 persen penduduk dunia beragama kristen. Amerika Serikat, Brasil, dan Meksiko merupakan negara yang penduduknya beragama Kristen.

3 dari 10 halaman

Islam

Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia dengan pemeluk sebesar 1,8 miliar. Pew Research Center memprediksi agama Islam akan memiliki pengikut dengan jumlah yang hampir menyamai Kristen pada tahun 2050.

 10 negara dengan presentase penganut islam terbanyak di dunia diantaranya adalah, Maladewa, Mauritania, Somalia, Tunisia, Afghanistan, Aljazir, Iran, Yaman, Maroko, dan Niger. 

4 dari 10 halaman

Hindu

Hindu menduduki peringkat ketiga agama terbesar di dunia dengan pengikut sebanyak 1.1 miliar. Agama Hindu awalnya bermula di Negara India yang diyakini ada sejak 4.000 tahun silam yang diawali dengan masuknya bangsa Arya ke India.

Negara yang paling banyak menganut agama Hindu yakni India dengan pemeluk mencapai 79,8 persen dari total populasi. 

5 dari 10 halaman

Budha

Agama Budha merupakan agama yang berasal dari India sejak 2.500 tahun silam dengan pendirinya yakni Siddharta Gautama. Penganut agama Budha di dunia saat ini mencapai 500 juta pengikut. Adapun penganut ajaran Budha yang paling banyak ditemui yakni berada di Negara China dengan penganut sebanyak 18,3 persen atau 254,7 juta penduduk.

Negara dengan presentase umat Budha tertinggi diantaranya adalah, Kamboja, Thailand, Myanmar, Srilangka, Laos, Mongolia, dan Bhutan.

6 dari 10 halaman

Shinto

Agama yang satu ini mungkin jarang dikenal. Namun, agama Shinto ini menduduki peringkat kelima agama terbesar di dunia dengan pemeluk sebanyak 104 juta pengikut. Agama Shinto mulai berkembang di Jepang sekitar abad ke-8 Masehi. Agama ini cenderung berfungsi sebagai dasar dari banyak praktik budaya di Negara Jepang.

 

 

7 dari 10 halaman

Apa Agama Terbesar di Dunia?

Melansir dari World Atlas pada Jumat, (27/10/2023), sampai saat ini, agama terbesar di dunia yakni agama Kristen dengan pemeluk sebanyak 2 miliar. Adapun negara dengan presentase penganut Kristen tertinggi yakni, Amerika Serikat, Brasil, dan Meksiko.

8 dari 10 halaman

Berapa Jumlah Agama di Dunia?

Melansir dari Liputan 6 pada Kamis, (27/10/2023) bahwa terdapat lebih dari 4.000-4.300 agama, kelompok kepercayaan, dan denominasi yang ada di seluruh dunia saat ini, namun jumlah ini masih sangat diperdebatkan. Para peneliti dan akademisi umumnya mengkategorikan agama-agama dunia menjadi lima kelompok besar adalah Kristen, Islam, Budha, Hindu, dan Yahudi. Setiap agama memiliki jumlah pemeluk yang berbeda-beda.

9 dari 10 halaman

Berapa Jumlah Agama Terbanyak di Indonesia?

Melansir dari laman resmi Indonesia.co.id pada Kamis, (27/10/2023), meyoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam yakni dengan presentase sebanyak 87,2 persen dari total penduduk Indonesia yakni 273,87 juta jiwa. 

Sebanyak 20,45 juta (7,47%) penduduk Indonesia yang memeluk agama Kristen, sebanyak 8,43 juta jiwa (3,08%) beragama Katolik, dan 4,67 juta (1,71%) beragama Hindu.

Ada pula 2,03 juta jiwa atau 0,74 juta jiwa penduduk di tanah air yang beragama Buddha, terdapat 73,63 ribu jiwa (0,03%) memeluk agama Konghucu, serta terdapat 126,51 ribu (0,05%) yang menganut aliran kepercayaan.

10 dari 10 halaman

Apa Agama yang Paling Banyak Penganutnya di Dunia?

Menurut data World Population Review, agama yang paling banyak penganutnya adalah Kristen, dengan diikuti oleh sekitar 2,38 miliar orang di seluruh dunia. Nomor dua ada agama Islam, yang dipraktikkan oleh lebih dari 1,91 miliar orang. Namun, peneliti populasi memperkirakan bahwa Islam akan hampir menyusul Kristen pada tahun 2050.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.