Sukses

Studi: Berkencan dengan Pria yang 6 Tahun Lebih Tua Bikin Wanita Lebih Bahagia

Kita semua pernah mendengar bahwa beberapa wanita lebih suka berkencan dengan pria yang lebih tua, apa sebenarnya alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Berkencan bisa jadi hal yang rumit dan membingungkan bagi banyak orang, namun tampaknya cukup banyak wanita yang sudah mengetahui dengan tepat apa yang mereka inginkan dan cari. 

Kita semua pernah mendengar bahwa beberapa wanita lebih suka berkencan dengan pria lebih tua, apa sebenarnya alasannya? Kedewasaan, kestabilan emosi, dan kebijaksanaan adalah beberapa hal utama yang dicari wanita dari pria.

Dan inilah tepatnya mengapa kebanyakan dari mereka memilih pria yang sedikit lebih tua. Bahkan ada sebuah penelitian menarik yang menunjukkan bahwa sebagian besar wanita menganggap pasangan sempurna mereka berusia 6 tahun lebih tua dari mereka.

Inilah sebabnya mengapa sebagian wanita lebih memilih berkencan dengan pria yang lebih tua. Beberapa orang mungkin memberikan stereotip atau stigma negatif pada hubungan ini, seperti motif cewek materialistis, namun ternyata tidak demikian halnya dengan banyak pasangan

Hal ini mungkin benar atau tidak dalam banyak kasus, karena banyak wanita memiliki alasan berbeda untuk bersama seseorang yang lebih tua dari mereka.

Kita mungkin sering melihat perbedaan usia yang signifikan dalam beberapa film romantis, namun kenyataannya perbedaan usia ideal dalam suatu hubungan tidaklah terlalu besar.

Menurut studi yang dilakukan oleh WhatsYourPrice.com, sebuah website yang memungkinkan orang untuk mencari teman kencan pertama, perbedaan usia yang ideal adalah 6 tahun, dimana pria adalah yang lebih tua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebanyakan wanita tidak suka berkencan dengan pria seusia mereka

Studi tersebut mengamati lebih dari 100.000 kencan pertama antara pria yang lebih tua dan wanita yang lebih muda. Dan temuannya adalah wanita paling tertarik pada pria yang berusia 6 tahun lebih tua darinya. 

Menurut Brandon Wade, CEO WhatsYourPrice, “Wanita cenderung lebih cepat dewasa dibandingkan pria. Karena alasan ini, kebanyakan wanita tidak suka berkencan dengan pria seusia mereka atau yang lebih muda dari mereka.”

Ia juga menambahkan, selain perbedaan usia 6 tahun, perempuan pada umumnya lebih memilih berkencan dengan pria yang usianya kurang dari 10 tahun lebih tua.

3 dari 4 halaman

Banyak selebritas memilih pasangan yang jauh lebih tua

Selama ini juga ada banyak selebritas yang menikah dengan pria yang jauh lebih tua. Seperti contohnya saja Calista Flockhart yang menikah dengan Harrison Ford mengaku perbedaan usia bukanlah masalah baginya. 

“Itu tidak mengganggu saya. Kadang-kadang saya bahkan berkata, ’Wah, saya terus lupa kalau dia 22 tahun lebih tua dari saya’,” jelasnya dilansir dari Brightside

Ada pula Hilaria Baldwin yang mengakui bahwa dia tidak menyangka akan jatuh cinta pada Alec Baldwin, karena Alec Baldwin jauh lebih tua darinya. 

“Saya tidak menyangka akan jatuh cinta dengan seseorang yang 26 tahun lebih tua dari saya, namun Anda tidak dapat menahan kepada siapa Anda akan jatuh cinta."

4 dari 4 halaman

Pakar Beri Saran Bagi Pasangan yang Beda Usia, Jangan Takut Hadapi Stereotip

Blake Lively dan Ryan Reynolds. Priyanka Chopra dan Nick Jonas. Jay-Z dan Beyonce. George dan Amal Clooney. Ya, deretan pasangan ini dikenal memilih menikah dengan orang yang jauh seusia mereka. Bagi para selebritas ini, usia hanyalah angka. 

Meskipun hubungan cinta mereka tampaknya berhasil, seringkali ada stigma yang melekat pada perbedaan usia yang lumayan jauh, dan orang-orang dapat dengan cepat membuat stereotip. 

Stereotip tersebut mengatakan, jika Anda berkencan dengan seseorang yang jauh lebih muda atau lebih tua dari Anda, hubungan tersebut tak bisa bertahan lama. 

Menurut Dr. Sarah Hill, psikolog dan profesor psikologi seksual di Texas Christian University, hubungan perbedaan usia mungkin terasa unik, tetapi sebenarnya mereka sama seperti pasangan lain di luar sana dengan beberapa pertimbangan tambahan. 

Setelah mempelajari pasangan dengan perbedaan usia, Hill mengatakan tidak ada aturan khusus tentang berkencan dengan seseorang dengan perbedaan usia yang signifikan. 

"Seperti semua hubungan yang baik, hubungan perbedaan usia yang sehat ditentukan oleh keintiman emosional, komitmen, keamanan, dan kepercayaan, terlepas dari usia pasangan yang terlibat."

Meskipun demikian, masih ada stigma yang harus dinavigasi dalam hubungan perbedaan usia seperti teman yang bergosip tentang perbedaan usia Anda atau orang lain bercanda tentang stereotip. Jika Anda berada dalam hubungan, perbedaan usia sekarang atau Anda sedang mempertimbangkannya, ada saran kencan terbaik untuk hubungan perbedaan usia, menurut para ahli.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.