Sukses

Raih 2 Penghargaan di MTV VMA 2023, BLACKPINK Cetak Sejarah Baru

Blackpink dalam pencapaiannya berhasil cetak sejarah di industri musik, terutama Asia, lewat penghargaan Group of the Year yang diraihnya di MTV VMA 2023.

Liputan6.com, Jakarta - MTV Video Music Awards (MTV VMA) 2023 telah sukses digelar pada Rabu, 13 September 2023, di Prudential Center di New Jersey. Dalam penghargaan bagi musisi dunia itu, Blackpink berhasil memenangkan 2 piala dengan kategori berbeda, Group of the Year dan Best Choreography.

 

Pencapaian ini menjadi sejarah baru, karena Blackpink menjadi girl group Asia pertama yang menerima penghargaan tersebut. Melansir dari Pinkvilla, Kamis (14/9/2023), setelah 24 tahun, band legendaris Amerika TLC menjadi girl group terakhir yang menang dalam kategori ini, pada tahun 1999.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi sejarah bagi Blackpink, tetapi juga menjadikan tonggak penting menyoroti dampak seismik mereka sebagai girl group KPop di panggung global.

Kategori ini dinilai sangat kompetitif, mengingat banyak artis ternama juga masuk ke dalam nominasi, seperti Måneskin, FIFTY FIFTY, New Jeans, FLO, Jonas Brothers, SEVENTEEN, dan TOMORROW X TOGETHER, tetapi girl group besutan YG Entertainment ini lah yang jadi pemenangnya.

Selain mendapatkan penghargaan dalam kategori Group of the Year di MTV VMA 2023, Blackpink juga meraih penghargaan Best Choreography atas penampilan mereka yang menawan dan menghibur dalam single hit mereka, "Pink Venom."

Blackpink Tidak Hadiri MTV Video Music Awards 2023

Sayangnya, di momen penghargaan bagi musisi dunia ini, Blackpink tidak menghadiri gelaran MTV Video Music Awards 2023. Tidak diketahui jelas alasan mengapa grup beranggotakan Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa berhalangan hadir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencapaian Blackpink lainnya

Blackpink diketahui telah melakukan tur dunia mereka yang dimulai pada 15 Oktober 2022, dan akan selesai di 17 September 2023 mendatang. Dengan dengan melakukan itu, mereka memecahkan banyak rekor sekaligus membuat rekor baru.

Hebatnya, "BORN PINK WORLD TOUR BLACKPINK" telah melampaui tonggak sejarah yang luar biasa, grup yang beranggotakan empat orang tersebut, telah berhasil mengumpulkan lebih dari 200 juta USD dalam penjualan tiket, suatu prestasi yang tak tertandingi oleh girl group lain mana pun di dunia.

Dalam pencapaian bersejarah baru-baru ini, Blackpink kembali mencapai tonggak sejarah lainnya. Dua album mereka, yaitu BORN PINK dan THE ALBUM, secara kolektif telah mengumpulkan lebih dari 2 miliar streaming di Spotify di seluruh dunia.

Pencapaian luar biasa ini mengukuhkan status Blackpink sebagai satu-satunya girl group dalam sejarah yang mencapai penghargaan tersebut. Khususnya, BORN PINK dan THE ALBUM memegang rekor sebagai album tercepat dari girl group yang mencapai pencapaian luar biasa ini.

3 dari 3 halaman

MTV VMA 2023 Dihadiri Sejumlah Artis Ternama

Gelaran MTV VMA 2023 mengundang sejumlah artis ternama dengan berbagai latar negara, termasuk Korea Selatan

Hadir pula musisi Hollywood seperti Nicki Minaj, Olivia Rodrigo, Taylor Swift, NSYNC, Selena Gomez, yang memeriahkan MTV VMA 2023. Selain itu, dua boy group populer KPop, Stray Kids dan TXT pun turut andil memeriahkan acara.

Selain tampil, sejumlah musisi juga menjadi nomine penghargaan di 25 kategori dalam MTV VMA 2023. Ada Taylor Swift yang telah memanen sebanyak 9 piala dan diikuti Blackpink membawa pulang 2 piala di kategori berbeda.

MTV VMA merupakan acara penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh MTV (Music Television), jaringan televisi musik terkenal. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1984 dan telah menjadi salah satu acara penghargaan musik paling bergengsi di industri musik pop. MTV VMA menghormati pencapaian terbaik dalam video musik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.