Sukses

Begini Cara Membuat Makalah yang Benar Sesuai Strukturnya, Jangan Sampai Salah

Penting bagi para siswa dan mahasiswa untuk mengetahui cara membuat makalah yang benar. Berikut telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang susunan makalah yang baik dan benar.

Liputan6.com, Jakarta Makalah merupakan salah satu tugas yang kerap diberikan kepada siswa di bangku sekolah atau juga mahasiswa di bangku kuliah. Makalah sendiri merupakan karya tulis yang memuat pembahasan topik atau masalah tertentu.  

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. 

Lantaran makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah, maka cara penulisannya pun harus sesuai dengan ketentuan. Pasalnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat makalah. 

Makalah juga terdiri dari beberapa struktur. Struktur makalah mencakup pendahuluan, paragraf tubuh, dan kesimpulan. Selain itu, makalah juga harus ditulis menggunakan bahasa baku yang sesuai dengan EYD.

Selain itu, makalah juga sebaiknya dapat menjelaskan inti dari informasi yang diperoleh dari berbagai sumber hingga menjadi satu kesatuan yang dapat menjawab tujuan dari dibuatnya makalah tersebut. 

Itu mengapa penting bagi para siswa dan mahasiswa untuk mengetahui contoh makalah yang benar. Berikut telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang susunan makalah yang baik dan benar:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Susunan Struktur Makalah

1. Judul/sampul

Judul atau sampul sebuah makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun dibuatnya makalah tersebut. Nama penulis harus ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar.

2. Abstrak

Abstrak makalah ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

3. Daftar Isi

Daftar isi makalah harus memuat informasi mengenai halaman dari isi makalah tersebut. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. 

Tentunya hal tersebut agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar makalah mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Susunan Struktur Makalah Selanjutnya

5. Pendahuluan

Pendahuluan makalah adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah. Pendahuluan disusun oleh dan berdasarkan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan dapat dijelaskan secara umum dan singkat namun harus mencakup tujuan dan makna yang jelas.

6. Latar Belakang

Latar belakang makalah menjelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta dianalisa dalam makalah. Latar belakang harus dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

7. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berisi pokok masalah yang ditemukan. Rumusan masalah harus dibuat singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang diteliti. Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

7. Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal.

8. Isi

Isi makalah harus menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan. Data yang diperoleh dapat merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Struktur Makalah Berikutnya

9. Kesimpulan

Kesimpulan makalah adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

10. Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca.

11. Penutup

Penutup akan berisi tentang harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian. Pada bagian penutup perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

12. Daftar Pustaka

Yang terakhir adalah daftar pustaka. Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.