Sukses

5 Tips Agar Nge-Gym Tetap Aman Tanpa Bau Keringat Berlebih

Buat Anda yang suka nge-gym, ikuti tips di sini, ya!

Liputan6.com, Jakarta Olahraga memang selalu identik dengan keringat yang dikeluarkan saat Anda sedang melakukan workout. Sayangnya, kadang-kadang keringat yang keluar tersebut bisa jadi mengeluarkan bau yang tidak sedap. Dari bau yang tidak sedang ini, alhasil bisa sangat menganggu, baik dari diri sendiri ataupun orang lain. Termasuk jika Anda sedang berolahraga di gym.

Meskipun berkeringat memang sangat normal dan alami, tentunya tidak ada satu orang pun yang mau bertanggungjawab jika seandainya tempat gym penuh dengan bau badan yang kurang sedap. Sayangnya, bau badan tentu menjadi hal yang sangat dihindari.

Bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri sendiri, ketika mencium bau badan orang lain saja pasti membuat Anda akan menjauh. Apalagi jika ditambah saat berolahraga dan bau menyeruak karena keringat berlebih sehingga membuat orang lain sulit menanggungnya. 

Namun, saat melakukan olahraga berat seperti di gym, memangnya bisa mengontrol bau badan diri sendiri? Jawabannya tentu saja bisa! Nah, jika menurut Anda body spray dapat membantu Anda, mungkin itu ide yang bagus tetapi tidak untuk durasi yang lebih lama. Saat bakteri tumbuh dengan cepat saat Anda berkeringat, itu bisa mengalahkan pewangi buatan. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan agar tetap wangi meski berkeringat?

Baca terus untuk mengetahuinya tipsnya seperti yang sudah kami himpun dari TimesofIndia, Selasa (15/8/2023). Jangan lupa diterapkan juga setelah Anda selesai membacanya, ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mandi Sebelum Berolahraga

Siapa yang suka lupa atau sengaja tidak mandi terlebih dahulu sebelum berolahraga di gym? Bisa jadi alasannya karena untuk apa mandi jika nanti akan berkeringat lagi setelah selesai berolahraga.

Memang tidak bisa dipungkiri jika Anda mulai latihan di gym, Anda pasti akan lebih banyak berkeringat dibandingkan saat berolahraga sendirian di rumah. Meskipun begitu, selalu pastikan Anda selalu mandi terlebih dahulu sebelum berolahraga. 

Apalagi jika Anda termasuk orang yang rentan mengalami bau badan yang tidak sedap, maka mandi sebelum pergi ke gym harus dilakukan sebagai kewajiban. Selain dapat mengurangi bau badan, Anda juga akan merasa segar serta memperlambat pertumbuhan bakteri dari keringat.

3 dari 4 halaman

2. Perhatikan Kebiasaan Makan Anda

Sudah bukan rahasia lagi, jika apa yang Anda makan sangat memengaruhi tubuh. Dalam hal ini rupanya juga terhadap bau badan. Oleh karenanya, perhatikan apa yang Anda makan karena kebiasaan makan Anda dapat sangat memengaruhi bau badan Anda.

Jika Anda banyak berkeringat, hindari makan bawang merah, bawang putih, makanan pedas dan semua makanan yang dapat menyebabkan bau badan dan bau tidak sedap.

3. Pakai antiperspirant

Setelah mandi atau sebelum berangkat nge-gym, pastikan menggunakan antiperspirant terlebih dahulu. Alih-alih menggunakan deodoran.

Sebab, antiperspirant memang sudah dirancang khusus untuk mengontrol bau badan penggunanya. Jadi, agar tetap aman dan nyaman, jangan sampai lupa menggunakan antiperspirant, ya.

4 dari 4 halaman

4. Investasi pada Pakaian Olahraga

Anda tentu sudah mengetahui bahwa pakaian olahraga sebenarnya berperan penting dalam mengontrol keringat tubuh. Jika menurut Anda mengenakan pakaian ketat itu bagus untuk Anda, sebenarnya itu hanya dari sudut pandang kebugaran. 

Akan tetapi, jika menyangkut bau badan, mereka dapat menyebabkan lebih banyak keringat karena memungkinkan keringat mengalir lebih lama dan karenanya dapat menyebabkan bau badan. Gunakan pakaian yang memang dapat menyerap keringat dan membuat kulit bernapas.

5. Membawa handuk tangan

Tips terakhir yang tidak kalah penting, yaitu selalu sedia handuk tangan atau hand towel di dalam tas gym Anda. Walaupun bentuknya kecil, handuk tangan sangat membantu mengatasi keringat berlebih.

Gunakan handuk tangan untuk mengeringkan area yang berkeringat, sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.