Sukses

Sering Merasa Takut Saat Makan Sendirian di Tempat Umum? Mungkin Kamu Alami Fobia Ini

Anda suka merasa takut dan resah saat makan sendirian di restoran? Bisa jadi Anda memiliki solomangarephobia. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Liputan6.com, Jakarta Makan bersama-sama bersama teman atau keluarga memang seru. Namun, makan sendirian juga tidak masalah kok. Sayangnya, ada banyak orang yang sering merasa takut untuk makan sendirian di restoran atau kafe, sehingga banyak yang merasa malu untuk melakukannya. Bisa jadi mereka takut dan khawatir akan menjadi pusat perhatian sekelilingnya karena bisa dianggap kesepian dan tidak memiliki teman untuk diajak makan bareng. Apakah Anda juga termasuk orang yang seperti ini? 

Jika tidak pernah mau untuk makan sendirian, bisa jadi Anda memiliki solomangarephobia, salah satu fobia yang mungkin jarang didengar sebelumnya. Penasaran seperti apa tanda-tanda fobia yang satu ini? Yuk, simak penjelasannya dari berbagai sumber yang telah kami rangkumkan di sini!

Apa itu solomangarephobia?

Solomangarephobia adalah fobia yang menandakan seseorang yang memiliki ketakutan saat makan sendirian di area publik, seperti restoran atau kafe. Biasanya seseorang yang memiliki ketakutan ini akan merasa baik-baik saja ketika makan sendirian di rumah atau tempat tinggal, tapi ketika di luar, mereka akan merasa ketakutan dan cemas. Fobia ini bisa dialami oleh siapapun, bahkan bagi mereka yang suka solo traveling sekalipun.

Seseorang yang mengalami solomangarephobia sebenarnya tidak menginginkan kehadiran orang lain untuk menemaninya ketika sedang makan. Namun lebih kepada pandangan orang lain yang berbeda terhadap diri mereka sendiri. Apalagi banyak orang yang merasa belum terbiasa melihat orang lain makan sendirian dan sering memandang aneh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-tanda Anda Mengalami Solomangarephobia

Apakah Anda mempunyai solomangarephobia? Berikut ini beberapa tanda yang mungkin ditunjukkan, seperti:

  • Menjadi lebih pemilih saat makan di restoran.
  • Mengamati seluruh isi restoran dengan perasaan was-was.
  • Merasa lebih nyaman makan di kafe daripada restoran.
  • Melihat posisi dan penataan meja restoran lebih dulu.
  • Mencari meja makan yang memungkinkan untuk bergabung dengan orang lain.
  • Panik saat dilihat beberapa orang ketika makan sendiri.
  • Tidak pernah lepas dari earphone bahkan saat makan sekalipun.

Biasanya karena makan sendiri ini, Anda akan sering merasa aman dan nyaman untuk berbagi meja dengan orang lain. Hal ini karena tidak akan memandang aneh diri Anda jika dibandingkan duduk sendiri di satu meja dengan beberapa kursi yang tersedia.

3 dari 4 halaman

Tips Makan di Restoran bagi Solomangarephobia

Merasa takut makan sendiri tapi tetap harus Anda lakukan karena ingin sekadar me time, sedang solo traveling, atau tidak ada teman yang diajak untuk jalan? Ini dia tips yang bisa Anda coba:

  • Pilih take away dan makan di tempat lain

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan pandangan orang lain saat makan sendirian di restoran, Anda bisa memilih take away saja dari restoran. Kemudian makanlah di tempat yang membuat Anda tenang dan sepi, supaya ketakutan Anda tidak terjadi.

  • Tidak usah memedulikan orang lain

Jangan biarkan pandangan atau omongan orang lain merusak kebahagiaan Anda, termasuk rasa takut untuk makan sendiri. Sebaiknya tidak usah memedulikan orang lain atau memikirkannya. Cobalah berkonsentrasi dengan apapun yang ada pada piring Anda.

  • Cari restoran dengan konsep meja bilik

Jika memang tidak mau terlihat canggung saat makan sendirian, cari saja restoran dengan fasilitas meja bilik, yang memiliki sekat di kanan-kirinya. Cara ini tentu bisa membuat Anda lebih merasa nyaman dan tidak merasa khawatir terhadap tatapan orang lain.

  • Bawa buku atau e-book reader

Saat di restoran sendirian, sebisa mungkin jangan terpaku pada ponsel Anda. Karena hal ini bisa membuat Anda tidak akan menikmati makanan dengan baik. Demi mengurangi ketidaknyamanan ini, lebih baik membawa buku bacaan atau e-book reader sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu sambil menunggu makanan datang.

  • Belajar lebih sering makan sendirian

Tips terakhir mungkin terdengar menakutkan, tapi bisa sangat efektif dalam mengatasi rasa takut yang Anda miliki. Dengan sering makan sendirian, Anda akan merasa lebih berani dan bisa mengurangi rasa takut. Jangan biarkan solomangarephobia justru memenjarakan Anda.

4 dari 4 halaman

Kenali Manfaat Makan Sendirian

Jika Anda ragu untuk makan sendiri, berikut adalah beberapa alasan mengapa makan sendirian itu luar biasa:

  • Bisa mencoba hal-hal yang baru

Kenapa harus menunggu seseorang untuk makan bersama untuk mencoba restoran yang baru? Jika tidak ada yang bisa diajak, Anda bisa makan sendiri dan cobalah sesuatunya secara langsung.

  • Lebih mudah mendapatkan reservasi

Saat restoran sedang ramai, mereka sering mendahulukan orang yang makan sendirian. Kemungkinan besar Anda akan ditempatkan di satu kursi dekat bar restoran sambil bisa menikmati makanan tanpa takut diperhatikan orang-orang sekitar.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Percaya tidak kalau makan sendirian juga bisa meningkatkan rasa percaya diri? Karena Anda mencoba untuk percaya kemampuan diri. Nah, setelah berhasil makan sendiri, sesekali coba pergi menonton di bioskop sendiri juga.

  • Menambah pertemanan baru

Dengan makan sendirian, Anda bisa jadi lebih menikmati lingkungan yang ada di sekitar. Termasuk bisa memulai percakapan dengan orang yang duduk di sebelah Anda. Nah, saat itulah Anda tidak pernah tahu apakah akan bertemu dengan sahabat atau malah pasangan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.