Sukses

Apa Itu Saturn Return dan Pengaruhnya Terhadap Zodiak Anda, Khususnya di Usia 29

Pernah mendengar tentang saturn return yang sempat viral? Ini dia penjelasannya!

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sudah melewati usia 30 tahun? Kalau diingat-ingat rasanya ketika masa-masa itu mungkin menjadi titik berat Anda dalam hidup, ya.

Bagaimana untuk Anda yang akan berusia 30 tahun? Misalnya saja bagi mereka dengan kelahiran tahun 1994-1996 mungkin akan merasakan momen tersebut sebentar lagi. Ya, saturn return bisa menjadi fenomena yang akan dialami sebelum menginjak 30 tahun.

Bagi Anda yang percaya dengan zodiak, mungkin tidak akan merasa asing dengan istilah ini. Namun, bagaimana untuk yang belum tahu? Kali ini, kami memiliki informasi tentang saturn return yang dihimpun dari MindBodyGreen, Senin (11/9/2023). 

Saturn return adalah fenomena astrologi yang terjadi setiap 30 tahun sekali—dan dapat menimbulkan kehebohan setiap kali terjadi. Inilah yang perlu diketahui tentang saturn return dan tips untuk menavigasinya.

Apa yang Dimaksud dengan Saturn Return?

Anda akan mengalami saturn return ketika planet Saturnus secara harfiah "kembali" ke tanda zodiak, derajat, dan house yang persis sama seperti saat Anda dilahirkan.

Seperti yang dijelaskan oleh ahli astrologi mbg, AstroTwins, Saturnus mengatur topik-topik seperti kedewasaan, kerja keras, akuntabilitas, dan akhirnya kedewasaan.

“Kembalinya Saturnus Anda, yang akan terjadi dua atau tiga kali dalam hidup Anda, adalah periode untuk menjadi sangat serius tentang siapa diri Anda, apa warisan Anda, dan apa yang ingin Anda tinggalkan untuk dunia,” jelas mereka.

Tentu saja, saturn return juga memberi kita tantangan dan tanggung jawab yang lebih berat. Sebab, saturn return yang pertama, akan terjadi sekitar usia 29 tahun, bisa terasa sangat berat dan sulit. Meskipun demikian, ini juga merupakan kesempatan untuk tumbuh ke fase kedewasaan berikutnya dan mengambil lebih banyak tanggung jawab.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Bisa Anda Lakukan Ketika Saturn Return

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saturn return membuka banyak peluang dan kesempatan dalam hidup, seperti:

  • Tantangan

Kemungkinannya adalah, Anda akan merasa tertantang setidaknya selama sebagian dari saturn return Anda. AstroTwins mencatat bahwa mereka menganggap transit ini sebagai pelatih pribadi atau auditor.

“Saat Anda mengaudit fondasi dan struktur inti Anda, Anda akan melihat di mana sebenarnya Anda tidak begitu kuat,” jelas mereka—yang akan menantang Anda untuk berbuat lebih baik.

  • Tanggung Jawab

Dengan planet Saturnus yang mengatur hal-hal seperti struktur dan kedewasaan, Anda mungkin akan merasakan beban penuh dari tanggung jawab Anda selama ini.

Seperti yang dikatakan oleh AstroTwins, "Anda akan menemukan kekurangan dan kelemahannya dan Anda harus memperbaikinya."

  • Tes

"Saturnus memberimu ujian atas otoritasmu sendiri," AstroTwins menjelaskan.

Selama saturn return, Anda mungkin merasa seolah-olah alam semesta sedang menguji Anda di setiap kesempatan, dan Anda memiliki dua pilihan: mengikuti kesempatan tersebut, atau tetap bermain.

  • Krisis eksistensial

"Terkadang ada krisis eksistensial yang terjadi saat saturn return. Itulah sebabnya orang melihatnya sebagai sumber penderitaan," kata AstroTwins.

