Sukses

Sering Bermimpi Tentang Kematian, Ini Cara Menghentikannya Menurut Pakar Mimpi

Bermimpi tentang kematian secara terus-menerus dapat mengganggu dan meresahkan hati dan pikiran kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin kamu pernah bermimpi tentang kematian, entah itu kematian dirimu sendiri atau kematian orang lain di sekitarmu. Tentunya, bermimpi tentang kematian dapat mengganggu dan meresahkan hati dan pikiran kamu. Kamu mungkin akan bertanya-tanya apa arti mimpi kematian itu bagi hidupmu nanti.

Apabila kamu bermimpi tentang kematian, kamu tidak sendirian. Menurut direktur kesehatan di Sleepopolis, Shelby Harris, Psy.D., mengalami mimpi buruk tentang kematian adalah hal yang biasa. Lantas, bisakah mimpi ini berhenti? Berikut ulasannya, seperti yang dilansir dari halaman Verywell Mind, Jumat (15/09/23).

Apa Simbol yang Tersirat dalam Mimpi tentang Kematian?

Menurut analis mimpi, Lauri Loewenberg, kematian dalam mimpi sebenarnya bukan tentang kematian. Sebaliknya, hal ini seringkali mewakili perubahan, penutupan sebuah bab atau akhir kehidupan seperti apa yang kamu tahu.

Misalnya, apabila kamu bermimpi tentang kematian kamu, ini bisa menandakan bahwa sebagian hidup kamu akan segera berakhir. Atau apabila kamu bermimpi tentang kematian oang lain, ini menunjukkan bahwa hubungan kamu dengan mereka sedang berubah.

Daripada menganggap mimpi kematian secara harfiah, Loewenberg merekomendasikan untuk melihatnya sebagai pesan dari alam bawah sadar kamu bahwa inilah saatnya untuk maju dan berkembang.

Lauri Loewenberg mengatakan jika ada bagian dari hidup kamu akan segera berakhir, alam bawah sadar kamu menyajikannya kepada kamu sebagai kematian sehingga kamu dapat lebih mudah melepaskannya dan membuka diri terhadap pertumbuhan yang akan datang dan move on dari sesuatu yang tidak lagi dapat bertahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Apa Rasa Ketika Mimpi tentang Kematian?

Bermimpi tentang kematian bisa menyusahkan dan menyebabkan kamu mengalami berbagai emosi. Kamu mungkin merasa sedih, takut, cemas, panik, bingung, atau bahkan penasaran dengan mimpi tersebut.

Selain emosi yang intens, kamu mungkin juga mengalami gejala fisik, seperti detak jantung yang berdebar cepat, sesak napas, berkeringat, atau gerakan kaki ketika bermimpi. Tergantung mimpnya dan seberapa banyak mimpi yang kamu ingat ketika bangun tidur, emosi dari mimpi tersebut dapat bertahan lama dan memengaruhi suasana hati kamu.

Menurut pakar mimpi, Shelby Harris, Psy.D., bermimpi tentang kematian tidak berarti sesuatu yang buruk akan terjadi, mimpi itu hanya mencerminkan hal-hal yang sedang kamu proses, hal-hal yang telah kamu pikirkan, atau hal-hal yang telah kamu lihat dan dengar.

 

 

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Mimpi tentang Kematian dan Maknanya

Menurut Loewenberg, terdapat beberapa jenis mimpi tentang kematian, yaitu:

1. Mimpi Pasangan Meninggal

Mimpi bahwa pasangan kamu sedang sekarat bisa menjadi indikasi bahwa mereka sedang berubah. Ini juga bisa berarti bahwa hubungan kamu dengan mereka telah berakhir atau cara kamu memandang mereka sedang berubah.

2. Mimpi Orang Tua Meninggal

Menurut Loewenberg, arti mimpi orang tua meninggal bisa jadi disebabkan oleh perubahan dalam kehidupan orang tua atau perubahan dalam hubungan kamu dengan mereka. Namun, orang tuamu mungkin juga mewakili sebagian dari dirimu. Dalam hal ini, orang tua kamu bisa saja membela peran atau identitas kamu sendiri sebagai orang tua.

3. Mimpi Anak Meninggal

Ini bisa menjadi mimpi kematian yang paling menyedihkan untuk dialami karena ketakutan dan kesedihan yang kamu rasakan dalam mimpi itu sangat nyata. Namun, Loewenberg menjelaskan bahwa mimpi ini paling sering dipicu oleh tonggak sejarah dalam kehidupan anak kamu, seperti belajar berjalan, tumbuh melebihi buaian, mengambil pelajaran mengemudi, pergi ke perguruan tinggi, dan sebagainya.

Loewenberg menjelaskan bahwa mimpi ini cenderung terjadi ketika salah satu fase kehidupan anak kamu telah berakhir. Ini adalah cara jiwa kamu berduka atas berlalunya waktu dan berakhirnya ketergantungan anak kamu padamu sebagai orang tua.

4. Mimpi Kakak Meninggal

Arti mimpi saudara kamu meninggal bisa menandakan bahwa hubungan kamu dengan mereka berkembang dalam beberapa hal atau ada beberapa aspek kehidupan mereka berubah. Namun, saudara kamu juga bisa mewakili bagian dari dirimu dalam mimpi.

Misalnya, dia mengatakan jika kamu memiliki ciri kepribadian yang sama dengan mereka, mimpi saudara kamu meninggal bisa berarti bahwa bagian dari diri kamu sedang dalam perjalanan keluar.

5. Mimpi Teman Meninggal

Memimpikan kematian teman kamu bisa berarti persahabatan kamu dengannya memudar atau ada perubahan dalam kehidupan teman kamu di mana dia yang dulu sepertinya sudah berubah.

4 dari 4 halaman

Adakah Cara untuk Berhenti Bermimpi tentang Kematian?

Berikut beberapa strategi yang dapat membantu kamu berhenti bermimpi tentang kematian menurut Loewenberg:

1. Mengatasi Masalah yang Belum Terselesaikan

Jika hidup kamu sedang mengalami banyak perubahan, mimpi-mimpi ini mungkin merupakan alam bawah sadar kamu yang mengomeli kamu untuk melepaskan sesuatu dalam hidup kamuyang tidak lagi berfungsi. Menghadapi finalitas masalah dalam kehidupan nyata dapat membantu kamu melepaskan, bergerak maju, dan bertumbuh.

2. Fokus pada Masa Depan

Cara terbaik untuk menghentikan atau mencegah mimpi kematian adalah dengan mengalihkan fokus kamu ke depan dan secara aktif berupaya membangun impian masa depanmu. Saat kamu tertidur, pikirkan secara positif tentang apa yang kamu lakukan untuk menciptakan masa depan yang menyenangkan dan sehat bagi diri kamu sendiri.

3. Mencari Pertolongan

Jika mimpi kamu membuatmu kesal, mungkin ada gunanya menemui ahli kesehatan mental yang dapat membantu kamu mengungkap dan memprosesnya. Mereka dapat membantu kamu mengeksplorasi faktor-faktor yang memicu mimpi tersebut dan membekali kamu dengan strategi penanggulangan untuk menghadapinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.