Sukses

8 Cara Menghadapi Orang yang Mencoba Menjatuhkan Anda

Ada delapan cara menghadapi orang yang mencoba menjatuhkan Anda, berikut ulasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Rata-rata manusia, baik secara sadar maupun tidak, pasti pernah memiliki sikap yang bisa menyakiti orang lain, seperti menghina, mengkritik secara berlebihan, memanggil dengan sebutan yang tidak disukai, dan sebagainya. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif apabila dilakukan secara terus-menerus. Namun, Anda tidak akan dapat mencegah tindakan orang lain, Anda hanya dapat mengontrol respons Anda terhadap tindakan orang lain tersebut.

Lantas bagaimana cara memberikan reaksi yang tepat saat orang lain mencoba menjatuhkan Anda? Berikut ini caranya, seperti yang dilansir dari halaman Brigth Side pada Kamis (17/08/23).

1. Hindari Amarah

Pada umumnya, marah merupakan reaksi pertama yang dilakukan setelah menghadapi sikap seseorang yang menjatuhkan. Padahal, kemarahan hanya membuat Anda rentan karena seolah-olah Anda menunjukkan bahwa orang lain telah berhasil menjatuhkan Anda. Selain itu, kemarahan juga akan menimbulkan banyak konflik karena saat marah Anda tidak akan dapat berpikir jernih.

2. Jaga Jarak 

Terkadang, sebagian orang tidak menyadari bahwa perilakunya dapat mengubah sikap positif orang lain. Ia hanya mempertahankan ketakutan dan prasangka mereka sendiri. Cara terbaik untuk menghindari situasi seperti itu adalah dengan menerima bahwa yang dikatakan orang lain itu hanya berbicara tentang situasi yang ia hadapi, belum tentu tentang situasi Anda yang sebenarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Luangkan Waktu Anda untuk Merespons

Ketika Anda merasa komentar atau tindakan yang dilakukan orang lain telah menyinggung Anda, cara terbaik yang harus dilakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan membiarkan waktu berlalu sebelum bereaksi. Dengan melakukan hal itu, akan memberi Anda lebih banyak perspektif tentang hal yang baru saja terjadi dan dapat membantu Anda mengambil keputusan yang baik, seperti memberikan respons yang damai.

4. Terima atau Tolak Hinaan dengan Ramah

Anda memiliki hak untuk menentukan respons yang akan Anda berikan terhadap komentar atau tindakan orang lain. Untuk menghindari konflik, Anda dapat melakukan dua opsi berikut:

  • Terima: Beri tahulah orang tersebut dengan cara yang tenang bahwa yang ia katakan itu benar dan Anda setuju dengan itu.
  • Tolak: Beri tahulah orang tersebut dengan ramah dan tegas bahwa yang ia katakan itu salah, tetapi itu tidak mengganggu Anda.

 

3 dari 4 halaman

5. Minta Penjelasan

Terkadang, penghinaan tidak dapat dikenali karena disamarkan sebagai pujian, tetapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat Anda hentikan. Bertanyalah alasan orang tersebut mengatakan hal itu atau maksud dari perkataannya itu. Setidaknya, dengan hal tersebut dapat membantu Anda untuk membuka diri dan bercengkrama secara ramah tanpa rasa benci dengan orang tersebut.

6. Abaikan Orang yang Menindas Anda

Dengan mengabaikan orang yang berusaha menjatuhkan Anda, mungkin ia akan mengerti bahwa Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk meladeni komentar atau tindakan negatif itu. Selain itu, cara ini juga menunjukkan bahwa Anda sudah menetapkan batasan, seakan-akan ia tidak berpengaruh dalam hidup Anda.

 

 

4 dari 4 halaman

7. Gunakan Selera Humor Anda

Melawan amarah dengan humor bisa menjadi alternatif yang baik pada waktu yang tepat. Cara ini baik untuk menunjukkan bahwa Anda tidak akan memainkan permainan kecil orang yang menjatuhkan Anda itu, justru Anda dapat membantu meredakan ketegangan. Namun, perlu diingat bahwa ini bisa menjadi bumerang apabila Anda mengambil cara yang salah.

8. Jaga Jarak Aman dari Orang yang Negatif

Cara yang sehat untuk menghadapi orang yang menjatuhkan Anda adalah dengan menjaga jarak, seperti menghindari komunikasi dengan orang itu dalam keadaan tertentu agar tidak menimbulkan konflik. Tindakan ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.