Karena sifat periode ini, tidak hanya terjadi banyak perubahan, tetapi juga pertumbuhan. Oleh karena itu, hidup Anda mungkin terasa berubah total saat Anda memasuki babak baru—yang mungkin terasa menyenangkan tapi juga menakutkan, hingga membuat Anda mempertanyakan segalanya.

  • Pertumbuhan

Jika semua cobaan dan kesengsaraan akibat saturn return ada benarnya, maka itu pasti pertumbuhan.

“Kamu tidak akan bisa mengambil jalan pintas selama ini,” kata AstroTwins.

Meskipun sulit untuk mengatasi kelemahan tersebut, saturn return pada akhirnya merupakan peluang untuk menjadi lebih kuat dan mempelajari keterampilan baru.

3 dari 4 halaman

Pengaruh Saturn Return Terhadap Zodiak

Bergantung pada posisi Saturnus dalam birth chart Anda, saturn return Anda kemungkinan besar akan membawa tema tertentu. Periksa kembali tanda Saturnus saat Anda dilahirkan.

Di mana, saat saturn return, Anda akan mengalami sesuatu dan bacalah artinya, seperti di bawah ini:

  • Saturnus pada Fire sign (Aries, Leo, dan Sagitarius)

Jika Saturnus ada di Aries, Leo, atau Sagitarius pada birth chart Anda, saturn return Anda mungkin akan menekankan pentingnya memperlambat, tidak terburu-buru dalam melakukan segala sesuatunya, dan melakukan segala sesuatu sesuai aturan daripada selalu melakukan segala sesuatu sesuai keinginan Anda.

Orang-orang dengan Saturnus dalam tanda api sangat mandiri dan berorientasi pada tindakan, tetapi mereka bisa mengambil jalan pintas atau menjadi egois dan gegabah.

Jadi, Saturnus mengajari Anda cara mempertimbangkan orang lain dalam mengambil keputusan—dan tidak terlalu mandiri sehingga justru menciptakan kekacauan dalam hidup Anda.

  • Saturnus pada Earth sign (Taurus, Virgo, dan Capricorn)

Jika Saturnus Anda ada di Taurus, Virgo, atau Capricorn, AstroTwins menjelaskan bahwa kembalinya Saturnus Anda mungkin mendorong Anda untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru.

“Orang-orang ini bisa jadi sangat terlindung, tidak mengambil risiko, atau melakukan sesuatu sesuai aturan,” katanya, seraya menambahkan bahwa mereka adalah “anak laki-laki dan perempuan yang baik.”

Namun saturn return akan memungkinkan mereka belajar menemukan otoritas batin mereka sendiri, serta mengambil peran kepemimpinan.

4 dari 4 halaman

Pengaruh Saturn Return Terhadap Zodiak Lainnya

  • Saturnus pada Air sign (Gemini, Libra, dan Aquarius)

Mereka yang memiliki Saturnus di Gemini, Libra, atau Aquarius bisa menjadi sedikit cepat dan longgar dalam berkata-kata, atau agak tersebar ke jutaan arah. Alasannya tentu saja merupakan ciri khas energi udara. Namun saturn return dapat membantu mereka mengatasi hal ini.

Hal ini mungkin mendorong mereka untuk "fokus, dan membuat lebih banyak rencana sebelum bertindak—dan berpikir sebelum bertindak," kata AstroTwins, sambil menambahkan, "Ini memberikan kebijaksanaan."

  • Saturnus pada Water sign (Cancer, Scorpio, dan Pisces)

Dan terakhir, jika Saturnus Anda berada di Cancer, Scorpio, atau Pisces, saturn return berarti kematangan emosional bagi Anda. Ini mungkin terasa sangat berat dan dilakukan dengan perasaan yang mendalam, tapi itulah intinya.

Orang-orang dengan tanda Saturnus di dalam air akan "belajar bagaimana mendapatkan kematangan dan pengendalian emosi, tidak hanya bereaksi atau terjebak dalam ketakutan sepanjang waktu," kata si kembar. "Mereka belajar bagaimana mendapatkan disiplin emosional dan ketelitian."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.