Sukses

Patut Dicoba, Ini 5 Manfaat Rutin Berenang Bagi Kesehatan Anda

Berenang tidak hanya menyenangkan, tetapi ada beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan olahraga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Tetap aktif secara umum adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan otak, menguatkan otot dan tulang, mengurangi risiko penyakit kronis dan banyak lagi. 

Berenang tidak hanya menyenangkan, tetapi ada beberapa manfaat kesehatan yang terkait dengan olahraga tersebut. Dilansir dari Good House Keeping, Senin (21/82023) beberapa dari sekian banyak keuntungan berenang secara teratur antara lain:

1. Memberikan latihan ke seluruh tubuh

Berenang mungkin saja menjadi salah satu olahraga paling efisien di luar rumah karena menggunakan semua otot di tubuh, baik Anda melakukan gaya punggung santai atau gaya kupu-kupu keras. Berenang membutuhkan keterlibatan inti, menggunakan lengan untuk sebagian besar gaya renang dan merekrut kaki untuk membantu mendorong tubuh melewati air. Otot bokong Anda juga mendapatkan latihan yang intens, seperti halnya otot punggung Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga teratur secara umum menawarkan beberapa manfaat kesehatan jantung, termasuk membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL "baik", dan mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok orang dewasa hipertensi menemukan bahwa program latihan aerobik air selama 10 minggu menghasilkan penurunan tekanan darah sistolik, dengan literatur selanjutnya menunjukkan hasil yang serupa. Meskipun ada manfaat pada kecepatan yang lebih santai, penelitian menunjukkan bahwa program renang intensitas tinggi mendorong penurunan tekanan darah sistolik dan detak jantung istirahat yang signifikan.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan kapasitas paru-paru

Paru-paru adalah organ penting lainnya yang menjadi pusat perhatian selama berolahraga. Paru-paru Anda membawa oksigen ke tubuh untuk menyediakan energi dan juga mengeluarkan karbon dioksida sebagai produk limbah, namun jantung memompa oksigen tersebut ke otot yang melakukan latihan yang sebenarnya. 

Saat Anda menjalani latihan, tubuh Anda menggunakan lebih banyak oksigen dan detak jantung Anda meningkat sebagai respons terhadap hal ini. Paru-paru Anda harus bekerja lebih keras untuk bernapas selama latihan, dan bahkan meningkat untuk memenuhi permintaan yang meningkat ini saat Anda berolahraga secara konsisten. 

Ini dapat menghasilkan peningkatan kapasitas paru-paru dari waktu ke waktu jika Anda tetap disiplin dengan rejimen latihan Anda. Penelitian yang dilakukan pada perenang elit menemukan bahwa mereka secara statistik memiliki kapasitas paru-paru yang lebih unggul bahkan jika dibandingkan dengan pemain sepak bola.

4 dari 5 halaman

4. Mengencangkan dan memperkuat otot

Berenang adalah latihan tubuh total, tetapi beberapa pukulan dapat menargetkan otot tertentu lebih dari yang lain. Gaya punggung, misalnya, mengandalkan keterlibatan berat dari otot dada, paha, dan bokong. Stroke kupu-kupu terutama menargetkan otot trisep, bisep, dan bahu.

Gaya dada khususnya merekrut kekuatan tubuh yang jauh lebih rendah. Tetapi semua pukulan memiliki manfaat yang berbeda dan dapat menghasilkan tonus dan definisi otot yang luar biasa. Plus, air menciptakan 12 hingga 14 kali resistensi daripada udara, yang selanjutnya dapat membantu meningkatkan kekuatan.

5 dari 5 halaman

5. Membantu menjaga berat badan

Berenang, bersama dengan diet seimbang, dapat mendukung berat badan yang sehat. Dengan kecepatan sedang, berenang membakar sekitar 275 kalori per jam. Tetapi meningkatkan intensitas dapat membakar lebih dari 500 kalori untuk jumlah waktu yang sama. 

Tetap konsisten dengan aktivitas adalah kunci untuk melihat hasil jangka panjang dan menjaga berat badan. Perlahan-lahan tingkatkan hingga 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang, 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi, atau campuran keduanya setiap minggu seperti yang direkomendasikan oleh CDC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.