Sukses

4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Cuaca Panas

Berikut ini adalah jenis minuman yang sebaiknya dihindari saat cuaca panas

Liputan6.com, Jakarta Di beberapa negara, jutaan orang berada di bawah peringatan panas karena suhu naik di beberapa tempat. Jelas bahwa suhu ekstrem berbahaya.

Anda mungkin tahu untuk menghindari aktivitas luar ruangan yang berat, pastikan tetangga lanjut usia memiliki AC, memakai banyak tabir surya, dan tetap terhidrasi. Tetapi ketika sampai pada poin terakhir ini, para ahli mengatakan ada minuman tertentu yang harus Anda hindari sama sekali selama gelombang panas untuk membantu menurunkan risiko mengalami efek sampingnya.

Dihimpun dari Bestlife, berikut ini jenis minuman yang tak boleh dikonsumsi saat cuaca panas.

1. Kopi dan teh

Menurut Mayo Clinic, "Sebagai bahan kimia, kafein meningkatkan produksi urin, yang berarti kafein bersifat diuretik. Tetapi sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa cairan dalam minuman berkafein menyeimbangkan efek diuretik dari kadar kafein pada umumnya."

Tapi ini semua tergantung pada seberapa terbiasa tubuh Anda dengan kafein. Jika Anda minum kopi atau teh setiap hari dan diimbangi dengan banyak air, Anda mungkin aman untuk mengonsumsi minuman ini secukupnya selama gelombang panas.Namun, jika tubuh Anda sensitif terhadap kafein, itu bisa menimbulkan efek dehidrasi yang besar.

2. Soda

Soda juga mengandung kafein dan karenanya harus dihindari juga. Selain itu, soda biasanya mengandung gula yang sangat tinggi, yang menurut penelitian dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

"Ini mungkin karena interaksi gula dan air di dalam sel," jelas Medical News Today. Asupan gula yang lebih tinggi menyebabkan sel-sel dalam tubuh mentransfer lebih banyak air dan meningkatkan buang air kecil.

Faktanya, sebuah studi Juli 2016 yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology menemukan bahwa minuman bersoda memperburuk dehidrasi dan meningkatkan cedera ginjal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Minuman energi

Kafein adalah pelakunya di sini, sekali lagi.

"Beberapa minuman berenergi mengandung lebih banyak kafein daripada porsi standar kopi, teh, atau minuman ringan," CDC memperingatkan. Mereka juga mungkin mengandung lebih banyak gula daripada minuman ringan.

Namun perlu diingat bahwa minuman berenergi dan minuman olahraga adalah dua hal yang berbeda. Yang terakhir (di mana Gatorade adalah contohnya) mengandung elektrolit, yang dapat "menggantikan garam dan mineral yang hilang dari keringat," catat Palang Merah Amerika.

4. Alkohol

Margarita atau bir dingin terdengar seperti cara sempurna untuk mendinginkan diri di hari yang terik. Tetapi para ahli sepakat bahwa meminum alkohol selama gelombang panas adalah pilihan terburuk.

Alkohol adalah diuretik yang terbukti, yang berarti meningkatkan produksi urin Anda dan dengan demikian menguras air tubuh Anda. Menurut Palang Merah Amerika, "Ini terutama berlaku untuk bir, yang membuat tubuh dehidrasi."

Dan jika Anda bekerja di luar, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan agar tidak minum alkohol "dalam waktu 24 jam setelah bekerja dalam cuaca panas", karena dapat "meningkatkan risiko penyakit akibat panas".

Apalagi menurut Flushing Hospital, “Suhu tubuh diatur oleh kelenjar hipotalamus. Alkohol akan menyebabkan hipotalamus melambat, sehingga jika tubuh sudah panas karena kepanasan, efek alkohol akan membuat tubuh berpikir. bahkan lebih panas."

3 dari 4 halaman

5 Pasangan Zodiak yang Tidak Cocok Bersama Menurut Astrologi

Zodiak berperan terhadap karakter dan kepribadian seseorang. Melalui zodiak, kemungkinan kehidupan cinta bisa diprediksi.

Termasuk zodiak yang bisa saling cocok satu sama lain dan berpotensi memiliki hubungan langgeng. Atau, zodiak yang tidak bisa saling melengkapi yang menyebabkan hubungan berakhir.

Pasangan zodiak tertentu menghadapi lebih banyak tantangan karena perbedaan gaya komunikasi, nilai dan prioritas.

Mereka memiliki pehamahan yang berbeda tentang hal-hal yang umumnya tidak sesuai. Seperti beberapa pasangan zodiak yang kerap dianggap terburuk dan tak cocok dalam segala hal menurut astrologi, seperti melansir dari Times of India, Kamis (20/7/2023).

1. Aries dan Cancer

Aries dikenal karena ketegasan dan sifat mandirinya, yang mungkin bertentangan dengan kepekaan dan kebutuhan emosional Cancer.

Pendekatan langsung Aries secara tidak sengaja melukai perasaan Cancer, yang bisa menyebabkan seringnya kesalahpahaman dan kekacauan emosional. 

Gaya komunikasi dan temperamen emosional mereka yang bertolak belakang bisa menciptakan ketegangan dan frustasi.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

6 Zodiak yang Paling Suka Bengong, Sering Enggak Nyambung Saat Diajak Ngobrol

Kadang-kadang Anda harus melambai ke wajah seseorang atau secara harfiah membuat mereka keluar dari bengong. Mereka sebagian besar berada di dunia kecil mereka sendiri, dan semoga berhasil mengeluarkan mereka dari sana.

Orang-orang ini mungkin tidak hadir sepenuhnya dan kemungkinan Anda harus memberi tahu mereka lebih dari satu kali supaya mereka ingat. Bisa dibilang mereka sibuk, tapi itu mungkin meremehkan: Orang-orang tertentu selalu seperti pikirannya tidak nyambung saat diajak mengobrol dan astrologi bisa menjadi alasannya. 

Berikut ini yang termasuk zodiak tersebut menurut Bestlifeonline.

1. Aries

Aries terus bergerak. Mereka ingin sukses, sehingga mereka bisa pergi dari nol sampai 100 cukup cepat. Tapi itu berarti mereka mungkin juga sedikit tidak menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.